Berita Nasional Terpercaya

Jadi Kampus Pilihan Maudy Ayunda, Berapa Biaya Kuliah di Universitas Stanford?

0

BERNAS.ID – Nama Maudy Ayunda akhir-akhir ini sedang menjadi perbincangan publik karena prestasinya yang gemilang. Pemeran sekaligus penyanyi asli Indonesia itu berhasil menamatkan studi jenjang magister di Stanford University dengan menyabet dua gelar sekaligus, yaitu MA dan MBA.

Sebelumnya, wanita kelahiran Jakarta 26 tahun silam itu juga pernah membuat publik berdecak kagum karena berhasil diterima di dua universitas terbaik dunia, yaitu Harvard University dan Stanford University.

Dengan berbagai pertimbangan, Maudy akhirnya memilih Stanford University sebagai tempatnya untuk melanjutkan studi jenjang magister.

Sejarah Universitas Stanford

Universitas Stanford selalu masuk dalam daftar 5 besar kampus terbaik di dunia. Tahun ini, Universitas Stanford meraih posisi kedua sebagai kampus terbaik dunia versi Times Higher Education.

Dalam pemeringkatan versi QS World University, Universitas Stanford juga menduduki posisi kedua di tahun 2021. 

Universitas berkelas dunia ini didirikan pada tahun 1885 oleh senator California Leland Stanford dan istrinya, Jane Lathrop Stanford.

Ide awal pembentukan Universitas Stanford ini berawal dari duka mendalam sang pendiri yang kehilangan anaknya, Leland Stanford, akibat penyakit tifus di tahun 1884. Setelah itu, mereka berniat mendirikan kampus untuk mengenang sang anak yang telah pergi meninggalkannya.

Setelah mengumpulkan ide dengan mengunjungi berbagai universitas dunia, mereka pun menyulap peternakan sapi Palo Alto seluas 8.180 hektare menjadi sebuah perguruan tinggi.

Baca juga: Jadi Salah Satu Kampus Bergengsi Dunia, Intip 6 Jurusan Favorit di Harvard

Biaya kuliah di Universitas Stanford

Menurut laman resmi Universitas Stanford, biaya yang diperlukan untuk mengambil gelar sarjana di kampus tersebut berkisar US$78,898 atau sekitar Rp 1,1 miliar. Rincian biaya tersebut berupa berikut:

  • Biaya kuliah tahunan  = US$55,473 atau Rp789 juta.
  • Biaya kos atau asrama = US$17.860 atau Rp254 juta.
  • Tunjangan Biaya Siswa (termasuk biaya layanan kesehatan kampus, biaya kegiatan mahasiswa, dan akses teknologi)  = US$2.010 atau Rp28 juta.
  • Tunjangan Buku dan Perlengkapan = US$1.305 atau Rp18 juta.
  • Tunjangan Pengeluaran Pribadi (dihitung berdasarkan rata-rata) = US$2.250 atau Rp32 juta.

Mahasiswa baru atau pindahan juga perlu membayar Biaya Orientasi Siswa Baru sebesar US$525 atau Rp7,4 juta dan Biaya Dokumen US$250 atau Rp3,5 juta.

Baca juga: Jadi Kampus Terbaik Dunia, Berapa Biaya Kuliah di Oxford?

Biaya kuliah magister di Stanford

Untuk program magister di Universitas Stanford bervariasi, tergantung pada banyaknya kelas yang diambil oleh mahasiswa. Namun, total rata-rata biaya kuliah tahunan (terdiri dari 48 kelas) berkisar US$55.042 hingga US$57.846 atau sekitar Rp 782 juta hingg Rp822 juta.

Sementara itu, biaya personal yang meliputi sewa apartemen, biaya makan, dan pengeluaran pribadi rata-rata sekitar US$38.215 atau Rp 543 juta per bulan.

Untuk biaya asuransi kesehatan sekitar US$6.192 atau Rp88 juta, biaya pelayanan kesehatan sekitar US$928 atau Rp13 juta, biaya buku dan perlengkapan kuliah sekitar US$ 1315 atau Rp 18 juta, dan biaya transportasi sekitar US$ 1840 atau Rp 26 juta.

Biaya kuliah di Universitas Stanford memang tergolong mahal. Namun, kalian juga bisa mencoba beberapa program bantuan pendanaan seperti berikut:

  • Beasiswa kuliah
  • beasiswa dekan
  • Pinjaman pribadi (non-federal)
  • Program Knight-Hennessy Scholars (KHS)
  • Beasiswa eksternal

Mahasiswa juga bisa bekerja paruh waktu di lingkungan Stanford dengan durasi waktu delapan jam seminggu, dengan catatan pekerjaan tersebut tidak berdampak buruk pada program akademik.  

Mahasiswa yang mengambil kerja paruh waktu juga memerlukan persetujuan dari ketua program studi yang diambil.

Leave A Reply

Your email address will not be published.