Berita Nasional Terpercaya

6 Cara Meningkatkan Domain Authority (DA) yang Efektif

2

Bernas.id – Domain Authority (DA) merupakan istilah yang akan sering Anda bahas ketika berkecimpung di dunia digital dengan platform website. Pasalnya, domain authority merupakan syarat utama agar artikel yang Anda tulis di dalam website mampu bertengger di halaman pertama pencarian Google. Oleh karena itu, cara meningkatkan domain authority juga harus Anda pelajari.

Semakin tinggi skor domain domain authority dari website Anda, maka potensi kemungkinan besar artike di dalam website akan diprioritaskan oleh Google sehingga akan muncul di halaman pertama. Alhasil, jumlah klik yang dihasilkan oleh pembaca artikel Anda semakin meningkat pula.

Dengan trafik penggunjung di dalam artikel dan website yang semakin meningkat, secara tidak langsung penghasilan Anda juga berpotensi bertambah. Anda dapat menghasilkan uang dari pendapatan iklan dari Google Adsense atau menjual produk apa pun yang dengan bantuan jumlah trafik dari artikel.

Untuk meningkatkan skor domain authority (DA), Anda cukup melakukan beberapa langkah sederhana. Mari simak penjelasannya secara lengkap agar Anda mampu meningkatkan domain authority website di mesin pencari Google!

Baca juga: Pengertian SEO Content Writer

Apa Itu Domain Authority?

Domain Authority (DA) adalah pedoman yang digunakan oleh mesin pencari seperti Google untuk menetapkan peringkat (ranking) suatu website atau blog. Mesin pencari akan merekomendasikan website tersebut dengan mempertimbangkan tiga faktor yakni usia domain, popularitas domain, dan ukuran domain.

Ketiga faktor tersebut akan secara otomatis menaikkan domain authority website Anda. Ketika skor domain authority meningkat, besar kemungkinan mesin pencari akan lebih merekomendasikan artikel yang Anda tulis. Inilah tiga hal yang senantiasa dibangun oleh pemilik website atau blog untuk menarik trafik pembaca melalui mesin pencari di internet.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai ketiga faktor tersebut untuk meningkatkan domain authority suatu website yang berujung pada peningkatan jumlah pengunjungnya.

Usia Domain dari Website atau Blog

Usia domain menunjukkan bukti bahwa suatu blog atau website secara konsisten dikelola oleh pemiliknya. Oleh karena itu, Google atau mesin pencari internet lainnya akan lebih merekomendasikan web tersebut.

Semisal Anda rajin mengelola blog atau website dalam jangka waktu yang lama, seiring waktu skor domain authority (skor DA) juga akan semakin bertambah. Alhasil, peringkat website atau blog akan semakin meningkat yang ditunjukkan oleh halaman pencarian Google atau mesin pencari lainnya.

Baca Juga: Yuk Ubah Blog Anda Ke Arah Mobile Friendly, 86% Orang Indonesia Akses Internet Lewat Ponsel. Ini Buktinya!

Tingkat Popularitas Domain 

Populartias domain berdasarkan banyaknya platform media lain yang menceritakan informasi dan menyertakan link menuju situs Anda. Hal ini menunjukkan bahwa situs Anda dipercaya oleh mesin pencari disebabkan banyaknya inbound link yang didapatkan.

Link tersbut biasa disebut dengan backlink. Untuk mendapatkan backlink, Anda dapat mempromosikan situs, artikel, berkomentar pada blog atau situs lain (blogwalking). Semakin banyak backlink yang dimiliki, situs Anda akan semakin populer di mata mesin pencari.

Popularitas ini akan semakin menaikkan domain authority situs Anda. Selain itu, jumlah backlink yang membuat situs Anda dipercaya oleh pembaca sehingga layak diprioritaskan muncul di halaman pertama mesin pencari berdasarkan kata kunci (keyword) yang disebut SERP (Search Engine Result Page).

Ukuran Domain Situs

Mesin pencari akan melihat jumlah konten yang Anda buat di dalam situs. Itulah sebabnya para blogger secara rutin membuat konten tulisan  dan mem-posting-nya secara berkala. Dengan demikian ukuran domain suatu blog atau website semakin bertambah.

Tidak hanya itu, Anda juga harus memastikan bahwa konten yang disajikan berkualitas. Tulisan Anda harus benar-benar autentik yang menyajikan informasi-informasi yang valid. Selain itu, konten juga harus terbebas dari plagiat agar website Anda dapat diprioritaskan muncul di halaman mesin pencari.

