Berita Nasional Terpercaya

11 Jurusan Di Universitas Mahakarya Asia dan Peluang Karirnya

0

Bernas.id – Berbicara tentang jurusan kuliah terbaik di universitas tidak jauh dari topik perkuliahan seperti fakultas, program studi, beasiswa kuliah, lingkungan kampus, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan sebagainya. Masing-masing universitas, khususnya di Indonesia, memiliki keunggulan di bidangnya tersendiri baik itu universitas negeri ataupun swasta.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa jurusan kuliah di universitas negeri terkesan lebih unggul dan bergengsi daripada universitas swasta. Selain itu, biaya kuliah yang dikeluarkan untuk berkuliah di universitas negeri terbilang cukup murah dan terjangkau bila dibandingkan dengan universitas swasta seperti Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA).

Di samping itu, banyak juga jurusan kuliah di universitas swasta yang dari segi akademik ataupun fasilitas malah lebih terkenal dan nyaman. Maka tak heran, banyak juga masyarakat yang tetap kuliah jurusan terbaik di universitas swasta dengan biaya yang cukup tinggi tapi tetap didukung dengan fasilitas dan kualitas pembelajaran akademik yang mumpuni.

Baca juga: 25 Daftar Universitas Terbaik Dunia di Tahun 2021, Adakah Universitas Impianmu?

Mengenal Universitas Mahakarya Asia

Mengenal Universitas Mahakarya Asia

Salah satu universitas swasta terbaik Yogyakarta di Indonesia ini yang memiliki tujuan untuk membangun anak muda Indonesia agar mampu bersaing secara sehat di era digital, berani, serta mandiri yaitu Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA). Universitas tersebut merupakan penggabungan dari tiga kampus, yaitu AMIK AKMI Baturaja, STIEBANK Yogyakarta, AKPAR Buana Wisata Yogyakarta, dan Kampus Jakarta. Kampus tersebut memiliki dua lokasi yang tersebar di dua kota, yaitu di Yogyakarta dan Baturaja, Sumatera Selatan serta didukung pula oleh fasilitas pembelajaran yang lengkap baik dilakukan secara offline atau online. 

Selain dalam bidang akademik di kampus, setiap jurusan kuliah di universitas tersebut juga menyediakan fasilitas Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dapat mengasah kemampuan, minat, dan bakat para mahasiswanya dengan baik untuk meraih beragam prestasi di dalamnya. Walaupun berstatus sebagai universitas swasta, kampus ini juga menyediakan bantuan pendanaan kuliah berupa beasiswa seperti beasiswa KIPK (Kartu Indonesia Pintar Kuliah), Bidikmisi, dan beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik), dan sebagainya. 

Dengan beragam fasilitas akademik ataupun non-akademik yang tersedia, sudah pasti jurusan kuliah di Universitas Mahakarya Asia ini memiliki keunggulan dan kelebihan tersendiri serta dapat menunjang karir ke depan setelah lulus. Beberapa brand internasional dan nasional seperti Gojek, Microsoft, Mata Garuda, dan sebagainya juga turut mendukung proses pendidikan di universitas tersebut. Maka tak heran jika kuliah di kampus tersebut menggunakan kurikulum berbasis big data yang tidak hanya mengandalkan teori semata di dalam pembelajarannya. Dengan begitu, profesi kerja apapun yang sesuai dengan minat dan bakat para mahasiswanya dapat diraih di era digital ini dengan mudah.

Baca juga: Mahasiswa Universitas Mahakarya Asia Terpilih dalam Penghargaan Startup US $ 1M

Kuliah Jurusan dengan Platform Online UNMAHA

Kuliah Jurusan dengan Platform Online UNMAHA

Selain itu, beberapa keunggulan lain jurusan kuliah terbaik di universtas ini yaitu materi pembelajaran saat perkuliahan dapat tetap terakses seumur hidup walaupun sudah lulus dan menjadi alumni dengan cara memanfaatkan platform online (Always On). Tidak hanya itu, dosen praktisi pun turut dihadirkan secara langsung agar para mahasiswa tidak hanya sekedar belajar teorinya saja, akan tetapi juga belajar ke arah prakteknya.

