Berita Nasional Terpercaya

Warga Yogya Kirim Bingkisan Makanan ke Ganjar Pranowo

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Warga Yogyakarta yang terhimpun dalam Paguyuban Joglo Semar berinisiatif mengirimkan bingkisan makanan kepada Ganjar Pranowo sebagai bentuk ucapan terimakasih bahwa Gubernur Jawa Tengah tersebut yang pada hari peringatan Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021 lalu telah ikut ngestokaken dawuh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam ajakan mengkumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Diungkapkan Koordinator Acara, Agus Becak Sunandar, Joglo Semar memandang meski berbeda wilayah dengan DIY tapi Ganjar Pranowo sangat responsif dengan ajakan Sultan. Sehingga diakui dukungan Ganjar atas Surat Edaran Gubernur DIY sangat membantu memperbesar penyebarluasan gerakan penguatan nasionalisme masyarakat. 

“Terbukti instansi pemerintah di lingkup Jateng, perkantoran swasta, pasar tradisional di Klaten bahkan kelompok-kelompok petani teh di Wonosobo ikut menindaklanjuti ajakan mengkumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya,” kata Agus, Selasa (25/5/2021) disela mengantar bingkisan makanan.

Ditambahkan Agus, bingkisan makanan yang dikirim adalah produk khas Yogyakarta antara lain beras kencur, gudeg, tepung thiwul, wedang uwuh, geplak, gebleg dan salak pondoh. Jajanan tradisional ini juga sebagai simbol kerakyatan.

Baca Juga : For You Indonesia Kampanyekan 'Mandeg lan Ngadeg'

“Pengiriman bingkisan makanan ini juga pertanda masyarakat Jogja turut mendoakan Ganjar untuk selalu kuat dalam menghadapi dinamika persoalan rakyat. Selalu untuk mau mendengar, melihat, merasakan penderitaan rakyat, sekaligus mampu mengatasinya,” imbuhnya.

Pengiriman makanan dilakukan oleh kurir yang berangkat ke Semarang menggunakan kendaraan travel. Kurir diantar sejumlah rombongan di Terminal Jombor pada Selasa 25 Mei 2021 pukul 14.00 WIB. 

Agus yang juga menjadi salah satu kurir pengantar makanan tersebut, bersama rekan-rekan Paguyuban Joglo Semar berharap makananan itu dapat diterima langsung oleh Ganjar Pranowo. “Namun jikapun tidak bertemu langsung mereka akan menitipkannya ke rumah dinas Gubernur Jawa Tengah. Usai menghantar akan langsung kembali ke Yogyakarta,” katanya.

“Harapannya jajanan pasar ini membuat Ganjar Pranowo tetap sehat dan terus bersemangat dalam melayani kepentingan-kepentingan masyarakat khususnya warga Jawa Tengah,” tambah Agus.

Jajanan pasar yang merupakan makanan/minuman tradisional Jogja ini lanjut Agus, memiliki filosofi tersendiri, seperti beras kencur dan wedang uwuh ini adalah untuk memberikan kebugaran bagi kesehatan. “Dari makna ini kami semua berharap agar Mas Ganjar diberi kesehatan supaya tetap berada di tengah-tengah rakyat yang selama ini membutuhkan kepemimpinannya. Sedangkan jajanan yang lainnya seperti gudeg adalah kuliner khas Jogja, sementara thiwul adalah makanan tradisional dari Gunungkidul, gebleg dari Kulonprogo, salak pondoh dari Sleman, geplak dari Bantul, dan ini merupakan wujud rasa terimakasih rakyat DIY yang terepresentasikan dari 4 kabupaten satu kota,” paparnya.

Agus Becak Sunandar sendiri mengatakan pihaknya melihat sosok Ganjar Pranowo sebagai pemimpin muda yang cerdas, enerjik, serta memiliki komitmen kuat terhadap Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.