Ketiga faktor tersebut telah terbukti mampu meningkatkan skor domain authority dari blog atau website. Domain authority (DA) menjadi satu dari sekian ukuran yang digunakan mesin pencari sebelum mempercayai suatu situs untuk direkomendasikan kepada pembaca.

Baca juga: Anda Lifestyle Blogger? Simak Ide-Ide Menarik untuk Postingan Berikutnya!

Perbedaan Domain Authority dan Page Authority

Ketika Anda mempelajari tentang domain authority, secara tidak langsung istilah lain yang melekat adalah page authority (PA). Keduanya merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi untuk mendapatkan kepercayaan dari mesin pencari sebelum memprioritaskannya kepada pembaca.

Page authority merupakan komponen di dalam domain authority. Setiap situs memiliki halaman-halaman sebagai kumpulan informasi yang berkualitas untuk pembaca. Jika diibaratkan seperti rumah, maka page authority adalah ruangan atau kamar yang ada di didalamnya.

Semakin indah dan nyaman suatu ruangan, maka nilai rumah tersebut akan semakin bertambah pula. Hal ini juga berlaku ketika Anda ingin meningkatkan skor domain authority. Anda harus memiliki tulisan berkualitas dari setiap artikel yang diterbitkan secara konsisten sebagai bentuk dari teknik Search Engine Optimation (SEO).

Baca Juga: Bagi Penulis Blog, Ternyata Kunci Konten Menjadi Viral Cuma Tiga Hal Ini.

Cara Cek Domain Authority dan Page Authority

Untuk melakukan cek DA dan PA dari suatu situs memang sangat mudah. Anda dapat melakukannya secara online secara gratis melalui situs yang menyediakan layanan pengujian domain authority (DA) dan page authority (PA).

Lebih lanjut, Anda akan disuguhkan skor atau poin DA dan PA yang dapat dianalisa. Anda tinggal melakukan pencarian di Google dengan kata kunci DA PA Checker. Selanjutnya, pilih situs yang ingin Anda gunakan untuk menguji domain authority dan page authority.

Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendapatkan hasil skor DA dan PA dari situs DA PA checker berikut ini:

1. Salin Alamat Website atau Blog

Lakukan penyalinan URL dari suatu website atau blog yang ingin Anda uji skor DA dan PA-nya. Anda harus memastikan bahwa URL yang Anda salin benar-benar valid.

2. Tempel pada Kolom Situs DA PA Checker

Buka situs penyedia layanan untuk melihat DA dan PA seperti moz.com, moonsv.com, atau smallseotools.com. Tempel URL yang telah Anda salin ke dalam kolom yang disediakan. Setelah itu, klik tombol Cek.

3. Cek Hasil DA dan PA Situs

Lihatlah hasil skor DA dan PA yang telah ditampilkan. Hitungan poin domain authority dan page authority berkisar antara 1-100 poin. Semakin tinggil skor suatu blog atau website berarti platform tersebut akan semakin diprioritaskan oleh mesin pencari.

Selain itu, skor tersebut juga dipengaruhi oleh subdomain yang Anda gunakan. Misalnya, Anda memiliki blog dengan subdomain berupa WordPress, biasanya skor DA akan tinggi sebabkan popularitasnya.

4. Cek DA dan PA Situs Otomatis

Anda dapat menggunakan tool berupa add-on SEO dari MOZ. Setelah itu, Anda harus memasangnya pada mesin pencari seperti Chrome atau Mozilla secara gratis.

Setelah tool tersebut terpasang, Anda dapat melihat secara langsung skor DA dan PA suatu situs ketika mengunjunginya. Cara ini akan membuat kerja Anda lebih efisien dibandingkan dengan mengunjungi situs DA dan PA Checker.

Baca Juga: Blog Anda Sepi Pengunjung? Perhatikan 5 Tips Berikut Ini Agar Blog Anda Selalu Dikunjungi.

Cara Meningkatkan Domain Authority

Mungkin saat ini Anda baru saja mengetahui skor website atau blog dan masih memiliki skor DA yang masih sedikit bila dibandingkand dengan pesaing (kompetitor). Tidak perlu bingung karena telah ada cara meningkatkan domain authority (DA) yang sederhana dan mudah dilakukan.

Cara-cara menaikkan domain authority berikut ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan domain authority situs. Anda tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini secara konsisten.