Sejalan dengan program jurusan UNMAHA, prospek kerja bagi lulusan Universitas Mahakarya Asia ini akan terjamin. Hal ini dikarenakan para mahasiswa juga akan dibekali dengan mata kuliah yang berkaitan erat dengan industri terkini. Sehingga kemampuan para mahasiswa akan terasah dengan baik serta dibutuhkan oleh berbagai perusahaan saat sudah lulus nantinya.

Baca juga: Telah Diresmikan Kerja Sama Universitas Mahakarya Asia dengan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Kuliah Jurusan Universitas Mahakarya Asia Yogyakarta

Universitas Mahakarya Asia yang berlokasi di Yogyakarta ini memiliki dua kampus serta beralamat sama, yaitu di daerah Sleman, Yogyakarta. Beberapa program studi yang ada di kampus Yogyakarta ini beserta dengan peluang ataupun prospek kerjanya yaitu:

1. Diploma Perhotelan (A.Md.Par.)

Kuliah Jurusan Diploma Perhotelan (A.Md.Par.)

Jurusan kuliah di Universitas Mahakarya Asia ini fokus untuk mengambangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan terkait ilmu perhotelan yang berfokus pada bidang perencanan, produksi, serta pengawasan dan pengelolaan jasa penginapan. Selain itu, para mahasiswanya juga akan mempelajari suatu keahlian berupa manajemen operasional hotel dan kemampuan berbahasa asing, salah satunya bahasa Inggris.

Beberapa mata kuliah wajib di jurusan ini harus diikuti dengan baik selama perkuliahan dan total SKS yang harus ditempuh hingga akhir yaitu 110 SKS. Berikut ini merupakan daftar mata kuliah wajib program studi yang harus ditempuh:

  • Pengantar Pariwisata dan Perhotelan.
  • Front Office Department.
  • Front Office.
  • Psikologi Pelayanan.
  • Food and Beverage Department.
  • Food and Beverage Service.
  • Banquet and Room Service.
  • Food Product.
  • Pastry and Bakery.
  • Bar.
  • Barista.
  • Stewarding.
  • Hygiene and Sanitasi.
  • Housekeeping Department.
  • Housekeeping.
  • Binatu.
  • Sport and Recreation Department.
  • Spa and Hiburan.
  • Engineering and Maintenance Department.
  • Hotel Engineering and Maintenance.
  • Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
  • Accounting Department.
  • Akuntansi Perhotelan.
  • Marketing Department.
  • Marketing Perhotelan.
  • Hotel Revenue Management.
  • Professional English for Hotel.
  • Bahasa Prancis Perhotelan.
  • Aplikasi Komputer.
  • Etika Pariwisata dan Bisnis.

Di samping itu, prospek kerja atau karir bagi para mahasiswa lulusan program studi ini yaitu sebagai Hotel Manager, Event Sales Manager, Restaurant Manager, Event Sales Manager, Wedding Sales Manager, Room Sales Manager, dan sebagainya.

Baca juga: Mau Kuliah Perhotelan? Inilah Mata Kuliah Jurusan Perhotelan di UNMAHA

2. Sarjana Akuntansi (S.Ak.)

Sarjana Akuntansi (S.Ak.)

Jurusan kuliah untuk anak SMK yang ada di Yogyakarta dari Universitas Mahakarya Asia yang satu ini sudah sangat terkenal baik di kampus negeri ataupun swasta, termasuk juga di Universitas Mahakarya Asia kampus Yogyakarta. Selain itu, di era digital ini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa seorang lulusan akuntansi untuk menangani dan mengelola keuangan di perusahannya.

Lulusan akuntansi di kampus ini akan menghasilkan para lulusan akuntansi profesional yang handal dalam bidang pemeriksaan internal dan eksternal perusahaan serta ilmu akuntansi manajemen, perpajakan, dan sistem informasi dengan jiwa kewirausahaan. Mata kuliah yang tersedia pun terbagi menjadi mata kuliah utama seperti akuntansi bisnis, laboratorium pemrograman akuntansi, audit teknologi informasi, akuntansi internasional, dan digital bisnis. Kemudian, mata kuliah unggulannya berupa Entrepreneurship, Business Project, Character Building, Strategic Leadership, Community Empowerment, Business Startup, dan Digital Marketing dengan jumlah total SKS sebanyak 144 SKS selama masa perkuliahan berlangsung. 

