Berita Nasional Terpercaya

Profesi Akuntan Publik: Pengertian, Peranan, Jasa, dan Persyaratannya

0

Bernas.id – Adanya ilmu akuntansi publik, tentu terdapat pula seseorang yang akan menekuni bidang tersebut atau biasa disebut seorang akuntan. Profesi akuntan publik tentu berkaitan dengan melakukan analisis, pencatatan, dan perhitungan terkait kegiatan transaksi yang ada di suatu perusahaan tertentu. 

Seorang akuntan juga memiliki bidang masing-masing sesuai dengan jenis ilmu akuntansi, salah satunya yaitu seorang akuntan publik. Akuntan sektor publik ini berdiri secara mandiri sebagai profesional untuk memberikan layanan akuntansi.

Lalu, apakah itu akuntan publik dan bagaimana cara bekerjanya dalam melayani jasa akuntansi? Berikut akan dijelaskan tentang profesi seorang akuntan publik di perusahaan.

Baca juga: Mengenal Akuntan Intern di Perusahaan: Pengertian, Tugas, dan Bagiannya

Pengertian Akuntan Publik

Pengertian Akuntan Publik

Akuntan publik ini merupakan suatu profesi yang memberikan jasa profesionalnya serta sudah mendapatkan izin dari pemerintah untuk melakukan tugasnya sebagai seorang akuntan swasta yang bersifat independen. Kemudian, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga menyatakan bahwa akuntan publik adalah seorang akuntan yang mempunyai izin praktik dari pemerintah sebagai akuntan swasta yang bertugas untuk memberikan jasa akuntansi kepada perusahaan yang mendapatkan bayaran tertentu. 

Tugas dari akuntan publik ini yaitu untuk menganalisis laporan keuangan dan mengauditnya, serta audit perpajakan, dan lainnya. Kemudian, seorang akuntan publik ini juga harus bisa memastikan tidak adanya penyelewengan, manipulasi, tindakan penyimpangan, dan juga penyalahgunaan sumber daya yang ada di perusahaan. 

Selain itu, akuntan publik juga harus bergabung dan menjadi anggota dari Institut Akuntan Publik (IAPI) sebagai asosiasi akuntan publik yang diakui oleh pemerintah agar nantinya dapat mengaudit laporan keuangan. Izin seorang akuntan publik ini berlaku selama 5 tahun yang dikeluarkan oleh Menteri Keuangan.

Baca juga: Inilah 10 Jenis Ilmu Akuntansi yang Ada di Perusahaan

Peran Akuntan Publik

Seorang akuntan publik tentunya memiliki tugas dan peranan yang nantinya berguna dan bermanfaat bagi perusahaan terkait laporan keuangannya. Peranannya tersebut yaitu:

  1. Mengendalikan dan mengarahkan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dengan efektif.
  2. Memberi keputusan terkait penggunaan sumber daya, termasuk mengidentifikasi keputusan yang rumit dan penetapan tujuan entitas perusahan.
  3. Memberikan laporan terhadap kepemilikan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Baca juga: Akuntansi Sosial di Perusahaan: Pengertian, Tujuan, dan Perannya

Jasa Akuntan Publik

Jasa Akuntan Publik

Seorang akuntan publik tentu bekerja untuk memberikan jasa akuntansi kepada perusahaan terhadap laporan keuangannya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai jasa-jasa seorang akuntan publik:

1. Jasa Atestesi

Jasa ini mencakup seluruh audit umum laporan keuangan, pemeriksaan terhadap pelaporan informasi keuangan proforma, pemeriksan laporan keuangan prospektif, review laporan keuangan, dan juga jasa audit atestesi lain.

2. Jasa Non-Atestesi

Jasa Non-Atestesi ini mencakup terkait akuntansi, keuangan, manajemen, kompilasi, perpajakan, serta konsultasi. 

Baca juga: Akuntansi Keperilakuan: Pengertian, Manfaat, dan Penerapannya di Perusahaan

Persyaratan Menjadi Akuntan Publik

Seseorang yang ingin menjadi seorang akuntan publik tentunya harus memenuhi persyaratan yang sudah datur dalam Undang-Undang RI No. 5 Tahun 2011 Pasal 6 tentang akuntan publik, yaitu:

  1. Memiliki sertifikat tanda lulus ujian profesi akuntan publik yang sah.
  2. Memiliki pengalaman praktik berupa jasa.
  3. Berdomisili di NKRI (Indonesia).
  4. Memiliki NPWP.
  5. Tidak pernah memiliki sanksi administratif berupa pencabutan izin akuntan publik
  6. Tidak pernah pula dipidana dengan tindak kejahatan yang diancam pidana 5 tahun atau lebih.
  7. Menjadi anggota asosiasi profesi akuntan publik yang sudah ditetapkan oleh menteri.
  8. Tidak berada dalam pengampunan.

Baca juga: Prospek Kerja Tinggi Jurusan Akuntansi, Ini Keunggunalan UNMAHA

Kesimpulan

Seorang akuntan publik tentu memiliki tugas untuk memberikan jasa akuntansi kepada perusahaan terhadap laporan keuangannya. Hasil dari analisis akuntan publik ini nantinya akan digunakan oleh perusahaan untuk memutuskan kebijakannya dengan tepat. Maka dari itu, menjadi seorang akuntan publik harus sesuai dengan persyaratan yang ada dan sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Baca juga: Inilah Professional and Practise Mentor di Kampus Pengusaha UNMAHA

Leave A Reply

Your email address will not be published.