Berita Nasional Terpercaya

Stok Turun, Masyarakat Tak Perlu Takut Donor Darah Saat Pandemi

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Stok darah di masa pandemi Covid-19 cenderung menurun. Banyak alasan yang menjadi faktor penyebabnya, misal adanya ajakan untuk tetap di rumah saat pandemi.

Joko Hastaryo, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman mengimbau masyarakat agar tak perlu khawatir mendonorkan darahnya saat pandemi asal disiplin menerapkan protokol kesehatan. Ia pun menyebut pendaftaran donor darah dilakukan secara online untuk antisipasi kerumunan. “Ada 68 orang menjadi peserta donor darah kali ini dengan sebelumnya melakukan pendaftaran secara online,” jelasnya di Ruang Pantry Rumah Dinas Bupati Sleman, Jumat (28/5/2021).

“Donor darah diadakan dalam rangka memperingati Hari Bakti Ikatan Dokter Indonesia ke-113 sekaligus Hari Kebangkitan Nasional,” imbuhnya. 

Baca Juga : Kini di Sleman ada Anjungan Mandiri Donor Darah

Ketua IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Sleman ini juga berpesan kepada masyarakat agar tak perlu khawatir untuk mendonorkan darahnya di masa pandemi. “Sebab, bagi masyarakat yang pernah dinyatakan positif Covid-19 pun tetap bisa melakukan donor darah. Bagi yang sudah biasa donor darah, di masa Covid-19 diharapkan tetap melanjutkan kebiasaan baiknya tersebut. Bagi yang belum pernah donor darah bisa segera dimulai,” terangnya.

Lanjut Joko, para pendonor darah telah melakukan skrining sebelum diambil darahnya untuk menghindari terjadinya penularan penyakit melalui darah pendonor. “Darah yang terkumpul nanti akan disalurkan ke PMI Sleman untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ucapnya.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa pun menyambut kegiatan donor darah IDI Sleman. “Nanti akan bisa membantu meningkatkan persediaan darah di Kabupaten Sleman karena di masa pandemi Covid-19 ini stok darah cenderung menurun,” katanya.

“Saya harap kegiatan donor darah seperti ini terus diadakan secara bekelanjutan,” tuturnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.