Lulusan akuntansi saat ini memang sedang banyak dibutuh oleh perusahaan-perusahaan. Alasannya adalah peran akuntansi yang bertugas untuk melakukan aktivitas pencatatan transaksi keuangan perusahaan secara berkala. Di samping itu, karir akuntansi bagi para lulusan akuntansi dari berbagai universitas pun sangat beragam di berbagai perusahaan manapun untuk mengelola keuangan. 

Lantas, apa saja prospek kerja yang tepat dan menjanjikan bagi para lulusan program studi akuntansi UNMAHA saat ini? Berikut di antara pilihan profesi lulusan akuntansi di perusahaan: 

Akuntan 

Seorang lulusan akuntansi yang memilih profesi sebagai akuntan secara tidak langsung akan bertanggung jawab untuk setiap pengelolaan laporan keuangan yang ada di suatu perusahaan. Oleh sebab itu, peran akuntan di setiap perusahaan sangat dibutuhkan, khususnya bagi beberapa perusahaan besar. Selain itu, transparansi keuangan perusahaan juga sangat bergantung pada kinerja akuntan yang ada di dalamnya. 

Pasalnya, laporan keuangan yang telah disusun oleh akuntan juga berguna. Laporan tersebut merupakan alat yang dijadikan sebagai bahan dasar dalam menentukan kebijakan dan keputusan di perusahaan serta mengetahui keuntungan dan kerugian yang didapat.

Baca juga: Mengenal Akuntan Intern di Perusahaan: Pengertian, Tugas, dan Bagiannya

Internal Auditor

Profesi sebagai seorang internal auditor ini bertugas untuk memastikan hasil keaslian pencatatan laporan keuangan yang ada di dalam perusahaan sudah benar. Dalam hal ini, seorang auditor atau akuntan pemeriksaan juga harus memeriksa dan mengawasi untuk mencegah adanya kecurangan di dalam laporan keuangan perusahaan.

Di samping peranan tersebut, internal auditor ini juga bertanggung jawab untuk melakukan audit kinerja manajemen perusahaan sehingga aktivitasnya sesuai dengan fungsi dan tanggung jawabnya secara efisien dan efisien. Oleh sebab itu, kinerja manajemen perusahaan pun harus diawasi untuk mencegah kerugian perusahaan.

Baca juga: Akuntansi Pemeriksaan (Auditing): Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Kegiatannya

Akuntan Publik

Karir akuntan publik ini memiliki peran yang berseberangan dengan internal auditor yang mana tugasnya adalah melakukan audit atau pemeriksaan terhadap laporan keuangan di luar perusahaan. Pasalnya, pihak luar tersebut merupakan pihak independen luar perusahaan. Secara umum, seorang akuntan publik pun tugasnya hampir sama dengan internal auditor.

Baca juga: Profesi Akuntan Publik: Pengertian, Peranan, Jasa, dan Persyaratannya

Akuntan Pajak

Bersesuaian dengan nama profesi akuntansinya, akuntan pajak memiliki tugas untuk melakukan perhitungan nilai pajak sesusai dengan aktivitas transaksi di suatu perusahaan. Selain itu, profesi akuntan perpajakan ini juga harus menganalisis dan memberikan saran kepada pihak manajemen perusahaan. Saran tersebut berguna agar pajak yang akan dibayarkan oleh perusahaan dapat diminimalisir. Namun, pencatatan dan pelaporannya tetap sesuai dengan prosedur dan undang-undang pajak yang berlaku.

