Berita Nasional Terpercaya

Kenali 3 Tips Memilih Baju Lebaran untuk Anak-anak

0

Bernas.id – Saat menghadapi lebaran, ada tips membeli baju lebaran untuk anak yang perlu diketahui orang tua. Seperti tradisi, menjelang Lebaran, baju lebaran sudah jadi semacam kewajiban yang tidak bisa dihindari.

Busana baru selama Lebaran biasanya adalah hadiah yang ditunggu-tunggu anak. Di momen hari raya, sering kali anak yang satu membandingkan busananya dengan anak yang lain. Bagi mereka, busana baru adalah kebanggaan tersendiri menyambut Lebaran.

Akan tetapi, sebenarnya Lebaran bukan momen untuk pamer dan membanggakan diri. Di masa pandemi Covid-19, ketika keadaan ekonomi menurun drastis, seharusnya Lebaran bukan lagi ajang gengsi. Membeli baju baru pun sebenarnya bukan kewajiban selama hari raya.

Meskipun demikian, jika dananya tersedia, tidak ada salahnya orang tua menyenangkan anak dengan membelikan baju baru. Berikut beberapa tips yang dapat diterapkan ketika memilih baju baru Lebaran bagi anak.

Baca juga: Annisa Poedji Pratiwi: Hal Yang Perlu Dipersiapkan Pasangan Sebelum Menikah dan Dasar Parenting Pada Anak

Bernas-1-sesuaikan-dengan-bujet-keuangan-anda

1. Sesuaikan dengan bujet dan harganya

Sebelum memutuskan untuk membeli pakaian baru untuk anak, tetapkan dulu bujet sesuai dengan isi dompet. 

Sisihkan sebagian dana untuk keperluan baju anak. Sesuaikan dengan harga baju yang akan dibeli. Ingatlah bahwa membeli baju baru bukan kewajiban di hari Lebaran. Baju lama pun sebenarnya tak apa, asalkan masih bersih, layak, dan nyaman dikenakan. 

2.    Sesuai dengan ukuran anak dan nyaman dikenakan

Jika sudah tersedia bujet untuk pembelian baju anak. Kini saatnya memilih baju yang sesuai dengan ukuran si buah hati. Jangan membeli busana yang terlalu kekecilan sehingga tampak ketat, serta jangan pula terlalu kebesaran sehingga terasa longgar.

Berbeda dengan baju sehari-hari, baju lebaran biasanya akan dikenakan untuk silaturahmi ke keluarga besar ataupun tetangga. Anak biasanya akan berkumpul dan bermain-main dengan sebayanya. Ia juga kerap berlari-larian. Baju yang terlalu ketat akan membuatnya mudah berkeringat sehingga tidak nyaman saat berkegiatan. Tentu Anda tidak ingin anak mengalami biang keringat.

Selain itu, baju yang lucu tidak selamanya nyaman dikenakan anak. Baju anak yang berjumbai-jumbai akan menyulitkannya aktif bermain-main. Pilihlah busana yang mudah dikenakan buah hati Anda.

Selain itu, jika Anda memutuskan untuk berbelanja secara daring, jangan lupa mengukur tubuh anak sebelum membeli baju Lebaran. Jangan hanya mengira-ngira ukurannya. Selain itu, perhatikan dengan jeli ukuran baju yang ditawarkan. Setiap pabrikan biasanya memiliki ukuran berbeda-beda kendati berkode sama.

Baca juga: 5 Kreasi Desain Interior Kamar Anak Anti Mainstream

Bernas-2-baju-sesuai-ukuran-hari-raya

3.    Libatkan anak dalam membeli baju lebaran

Apabila memungkinkan, libatkan anak ketika memilih dan membeli baju lebaran. Mintalah si buah hati agar membeli busana yang sesuai dengan keinginannya. 

Baju yang ia beli dengan motif kesukaannya akan membuatnya lebih senang, apalagi jika ia merasa dilibatkan dalam proses memilih busana tersebut.

Bernas-3-libatkan-anak-memilih-baju-lebaran

Leave A Reply

Your email address will not be published.