1. Membuat Konten Artrikel Berkualitas

Suatu konten yang kualitas tidak pernal lepas dari aktivitas riset yang menyeluruh dan mendalam terhadap topik yang relevan. Anda harus menunut diri sendiri untuk menyajikan konten yang segar dan informatif sehingga mampu menarik minat para pembaca yang telah ditentukan.

Penggunaan gaya bahasa dan sapaan yang unik di dalam konten telah terbukti membuat nyaman para pembaca untuk mengunjungi website atau blog Anda. Dari sini, kreativitas Anda ikut berkontribusi besar untuk membuat konten yang berkualitas dan berkesan di mata para pengunjung.

Selain itu, Anda juga harus banyak membaca terkait topik-topik yang relevan sehingga ketika menyajikan konten berisi informasi yang dapat dipercaya oleh pembaca. Anda harus berusaha menyajikan nilai tambah melebihi konten-konten dari situs lain ketika membahas topik yang sama.

Sementara itu, aspek yang harus Anda perhatikan adalah segmen pembaca yang menjadi target Anda. Bisa dibilang dari segmentasi pembaca inilah Anda berpotensi menghasilkan uang. Pasalnya, setiap konten yang Anda tulis berpotensi menghasilkan trafik dan dapat menjadi keran penghasil uang.

Terkait kenyamanan pembaca, Anda harus mengetahui kebutuhan mereka ketika ingin mencari informasi. Gunakan gambar atau video juga akan semakin membuat konten yang Anda buat menjadi lebih berkualitas.

Tujuannya adalah rasa penasaran pembaca atau pengunjung terjawab setelah menyimak konten yang Anda sajikan. Hal ini akan memberikan pengalaman yang berkesan dan unik sehingga situs Anda semakin dipercaya oleh para pengguna.

Baca juga: Tampilan Power Point Membosankan? Berikut 7 Website Penyedia Template Power Point Gratis!

2. Membangun Intensitas Konten Melalui Media Sosial

Kekuatan media sosial memang sangat menunjang untuk meningkatkan domain authority suatu blog atau website. Tidak sedikit para blogger atau pemilik startup menggunakan media sosial untuk berbagi informasi dengan konten-konten yang menarik pembaca atau penonton.

Lebih dari itu, melalui sosial media Anda hanya dapat membuat konten menjadi viral. Artikel atau konten Anda berpotensi disebarluarkan oleh pembaca secara gratis.

Ditambah lagi, Anda dapat berinteraksi langsung dengan pembaca melalui kolom komentar. Dari sini, seringkali feedback berupa saran akan Anda terima untuk selalu memberikan konten yang disukai pengguna dan berkualitas.

Media sosial juga sangat berperan untuk membangun kepercayaan pengguna situs Anda. Mereka dapat dengan mudah bertanya atau sekedar berkomentar. Bahkan, mereka juga dapat mengundang teman-teman sehingga interaksi akan semakin tinggi.

Selain itu, Anda juga dapat mengatur jadwal posting di media sosial yang disesuaikan dengan target pasar. Misalnya, untuk konten properti seperti rumah desain 2 lantai Jogja atau investasi tanah yang menguntungkan dapat di-posting pada pagi hari menjelang orang-orang sarapan.

Mereka akan mendapatkan informasi untuk mencari alternatif atau sekedar mengetahui berita terkini. Dengan mengetahui waktu dan konten yang tepat sebelum mem-posting, potensi kunjungan pembaca di situs Anda menjadi meningkat.

Agar dapat mengatur waktu posting dengan teratur, sebaiknya Anda menggunakan tool online untuk mengelola postingan di media sosial. Di antara tool tersebut adalah Buffer, Hootsuite, atau Socialoomph. Setiap tool tersebut menawarkan keunggulan bagi Anda agar proses pengelolaan jadwal posting menjadi lebih efektif.

Tidak perlu bingung apabila Anda masih memiliki sedikit pengikut di media sosial. Kuncinya adalah Anda harus konsisten menyajikan konten-konten yang berkualitas bagi pembaca.

Seiring berjalannnya waktu, jumlah follower di media sosial akan bertambah asalkan konten-konten Anda berkualitas dan menarik pembaca. Lebih dari itu, ketika follower merasa konten Anda bagus, mereka akan secara cuma-cuma berbagi di status akun media sosial masing-masing. Bahkan, mereka juga akan membagikan konten-konten tersebut ke komunitas.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Online untuk Pemula, dari Kuliner hingga Membuat Website.