Baca juga: Profesi Akuntan Pajak: Pengertian, Pendidikan, dan Prospek Kerja

Akuntan Pemerintah

Profesi akuntan pemerintahan ini ditugaskan untuk bekerja di ranah pemerintahan. Akuntan pemerintah bertugas untuk menyusun dan mencatat setiap trensaksi di dalam laporan keuangan pemerintah. Selain itu, seorang akuntan pemerintah memiliki tugas untuk mengaudit instansi-instansi menjadi bagian dari pemerintahan di berbagai tingkatan wilayah seperti pemerintah daerah. Di samping itu, akuntan pemerintah ini pun harus menggunakan aturan berdasarkan ketetapan pemerintah dan tidak memandang keuntungan atau kerugian yang akan diperoleh.

Baca juga: Akuntan Pemerintah: Pengertian, Perbedaan, Tugas, dan Jenis-jenis Pengawasannya

Akuntan Pendidik

Profesi akuntan selanjutnya yaitu akuntan pendidik yang biasa dikenal dengan sebutan guru, dosen, ataupun pengajar ilmu akuntansi. Tugas akuntansi pendidikan sendiri adalah untuk memberikan ilmu dan pengajaran terkait akuntansi kepada peserta didik baik di sekolah maupun di perguruan tinggi.

Tidak hanya itu, tugas seorang akuntan pendidik juga harus mampu bekerja di lembaga riset atau penelitian. Lembaga tersebut secara khusus akan mempelajari dan mengembangkan solusi mengenai permasalahan akuntansi di masyarakat. Di samping itu, profesi ini juga dapat menjadi konsultan ataupun pemateri di setiap acara yang berhubungan dengan akuntansi.

Selain itu, beberapa prospek karir atau kerja lain serta sangat tepat bagi para lulusannya yaitu Akuntan Privat, Financial Analyst, Perencana Keuangan, dan Account Payable/Receivable Clerk. 

Baca juga: Menjadi Akuntan Pendidik: Pengertian, Syarat, Tugas, dan Perannya

3. Sarjana Manajemen (S.M.)

Kuliah Jurusan Sarjana Manajemen (S.M.)

Program studi atau jurusan kuliah manajemen ini juga cukup memiliki banyak peminat jika di rata-ratakan secara nasional setiap tahunnya. Di Universitas Mahakarya Asia ini, jurusan manajemen memiliki tujuan untuk menghasilkan sarjana manajemen yang profesional. 

Di samping itu, kemampuan dalam entrepreneurship dan digital marketing juga berdasarkan pada nilai-nilai luhur, etika, serta berkontribusi pada bangsa. Jumlah SKS yang harus ditempuh pada jurusan ini yaitu sebanyak 144 SKS yang terdiri dari mata kuliah jurusan atau program studi dan mata kuliah unggulan. Adapun mata kuliah jurusan manajemen di Universitas Mahakarya Asia yaitu:

  • Manajemen Bisnis.
  • Manajemen Proyek.
  • Aspek Hukum dalam Bisnis.
  • Manajemen Perbankan.
  • Produk dan Jasa Bank.
  • Hukum Komersial dan Perbankan
  • Manajemen Pemasaran Bank
  • Account Officer.

Kemudian beberapa mata kuliah unggulannya dari jurusan kuliah manajemen yaitu:

  • Entrepreneurship.
  • Business Project.
  • Character Building, 
  • Strategic Leadership, 
  • Community Empowerment, 
  • Business Startup, 
  • Digital Marketing

Beberapa peluang kerja yang diunggulkan jika kuliah di jurusan kuliah manajemen ini yaitu menjadi seorang wirausaha yang memiliki suatu keahlian dalam mengelola suatu bisnis dan digital marketing dengan baik. Selain itu, dapat pula menjadi seorang manajer dalam bidang pemasaran atau perbankan.

Baca juga: Mengenal Akuntansi Manajemen: Pengertian, Penerapan, Fungsi, dan Ruang Lingkupnya

Manajer Pemasaran

Dalam hal ini, para lulusan manajemen dapat berkarir di bidang pemasaran serta dapat mengelola suatu perusahaan dibidang pemasaran dengan baik.

Manajer Keuangan

Dalam hal ini, para lulusan manajemen dapat berkarir di bidang perbankan serta dapat mengelola suatu perusahaan dibidang perbankan dengan baik.

