Berita Nasional Terpercaya

Mengenal PNS: Jenis Golongan dan Gaji yang Didapatkan

0

Bernas.id – PNS atau Pegawai Negeri Sipil kita kenal sebagai bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diresmikan secara mutlak oleh pemerintah. Para pegawai negeri berhak menerima gaji dan juga tunjangan yang disesuaikan dengan pangkat dan golongan yang disematkan.

Selain itu, PNS juga merupakan pegawai tetap dalam pemerintahan tanpa adanya ikatan kontrak. Sedangkan dalam menjalankan tugas, PNS wajib menjalankan nilai-nilai seperti kemandirian, kejujuran, integritas, tanggung jawab, dan sekian nilai kebaikan lain.

Jika Anda memiliki keinginan untuk memiliki pekerjaan sebagai PNS, Anda wajib mengikuti seleksi CPNS yang diselenggarakan oleh BKN. Apabila dinyatakan lolos seleksi, Anda akan mengabdikan diri sebagai CPNS sebelum dilantik dengan resmi menjadi PNS.

Jenis Golongan PNS

Mengenai jenjang karir, seorang PNS dapat diketahui jenjang karirnya melalui golongan atau pangkatnya. Pada umumnya, golongan PNS terbagi menjadi 4 golongan, antara lain golongan I, II, III, dan IV.

Baca juga: Inilah Jumlah Kuota CPNS dan PPPK DIY 2021

Besaran gaji dan tunjangan yang diterima setiap bulan oleh seorang PNS dipengaruhi dari jenis golongan tersebut. Pada golongan I-III, masing-masing mempunyai 4 jenjang, yaitu a, b, c, serta d. Sementara itu, khusus untuk golongan IV dispesifikasikan menjadi 5 jenjang; a, b, c, d, dan e. 

Lantas, golongan ini ditentukan dengan cara apa?

Pada awal masa kerja, pemberian golongan ditentukan berdasarkan pendidikan terakhir yang pernah ditempuh pegawai. Contohnya, golongan I akan disematkan untuk pegawai yang mempunyai ijazah terakhir SD/SMP, golongan II disematkan untuk seseorang yang ijazah terakhirnya SMA, dan begitu pula untuk tingkat sarjana. Pegawai Negeri Sipil memiliki hak untuk mengajukan kenaikan pangkat dan golongan sesuai dengan masa periode kinerjanya.

Untuk lebih jelasnya, tabel berikut akan memberikan info secara terperinci:

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kenaikan golongan dapat saja diusulkan oleh masing-masing golongan, tetapi golongan yang dapat dicapai memiliki batas maksimum. Contohnya, golongan I tidak dapat meminta kenaikan hingga golongan III. Selanjutnya, tabel di bawah ini akan menjelaskan lebih detail:

Gaji Golongan PNS

Pokok bahasan yang menarik pada setiap pekerjaan, baik negeri maupun swasta, adalah besaran gaji. Pemberian gaji sendiri disepakati sebagai bentuk apresiasi terhadap kerja keras seseorang dalam sebuah lembaga, instansi, maupun perusahaan.

Nah, kira-kira, bagaimana dengan gaji PNS? Berapa kisarannya? Berikut akan ditampilkan daftar gaji PNS yang mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2019 mengenai Peraturan Gaji PNS.

Nominal gaji dalam tabel di atas ditentukan berdasarkan MKG atau masa kerja golongan. Seperti contoh, gaji golongan I/a, ada pada Rp1.506.800 hingga Rp2.335.800. Hal itu berarti gaji golongan I/a pada MKG 0 tahun yaitu senilai Rp1.506.800. selanjutnya, pada MKG 27 tahun, gajinya naik pada batas maksimal, senilai Rp2.335.800.

Baca juga: Muncul Wacana, PNS Kerja Senin-Kamis Saja

Adanya kenaikan gaji bertujuan agar para PNS mau mengemban setiap tugas dengan lebih baik dan juga profesional. Sebab, pada hakikatnya, PNS merupakan pegawai pemerintah yang ditugaskan untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.

Demikianlah ulasan mengenai PNS beserta jenis golongan, dan juga gaji yang diterima beberapa golongan PNS. Semoga menambah wawasan Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.