Berita Nasional Terpercaya

Tips Usaha Kuliner untuk Pemula yang Menjanjikan dan Tanpa Modal Banyak

0

Bernas.id – Usaha kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang tidak ada matinya. Bisnis yang satu ini sifatnya tidak musiman atau tidak bergantung pada tren. Sebab, makanan menjadi kebutuhan pokok manusia.  

Cara memulai usaha kuliner di era sekarang cukup mudah. Anda bisa memulainya dengan membuka bisnis kuliner kecil-kecilan hingga jualan makanan secara online. Untuk bahan pun bisa didapatkan dengan mudah. Selain itu, cara memasarkannya pun cukup mudah.

Usaha yang satu ini termasuk ke dalam bisnis yang menjanjikan. Kunci sukses untuk memulai usaha kuliner ada pada pemasaran, inovasi produk, hingga pengemasannya. Jika Anda ingin memulainya, ada beberapa cara atau strategi yang perlu dilakukan. Berikut syarat membuka usaha kuliner bagi pemula:

Menentukan Bisnis yang Akan Dijalankan

Syarat membuka usaha kuliner yang paling pertama adalah menentukan makanan yang dijual. Ada banyak varian makanan yang bisa dipilih. Namun jangan membuka bisnis hanya karena mengikuti tren yang sedang terjadi.

Hal paling mudah dalam memilih jenis makanan yang akan dijual adalah dengan melihat  minat atau keterampilan yang Anda punya. Misalkan Anda jago memasak makanan khas western atau suka dengan kuliner India.

Baca juga: Ternyata Pilihan Warna Menentukan Hoki Dalam Berwirausaha Kuliner

Ketika Anda memulai bisnis dari dua hal itu, usaha kuliner Anda cenderung akan konsisten dan mudah berkembang. Selain itu, Anda sudah pasti paham mengenai makanan yang Anda pilih.

Melihat Pasar dan Potensi Bisnis

Dalam memulai usaha, pasar atau target market adalah hal penting yang tidak boleh dilupakan. Survei pasar wajib dilakukan. Anda perlu memperhatikan persaingan bisnis yang dipilih, kemudian perbandingan harga, hingga potensinya.

Hasil dari survei pasar ini dapat dijadikan ukuran seberapa besar minat beli masyarakat pada menu yang ditawarkan. Selain itu, cek juga seperti apa kebutuhan konsumen, sehingga makanan yang  dijual bisa laris.

Menyiapkan Modal

Modal adalah landasan dalam memulai bisnis. Sebelum memulai usaha kuliner, Anda perlu menyiapkan modal terlebih dahulu. Hitung seberapa besar anggaran yang Anda miliki. Jika dana Anda tidak banyak tidak perlu cemas. Ada beberapa solusi yang bisa Anda dapatkan.

Jika modal terbatas, Anda bisa bekerja sama dengan teman. Dengan gabungan dana dari teman, modal jadi lebih banyak. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan anggaran dengan cara melakukan peminjaman ke bank atau koperasi. Sekarang banyak tawaran kredit bagi pelaku usaha.

Menentukan Lokasi

Selain modal, lokasi juga menjadi persiapan membuka usaha yang harus Anda perhatikan. Usahakan untuk memilih lokasi yang strategis. Pilihlah tempat yang mudah ditemukan oleh orang atau yang sering dilalui banyak orang.

Tawarkan Menu  Andalan

Ketika membeli makanan, hal pertama yang dilihat pelanggan adalah menunya. Tawarkan menu  andalan pada usaha bisnis  Anda. Sebab, telah banyak orang yang membuka usaha kuliner dan varian makanan pun tentu sama. Jadi untuk menarik pelanggan, Anda harus membuat inovasi makanan yang berbeda dari tempat lainnya.

Baca juga: Tips Bagaimana Bisnis Kuliner (UMKM) Bertahan di Tengah Pandemi

Itu tadi beberapa tips memulai usaha kuliner bagi pemula. Keterbatasan modal bukanlah sebuah hambatan untuk memulai bisnis. Terlebih ketika melihat akses bahan baku dan media pemasaran yang semakin mudah didapatkan. Lalu tunggu apalagi? Segera mulai usaha kuliner Anda dengan memperhatikan syarat-syarat seperti di atas tadi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.