4. Sarjana Arsitektur (S.Ars.)

Kuliah jurusan Sarjana Arsitektur (S.Ars.)

Universitas Mahakarya Asia yang berlokasi di Yogyakarta ini juga menyediakan program studi arsitektur. Tentu saja, para lulusannya nanti akan menjadi sarjana arsitektur yang kreatif, inovatif, serta inspiratif dalam membuat atau mengelola suatu bangunan atau ruang dalam bentuk rancangan desain dengan tetap memperhatikan lingkungannya dengan baik dalam skala besar atau kecil. 

Di samping itu, sifat dinamis yang ada dalam rancangan desainnya dapat mencerminkan budaya dan alam yang ada disekitarnya dengan baik. Di samping itu, kolaborasi dengan disiplin ilmu lain juga dilakukan agar dapat membangun sinergitas pembangunan berkelanjutan dengan baik pula. Jumlah SKS perkuliahan jurusan arsitektur di UNMAHA ini yang harus ditempuh mencapai 144 SKS, terdiri dari mata kuliah program studi berupa: 

  • Arsitektur Nusantara.
  • Housing Studies.
  • Participatory dan Co-Design.
  • Pengantar Manajemen Proyek Industry.
  • Perencanaan Landscape

Di tambah lagi, mata kuliah unggulan dari kuliah jurusan teknik arsitektur Universitas Mahakarya Asia yang harus diikuti yaitu: 

  • Entrepreneurship.
  • Business Project.
  • Character Building.
  • Strategic Leadership.
  • Community Empowerment.
  • Business Startup.
  • Digital Marketing. 

Bagi lulusan jurusan arsitektur, peluang kerja sangat terbuka lebar dan menawarkan penghasilan yang tinggi. Beberapa prospek kerja yang dapat dimasuki dan cocok bagi para lulusan arsitektur yaitu:

Arsitek

Profesi ini merupakan jenis pekerjaan yang paling terkenal dan banyak diminati. Selain itu, profesi ini juga sangat sesuai dengan jurusan teknik arsitektur. Pekerjaan dibidang ini sangat berkaitan dengan pembangunan suatu proyek.

Selain itu, ia juga bertugas untuk membuat desain terkait bangunan yang hendak didirikan serta berdasarkan pada ide murni dari arsiteknya langsung atau kliennya. Desain yang sudah dibuat sebelumnya akan menjadi panduman dalam mengerjakan suatu proyek bangunan. Profesi ini juga memiliki peminat yang besar seiring dengan perkembangan zaman yang semakin membutuhkan jasa arsitek dalam melakukan pembangunan.

Baca juga: Inilah 9 Cara Menjadi Arsitek Profesional yang Handal dan Sukses

Kontraktor

Profesi ini juga tidak kalah menarik di jurusan teknik arsitektur. Berbeda dengan arsitektur, profesi kontraktor ini bertugas untuk menerjemahkan desain yang sudah arsitek buat sebelumnya ke dalam bentuk bangunan yang sesusngguhnya. Seorang kontraktor ini akan membuat dan merealisasikan bangunan berdasarkan kontrak yang disepakati dengan kliennya.

Kontrak itulah yang nantinya digunakan untuk segala proses pembangunan yang berjalan, baik dari sisi anggaran, durasi waktu, dan sebagainya. Pekerjaan ini sangat cocok bagi seseorang yang suka membuat bangunan daripada hanya sekedar mendesain. Maka dari itu, kontrak yang sebelumnya sudah disepakati dengan klien harus dilaksanakan dengan hati-hati hingga selesai agar tidak terjadi permasalahan hokum di masa mendatang.

Baca juga: Inilah Gaji Arsitek di Indonesia, Gaji Tinggi Hingga Rp50 juta!

Developer

Seorang developer ini bertugas untuk membangun suatu perumahan dan dapat menjadi pilihan profesi yang tepat bagi para lulusan arsitektur. Developer atau biasa disebut pengembang ini merupakan instansi perorangan atau perusahaan yang memiliki tanggung jawab untuk membuat suatu perumahan. Profesi ini pun terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

  • Developer Bersubsidi

Dalam hal ini, developer diberi subsidi atau bantuan oleh pihak tertentu yang nantinya membuat harga perumahan menjadi lebih terjangkau bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah. 

