Berita Nasional Terpercaya

Inilah 8 Perusahaan Keuangan Sektor Perbankan Terbesar di Indonesia

0

Bernas.id – Perusahaan keuangan di Indonesia memegang perang penting dalam bidang finansial. Hal ini dikarenakan perusahaan jasa keuangan yang bergerak di bidang tersebut sangat membantu pemerintah dalam memulihkan kondisi perekonomian di Indonesia, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini. 

Sektor keuangan ini menjadi penyangga yang berperan penting untuk perkembangan perekonomian, khususnya sektor jasa keuangan seperti perbankan, pembiayaan, dan pegadaian. 

Lalu, apa saja perusahaan-perusahaan keuangan yang termasuk dalam daftar pilar finansial di Indonesia? Berikut ini akan dibahas secara lengkap tentang beragam jenis perusahaan keuangan di Indonesia.

Baca juga: 12 Sektor Perusahaan di BEI, Calon Investor Ayo Merapat!

Daftar Perusahaan Keuangan Sektor Perbankan di Indonesia

Daftar perusahaan keuangan yang terdaftar di bei

Salah industri yang terus tumbuh di adalah perusahaan keuangan sehingga menjadi instrumen menarik bagi para investor yang ingin berinvestasi jangka panjang. Beberapa di antara perusahaan keuangan 

1. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

Perusahaan jasa keuangan ini merupakan perusahan keuangan yang sudah berdiri sejak 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari restrukturisasi perbankan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Kemudian, bank ini juga memberikan kontribusi yang lebih hingga tahun ini untuk dapat memajukan perekonomian di Indonesia, khususnya dunia perbankan. Bank Mandiri ini juga memiliki misi untuk menyediakan solusi yang handal dan simple terkait perbankan digital yang sudah menjadi bagian hidup nasabah.

Baca juga: Inilah 10 Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia yang Meraih Penghargaan

2. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

Bank ini merupakan salah satu perusahaan jasa keuangan milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Pendirian bank ini pertama kali dilakukan pada 16 Desember 1895 di Purwokerto oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja.

Selain itu, bank BRI ini memilik misi untuk memberikan pelayanan ekonomi kepada sektor mikro, kecil, dan menengah serta dapat menunjang peningkatan kondisi ekonomi. BRI selalu menghadirkan pelayanan yang prima terkait finansial serta dapat bekerja dengan optimal dan baik.

Baca juga:  3 Cara Membeli Saham Bagi Pemula dengan Mudah

3. PT Bank Central Asia Tbk

Bank BCA ini merupakan salah satu lembaga jasa keuangan yang berdiri sejak 21 Februari 1957 dengan nama Bank Central Asia NV. Perusahaan ini merupakan jenis bank swasta yang dulunya pernah menjadi bagian dari Salim Grup.

Saat ini, bank BCA menjadi milik salah satu grup produsen rokok terbesar ke empat di Indonesia, yaitu Djarum. BCA ini juga memiliki banyak anak perusahaan, salah satunya yaitu BCA Insurance, BCA Syariah, dan sebagainya.

Baca juga: Inilah 9 Perusahaan Farmasi Indonesia yang Terdaftar di BEI

4. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

Bank ini merupakan perusahaan keuangan yang termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Di samping itu, bank ini juga menjadi perusahaan pertama yang menjadi perusahaan publik setelah mencatatkan saham di BEI dan Bursa Efek Surabaya pada tahun 1996.

Bank ini pertama kali berdiri pada 5 Juli 1946 dan dijadikan sebagai bank sentral dengan nama Bank Negara Indonesia. Selanjutnya, bank ini ditetapkan menjadi Bank Negara Indonesia 1946 dan menjadi milik negara. Kemudian, BNI juga berpartisipasi untuk membantu Indonesia dalam memperbaiki ekonomi rakyat dan pembangunan nasional.

Baca juga: 6 Langkah Belajar Investasi dan Trading Saham dari Nol

5. PT Bank Cimb Niaga Tbk

Bank CIMB Niaga ini merupakan perusahaan keuangan yang berdiri pada 26 September 1955 dengan nama awal PT Bank Niaga. Di samping itu, bank ini juga sudah dikenal luas sebagai bank yang menyediakan produk dan layanan yang berkualitas dan terpercaya.

Pada tahun 1987, bank CIMB Niaga ini juga menjadi bank lokal pertama yang menawarkan layanan perbankan melalui ATM (Automatic Teller Machine) di Indonesia. Kemudian di tahun 1991, perusahaan jasa keuangan ini menjadi bank yang pertama kali memberikan layanan perbankan secara online

Baca juga: Mengenal Apa Itu Akuntansi Perbankan Konvensional dan Syariah

6. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

Bank ini merupakan bank milik negara yang bergerak di sektor keuangan. Kemudian, perusahaan jasa keuangan ini juga berkomitmen untuk menjadi bank yang melayani dan mendukung pembiayaan disektor perumahan melalui tiga produk utama, yaitu perbankan perseorangan, bisnis, dan syariah. 

7. PT Bank OCBC NISP Tbk

Di tahun 1941, bank OCBC NISP ini memulai karir sebagai perusahan yang bergerak di sektor keuangan dengan nama awal sebagai Bank NISP. Perusahaan jasa keuangan ini merupakan bank tertua ke empat yang ada di Indonesia serta didirikan pada 4 April 1941.

Dari tahun ke tahun, perusahaan jasa keuangan ini mengalami pertumbuhan yang pesat walaupun di tengah krisis yang sedang melanda. Di samping itu, bank ini dalam usahanya fokus untuk melayani usaha kecil dan menengah di Indonesia.

Baca juga: Apa Itu Akuntansi Keuangan? Inilah Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Standarisasinya

8. PT BPD Jawa Barat dan Banten Tbk

Bank yang biasa disingkat dengan bank BJB ini merupakan perusahaan keuangan yang bergerak di sektor perbankan. Pertama kali berdiri pada 20 Mei 1961, bank ini merupakan kepemilikan dari PEMDA Provinsi Jawa Barat, Banten, Kota-Kabupaten se-Jawa Barat, Kota-Kabupaten se-Banten, serta publik. Bank BJB ini juga memiliki anak perusahaan seperti Bank BJB Syariah, BPR KU Mitra Usaha UMKM, dan PT. BPR Intan Jabar.

Baca juga: Investasi Tanah Kavling Jonggol Menguntungkan, Ini Alasannya!

Kesimpulan

Itulah beberapa perusahaan keuangan yang bergerak disektor perbankan, baik yang berupa milik negara ataupun milik swasta. Perusahaan jasa keuangan tersebut sangat membantu Indonesia dalam meningkatkan kondisi ekonomi dan pembangunan nasional hingga saat ini. Bank-bank tersebut juga dapat memberikan banyak layanan kepada masyarakat yang nantinya dapat membantu perekomian masyarakat, khususnya di sektor menengah ke bawah.

Baca juga: Rumah Jogja Murah DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun

Leave A Reply

Your email address will not be published.