3. Melakukan Pengelolaan Link

Tidak semua link yang Anda dapatkan akan meningkatkan domain authority bagi website atau blog. Di antara link-link tersebut ada juga yang bersifat spam yang berdampak negatif bagi kelangsungan situs.

Buanglah link-link tersebut (toxic link) yang menurut Anda berpotensi sebagai spam. Kemudian, gunakan internal link untuk menghubungkan setiap konten-konten yang relevan sehingga meningkatkan trafik di setiap konten. Hal ini menunjukkan bahwa website Anda telah memiliki banyak konten bagi pembaca sehingga mampu meningkatkan poin domain authority.

Anda dapat menyisipkan link-link tersebut (internal link) di setiap halaman artikel yang telah ditulis. Cara ini secara tidak langsung mampu meningkatkan peringkat halaman artikel Anda di mesin pencari. Lakukanlah secara konsisten dan sesering mungkin di setiap halaman yang Anda tulis di situs.

Baca juga: Ini Program Beasiswa Calon Pengusaha di UNMAHA

4. Membangun Branding pada Situs

Untuk mendapatkan kepercayaan pengunjung website atau blog, sangat dianjurkan untuk membangun branding situs yang Anda kembangkan. Tujuan dari branding ini tidak lain adalah untuk memberikan kesan kredibilitas yang kuat bagi penunjung situs Anda. Hal ini juga sangat mempengaruhi skor domain authority Anda.

Jumlah konten yang dibagikan oleh pengunjung atau pengikut media sosial Anda juga merupakan bagian dari strategi branding. Lambat laun jumlah rate juga semakin meningkat.

Tidak sebatas pada strategi online, Anda juga dapat membangun branding situs secara online. Misalnya, Anda dapat mengadakan acara seminar online secara gratis atau forum-forum diskusi bersama komunitas tertentu. Melalui event ini Anda dapat berinteraksi secara langsung dengan pengguna atau pengikut situs Anda.

Selain itu, Anda juga dapat membangun ruang konsultasi berbasis sosial media seperti grup WhatsApp atau Telegram yang lebih interaktif. Melalui media ini besar kemungkinan kepercayaan mereka semakin meningkat sehingga dapat diarahkan untuk membeli produk-produk yang berbayar.

Baca juga: Tips Membuat Website untuk UMKM yang Mampu Menaikkan Omset.

5. Menjalin Relasi dengan Platform Lain

Kedekatan merupakan kunci untuk membangun relasi di media online. Anda dapat membangun kedekatan dengan cara mempromosikan situs orang lain sehingga situs potensial juga berkenan untuk membagikan konten dari situs yang Anda miliki.

Dengan mengimbanginya dengan konsisten menyajikan konten berkualitas, tidak menuntup kemingkinan link artikel Anda akan dijadikan rujukan bagi situs lain. Alhasil, Anda akan mendapatkan backlink  yang berkualitas dari situs-situs yang memiliki skor domain authority yang tinggi.

Buatlah konten yang secara khusus menyebut atau merekomendasikan produk atau karya mereka. Anda juga dapat mempromosikan konten dari seorang influencer dengan cara mengapresiasi mereka melalui pujian dan konten positif yang mampu meningkatkan kredibilitas.

Ditambah lagi, berikan saran yang membangun konten atau karya mereka sehingga dapat memberikan semangat untuk terus berkarya. Pendekatan ini sangat membantu Anda dalam membangun relasi dengan pihak lain untuk meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap situs Anda.

Kerjasama ini tentu akan saling menguntungkan sehingga Anda dapat menghadapi arus kompetisi untuk meningkatkan domain authority situs Anda. Hasilnya, keuntungan bisnis dapat Anda raih semakin cepat.

Baca Juga: Daftar Program Afiliasi Gratis, Penghasilan Menjanjikan

6. Cara Meningkatkan DA dengan On Page SEO 

Membuat konten yang berkualitas tidak cukup dengan menggunakan informasi yang kredibel. Dalam proses pembuatan konten artikel, Anda juga membutuhkan On Page SEO untuk menambah skor domain authority situs.

Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan On Page SEO pada setiap artikel di website atau blog. Namun, ada beberapa cara yang seringkali digunakan para blogger untuk melalukan optimasi On Page SEO di situs yang mereka miliki.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk meningkatkan DA melalui On Page SEO yang dapat Anda lakukan:

  • Menggunakan URL yang Singkat
    Hindari menggunakan URL yang panjang. Gunakan selalui URL yang singkat untuk memudahkan pencarian melalui kata kunci (keyword).
  • Menyertakan Keyword pada URL
    Contohnya, ketika Anda menulis artikel dengan keyword rumah 2 lantai di Jogja, maka URL ‘Cara Memilih Rumah 2 Lantai Jogja’ dapat menjadi pilihan yang tepat. Di dalamnya telah terdapat keyword sehingga dapat mempermudah mesin pencari menemukannya.
  • Menggunakan LSI Keyword
    LSI keyword merupakan keyword yang memiliki keterkaitan dengan keyword lainnya. Dalam penggunaannya, sebaiknya Anda juga menyisipkan keyword tersebut dalam satu artikel. Tujuannya adalah artikel Anda dapat muncul di halaman pencarian melalui beberapa keyword.
  • Buatlah Konten Artikel yang Panjang
    Jumlah kata yang efektif untuk artikel SEO berkisar antara 500-2.500 kata. Anda dapat menggunakan potakan ini atau menyesuaikannya sesuai dengan kompetisi yang ada.
  • Menggunakan Heading Tag
    Anda tinggal mengubah kalimat yang ingin Anda tulis menjadi beberapa bagian dengan menambahkan sub judul di dalam artikel. Ketika menulis blog, Anda dapat memisahkan setiap pembahasan menggunakan Heading 1, Heading 2, Heading 3, dan seterusnya.
  • Mengoptimalkan Title Tag untuk meningkatkan Click-Through Rate (CTR)
    Hasil pencarian dari Google atau mesin pencari lain lebih memprioritaskan pada judul artikel yang menggunakan keyword di dalamnya. Buatlah judul yang menyertakan keyword di setiap artikel yang akan Anda terbitkan.
  • Menggunakan External Link
    External link adalah tautan yang mengarahkan pembaca menuju konten di luar situs yang menyertakannya. Anda sangat dianjurkan untuk menggunakan external link yang terhubung dengan situs dengan skor DA tinggi. Hal ini secara tidak langsung mampu membantu untuk meningkatkan skor DA situs Anda.
  • Menggunakan Internal Link
    Internal link adalah tautan yang mengarahkan pembaca menunju artikel relevan yang masih dalam situs yang sama. Anda dapat menggunakan 2-5 internal link di setiap konten agar dapat saling mendukung konten lain dibaca oleh pengguna.
  • Mempercepat Loading Laman Situs
    Untuk mempercepat loading laman dari situs Anda, gambar yang digunakan harus disesuaikan menjadi gambar yang beresolusi lebih rendah. Anda dapat menggunakan format file jpg sebagai standar dalam menggunakan gambar di dalam artikel blog atau website.
  • Menggunakan Jenis Konten Multimedia Lain
    Memanjakan pembaca adalah kunci agar setiap konten yang Anda buat diserap habis. Untuk itu Anda harus memberikan pengalaman visual yang berkesan bagi pembaca. Penggunaan gambar, video, mobile friendly atau tampilan situs yang indah akan memberikan kenyamanan ketika membaca.

Perkembangan On Page SEO begitu dimanis dan sering mengalami pembaruan. Oleh karena itu, Anda juga butuh waktu untuk melakukan uji coba dan trial error untuk menghasilkan situs yang memiliki poin domain authority yang terus meningkat dan mencapai halaman pertama mesin pencarian.

Baca juga: Jadikan Status Media Sosial Anda Sumber Penghasilan dengan 3 Cara Ini!

Kesimpulan

Keberhasilan suatu situs yang seringkali tampil di halaman pertama mesin pencari adalah khusus bagi mereka yang secara konsisten terus menerus mengelola konten dan performa situs mereka. Kesabaran untuk mengelola situs secara jangka panjang akan dapat meningkatkan skor domain authority dan page authority situs Anda.

Tidak ada cara instan untuk mendapatkan skor domain authority yang tinggi secara cepat. Semuanya butuh proses yang panjang yang secara konsisten dilakukan dengan kesabaran.

Anda harus berkomitmen untuk terus berusaha menaikkan domain authority untuk meraih page one di mesin pencarian. Kelak, asalkan Anda yakin dan terus berusaha, situs Anda akan mencapai skor DA yang diinginkan. Selamat membangun domain authority!

Baca juga: 7 Tips Menjadi Hacker Profesional dan Website Belajarnya

2 Comments
  1. AssA says

    izin nyimak bernas.id
    Trims infonya, urusan DA PA blog memang penting…
    konsisten kuncinys

  2. NFT says

    Naikin Da Apa bisa dengan hanya memperbanyak Backlink?

Leave A Reply

Your email address will not be published.