  • Developer Perumahan Biasa

Developer jenis ini kebalikan dari developer bersubsidi, yaitu tidak mendapatkan bantuan dari pihak manapun terkait pengembangannya serta diperuntukkan bagi kalangan menengah ke atas.

Di samping itu, seorang developer ini juga harus mengetahui terkait kewajiban yang ada padanya beserta konsumennya. Selain itu, profesi ini juga bisa dijalankan secara individu ataupun tim di dalam perusahaan.

Baca juga: Inilah 6 Prospek Kerja Arsitektur yang Harus Diketahui Calon Arsitek

Pegawai Negeri Sipil Penyedia Jasa Arsitektur

Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam bidang arsitektur juga menjadi pilihan yang bagus bagi seorang sarjana arsitektur. Beberapa kementerian di pemerintahan pun menyediakan posisi bagi PNS yang merupakan lulusan arsitektur, seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Dinas Tata Kota. Hal tersebut dapat kamu raih dengan cara mengikuti ujian CPNS serta bersaing dengan para calon PNS lain.

Konsultan Arsitektur

Seorang konsultan arsitektur ini jarang direkomendasikan bagi lulisan baru sarjana arsitektur. Profesi ini sangat membutuhkan pengalaman sebelumnya dalam bidang kontraktor atau arsitek terlebih dahulu. Dengan begitu, prospek kerja ini sangat cocok bagi para arsitektur yang sudah professional serta memiliki pengalaman dibidangnya. Tentu saja peran profesi kontraktor dan arsitek sebelumnya sangat penting untuk menghadapi kliennya dengan baik. 

Baca juga: Inilah 7 Kampus Jurusan Arsitektur di Jogja 2021, Prioritas No.7!

Profesi bidang ini secara umum bertugas untuk menganalisis suatu desain dan perencanaan pada suatu proyek bangunan. Selain itu, ia juga membuat draft desain dan perencanaan pembangunan dengan baik. Tempat kerjanya pun cukup fleksibel, baik itu di kantor atau lapangan pekerjaan langsung. 

Guru atau Dosen Arsitektur

Profesi ini sangat cocok bagi kamu yang ingin terjun bekerja dalam dunia pendidikan. Pekerjaan ini juga cukup memiliki prospek yang bagus mengingat banyak sekolah atau kampus yang mencari tenaga pengajar seorang pendidik bidang teknik arsitektur. Menjadi seorang guru arsitektur bisa kamu lakukan di SMK yang memiliki jurusan terkait arsitektur, begitupun dengan dosen yang mengajar di kampus dengan jurusan arsitektur juga. Untuk itu, dibutuhkan pemahaman yang kuat dan bagus terkait bidang arsitektur di samping memiliki pengalaman magang atau kerja di bidang yang selaras.

Baca juga: Mau Menyusun CV Arsitektur? 6 Hal Ini Harus Diperhatikan Arsitek

5. Sarjana Sains Informasi Geografi (S.Geo.)

Kuliah Jurusan Sarjana Sains Informasi Geografi (S.Geo.)

Para lulusan sarjana dari Universitas Mahakarya Asia diharapkan memiliki kemampuan dan spesialisasi dalam bidang Sistem Informasi Geografi (SIG). Jurusan ini memfokuskan pada ilmu geografi yang nantinya diharapkan dapat mengintegrasikan beragam jenis data geografis ataupun data geospasial.

Kemudian, jumlah SKS yang harus diikuti untuk menyelesaikan program studi ini yaitu sebanyak 144 SKS yang terdiri dari mata kuliah wajib program studi dan mata kuliah pilihan program studi. Beberapa mata kuliah wajib program studinya yaitu:

  • Introduction to GIS Tools, Techniques, Cartography, and Geovisualisation.
  • UAV Remote Sensing, Monitoring, and Mapping.
  • Advanced Spatial Analysis and Programming Statistik.
  • Current Application of GIS.

