Berita Nasional Terpercaya

Belajar dari McD X BTS, Ketika Marketing Tidak Lagi Pakai Cara Kuno (Seri 1)

0

BERNAS.ID – Media sosial baru-baru ini diramaikan dengan kerumunan “seragam hijau” di depan restoran siap saji McDonald's. Mereka adalah para pengemudi ojek online yang mengantre untuk BTS Meal. Tapi, hidangan itu bukan untuk mereka makan sendiri, melainkan pesanan dari para Army, sebutan bagi penggemar BTS. 

Viralnya fenomena itu menarik para praktisi branding tentang model marketing di era sekarang, yang tidak lagi menggunakan cara-cara kuno.

Jika kita masih sering melihat selebriti atau selebgram mengiklankan produk-produk di unggahan foto mereka. Terkadang, kita juga melihat produk masih dijual dengan menampilkan testimoni dari pelanggan, atau memakai jasa influencer, maka itu semua termasuk marketing yang bisa dibilang “ketinggalan zaman”.

Baca Juga: Pemasaran McD Soal BTS Meal Sangat Kreatif, Ini Strateginya

Menurut Praktisi Branding Subiakto Priosoedarsono, saat ini dunia sedang memasuki era marketing horizontal, di mana ekosistemnya adalah alam digital.

“Kalau kita bicara BTS ini, McDonald's tidak menggunakan BTS sebagai endorser. McDonald's menggunakan Army sebagai mover, promoter,” katanya.

Sebagai informasi, pria yang kerap disapa Pak Bi ini telah memberikan izin kepada Bernas.id untuk mengutip pernyataannya dari saluran YouTube-nya.

Kembali soal McDonald's X BTS, restoran yang pertama kali berdiri di California, AS, pada 1955 ini memiliki total 39.198 restoran pada 2020 (Data dari Statista) di seluruh dunia.

Lalu, bagaimana dengan BTS? Membicarakan salah satu boyband terbesar di dunia ini tidak akan cukup dijelaskan dalam beberapa kalimat.

Yang pasti, BTS telah memecahkan banyak rekor di industri musik internasional. Mengutip dari AFP, Hyundai Research Institute menyebut, BTS sebagai brand telah membawa US$3,6 miliar pada perekonomian Korea Selatan. Riset pada 2018 itu juga menemukan ada 800.000 wisatawan asing memilih berlibur ke Korea Selatan karena pengaruh BTS.

Dalam sebuah survei yang dilakukan pada Juli hingga September 2020 di 100 negara dan teritorial menyebutkan ada 400.000 lebih penggemar BTS di seluruh dunia.

Negara mana yang paling banyak Army-nya? Tentu saja, Indonesia. Mengutip dari The Korea Times, lebih dari 80.000 atau sekitar 20% dari para Army berada di Indonesia.

Marketing 4.0

Digitalisasi membuat banyak lini bisnis berinovasi mengikuti perkembangan zaman, termasuk bagaimana cara baru untuk memasarkan produk.

Subiakto yang juga pernah menangani branding McD pada 1997-2004 itu menilai fenomena McDonalds X BTS telah disiapkan secara serius.

Baca Juga: Dewan Minta McD di DIY Ditutup Sementara

Aktivitas marketing McD didukung oleh operation, human resources, dan keuangan, namun kali ini bagian operasionalnya keteteran karena antusiasme publik yang luar biasa.

Apa yang dijalankan McD, menurut Subiakto, merupakan bagian dari Marketing 4.0, di mana inovasi tidak lagi terletak pada produk. Kini, inovasi dilakukan pada konsumen.

“Kerumunan konsumen itu dijadikan sebuah kekuatan. Kalau di Marketing 4.0, produknya bergeser menjadi engagement, harga berubah jadi excitement, delivery atau logistik berubah menjadi everywhere, dan iklan berganti dengan evangelist,” katanya.

Dalam hal ini, evangelist adalah para penggemar setia BTS. Dedikasi dan antusiasme kepada idola mereka ditularkan kepada produk-produk McD.

Menurut Subiakto, McD tidak sekuat Army di dunia digital. Army membuat BTS Meal menjadi viral dan kerumunan besar tidak diperkirakan oleh McD.

Menu BTS Meal berisi 9 potong chicken McNuggets, medium french fries, saus cweet chili dan cajun, serta cola. Subiakto menuturkan, McNuggets sebenarnya tidak masuk dalam main menu McD yang mengandalkan tiga produk utama, yaitu burger, french fries, dan cola.

“Ini tidak perlu di-trigger oleh produknya, tapi believe system,” ucapnya.

“Karena brand itu kan believe system, makanya kalau believe system-nya jalan, kotoran kucing ya rasanya jadi coklat. Apapun akan dibelain. Dan fenomena ini sudah sampai pada tingkatan itu,” katanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.