Berita Nasional Terpercaya

Walikota Sebut Salat Ied di Masjid Ini Bisa Dijadikan Contoh

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menilai pelaksanaan Salat Ied di Masjid Pangeran Diponegoro, Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Kamis (13/5/2021) berjalan lancar. Penyelenggaraan sesuai protokol kesehatan (prokes) ini menurut Haryadi, bisa menjadi contoh bagi masjid lain di Kota Jogja dalam melaksanakan Salat Ied dan kegiatan Ramadan.

“Patut dijadikan contoh bagi penyelengaraan Salat Ied disudut manapun di Kota Jogja,” kata Haryadi selepas Salat Ied di Masjid Diponegoro.

Di tempat itu, beberapa petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogyakarta mengecek suhu para jemaah sebelum masuk area masjid. Setelah itu petugas menyemprotkan hand sanitizer ke tangan jemaah. Memasuki gedung masjid, petugas memberikan kertas akses, buku ceramah, dan kantong kresek.

Baca juga : Walikota dan Wawali Kota Yogyakarta Laksanakan Sholat Idul Fitri di Rumah

Kertas akses sebagai penanda kapasitas masjid. Apabila kertas sudah habis, maka jemaah akan diminta salat di luar gedung masjid. Sementara kantong kresek sebagai tempat sandal yang nantinya akan jemaah bawa. Hal ini supaya menghindari kerumunan saat memakai sendal ketika selesai salat.

Di dalam ruangan masjid, terpantau tak terlalu padat. Jarak satu jemaah dengan lainnya sekitar satu meter. Terlihat pula beberapa tempat salat yang kosong. Bagi jemaah yang tidak mendapat ruang di dalam masjid, mereka salat di jalan serta halaman depan masjid.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Yogyakarta telah memberikan keleluasaan masyarakat untuk menggelar Salat Ied berjamaah. Pemkot Jogja mengimbau masyarakat memperbanyak titik Salat Ied. “Kami membuka seluas-luasnya penyelenggaraan Salat Ied, sebanyak-banyaknya (titik) tapi dengan jumlah jemaah sesedikit mungkin,” ujar Haryadi.

Selain pada Salat Ied, Haryadi juga mengapresiasi penyelenggaraan rangkaian ibadah Ramadan di Masjid Pangeran Diponegoro. Ia berpendapat segala proses sudah baik dan sesuai prokes. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.