Kemudian, mata kuliah pilihan program studinya yaitu:

  • Geospatial Technology Information.
  • Spatial Data Mining.
  • Tourism Geopgraphy.
  • Regional Economic Geography.
  • Project Management.
  • Perencanaan Tata Ruang dan Tata Wilayah.
  • Perencanaan Desa.

Para lulusan sarjana dari jurusan kuliah di Universitas Mahakarya Asia ini juga memiliki prospek kerja yang sangat menjanjikan, yaitu dapat berprofesi dalam bidang Small, Medium, and Large Scale Mapping, 3D City Modelling, Underground Mapping, Mining Application, Trial Laser Scanning, Oil  and Gas, and then Bathymetric Survey.

Baca juga: Ferro Ferizka, Rektor Universitas Mahakarya Asia: Tips Mengemas Potensi Keunggulan Desa di Abad 21

6. Sarjana Teknik Industri (S.T.)

Kuliah Jurusan Sarjana Teknik Industri (S.T.)

Jurusan teknik industri dari Universitas Mahakarya Asia di Yogyakarta ini juga tersedia di kampus ini dengan bidang ilmu yang dipelajari berupa pengoptimalan beragam kegiatan manusia seperti produksi, pengelolaan, dan ekonomi. Para lulusan teknik industri ini nantinya bertanggungjawab untuk mengoptimalisasikan secara praktis terhadap sistem kerja produksi pabrik, proposal strategi, serta desain yang optimal di dalam manajemen perusahaan. Selain itu, para lulusan di jurusan ini juga diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan dengan cara pendekatan yang matematis. Seperti dengan jurusan-jurusan lainnya, kuliah di bidang teknik industri ini juga harus menghabiskan 144 SKS hingga kelulusan dengan beragam mata kuliah yang terdiri dari mata kuliah khusus dan mata kuliah kecirikhasan. Beberapa mata kuliah khususnya yaitu:

  • Pengantar Teknik Industri.
  • Ekonomi Teknik.
  • Proses Manufaktur.
  • Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomic.
  • Sistem Produksi dan Operasi.
  • Pemodelan dan Simulasi Sistem.
  • Metode Penelitian.
  • Perancangan Tata Letak Fasilitas.
  • Alat Bantu dan Alat Ukur Praktikum Terintegrasi.

Kemudian, mata kuliah jurusan teknik industri di UNMAHA yang menjadi ciri khas yaitu:

  • Quality Assurance.
  • Integrated Quality.
  • Management System Six Sigma.
  • Lean Manufacturing.
  • Supply Chain Management.
  • Total Productive Maintenance.
  • Manajemen Proyek.
  • Data Mining.

Prospek karir di masa depan yang dapat menjadi profesi bagi para lulusan jurusan teknik industri ini yaitu Bagian Operasional dan Logistic, Produk Manajer, Bagian Personalia (HRD), Bagian Pengendalian Mutu Produk dan Kesehatan, Market Researcher, Data Scientist, Teknisi dan Operator Pabrik, Dosen, Quality Assurance (QA), Quality Control (QC), serta System Analyst. Cukup banyak dan beragam bukan prospek karir pada lulusan teknik industri ini?

Baca juga: Teknik Industri: Ketika Teknik Bertemu Manajemen

7. Sarjana Teknik Informatika (S.Kom.)

Kuliah Jurusan Sarjana Teknik Informatika (S.Kom.)

Jurusan kuliah di Universitas Mahakarya Asia ini agak berbeda dengan jurusan sistem informasi, walaupun secara lulusannya memiliki gelar yang sama. Teknik informatika ini berfokus untuk mempelajari penggunaaan teknologi komputer secara optimal untuk menyelesaikan permasalahan terkait transformasi ataupun pengolahan data dengan proses logika. Selama perkuliahan pun, materi tentang programmer dan komputasi akan sering dipelajari.

Selain itu, para mahasiswanya juga akan dibekali tentang ilmu perancangan perangkat lunak. Kemudian, beberapa mata kuliah wajib program studi ini yaitu Visual Programming I, Program Berorientasi Objek, Visual Programming II, Metode Numerik, Kecerdasan Tiruan, Arsitektur Komputer, Simulasi dan Permodelan, Penulisan Proposal, Keamanan Komputer, dan Introduction SQL. 

Sementara itu jurusan kuliah ini menyediakan mata kuliah pilihannya berupa Desain Grafis, Mobile and Cloud Computing, dan Jaringan Komputer Lanjutan. Selain itu, 144 SKS juga harus ditempuh selama masa perkuliahan S1 di jurusan ini.

Prospek kerja di lulusan teknologi informasi ini cukup luas dan beragam dengan gaji rata-rata di awal sebesar Rp5.000.000.Beberapa prospek kerja di lulusan teknologi informasi ini cukup luas dan beragam, di antaranya yaitu:

Software Engineer and Developer

Profesi ini diprediksi akan mengalami peningkatan yang cukup pesat selama 10 tahun ke depan. Pekerjaan ini bertugas untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip pengelolaan serta optimalisasi software seperti analisis teknik informatika, matematika desain, development, maintenance, dan juga testing software computer ataupun perangkat lain. Beberapa jenis software yang biasa dibuat oleh para software engineering ini yaitu sistem operasi, network distribution, dan juga software untuk compiler yang dapat mengkonversi suatu program pada komputer dengan baik.

Baca juga: Mahasiswa AKMI Baturaja Selesaikan Tantangan 30 Hari Belajar IT Software di Yogyakarta, Hasilnya di Luar Dugaan

Sistem Analis

Berprofesi sebagai sistem analis ini dibutuhkan sistem khusus yang nantinya digunakan untuk mendesain solusi di dalam arsitektur teknologi informasi. Selain itu, diwajibkan pula untuk mengoptimalkan sistem sekaligus mengintegrasikan fitur-fitur yang ada agar lebih produktif dan efisien. Selain itu, seorang sistem analis ini juga harus memeriksa model bisnis serta menganalisis kebutuhna sistem yang ada para proyek pekerjaanya. Pengembangan produk, mengimplementasikan, mengatur, dan menguji solusi dalam sistem juga merupakan tugas dari seorang sistem analis.

IT Konsultant

Berkerja sebagai seorang IT konsultan juga merupakan pilihan yang tepat bagi para lulusan teknik informatika. Profesi ini bertugas untuk menerapkan strategi dan teknologi informasi dalam perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi di suatu perusahaan. Kemudian, fokus kerja dari profesi ini berupa proses integrase teknologi informasi dalam bisnis. Sebagai seorang konsultan, mereka diharuskan memberi saran kepada para kliennya terkait penggunaan sistem teknologi secara efisien agar mencapai target perusahaan.

Baca juga: 8 Tips Berkarir Menjadi Konsultan

Data Scientist

Profesi ini cukup terkenal dikalangan para lulusan teknik informatika. Tugas yang harus dilakukan yaitu mengubah data mentah menjadi suatu informasi yang berharga dengan menggunakan suatu algoritma dan machine learning.

Data yang ada tersebut nantinya akan digunakan oleh pihak manajemen perusahaan dalam merencanakan suatu strategi bisnis dan evaluasi ulang produknya. Beragam sektor industri perusahaan pun sangat membutuhkan jasa seorang data scientist. 

Web Developer

Seorang yang berprofesi sebagai web developer ini memiliki spesialisasi dalam bidang pengembangan aplikasi seperti world wide web ataupun aplikasi yang dibangun pada HTTP di suatu web server. Sebagai seorang lulusan dari program studi teknik informatika, pekerjaan web developer ini dapat dilakukan secara penuh waktu atau paruh waktu baik sebagai freelance ataupun bekerja di perusahaan atau pemerintah. Beberapa pengetahuan dan ilmu yang harus dikuasai yaitu HTML, CSS, dan JavaScript.

Baca juga: 10 Alasan Memilih Jurusan Teknik Informatika, Ini akan Kamu Temui Jika Bergabung dengan UNMAHA

8. Sarjana Kewirausahaan – Blended Learning

Kuliah Jurusan Sarjana Kewirausahaan

Jurusan kuliah kewirausahaan yang ada di Universitas Mahakarya Asia Yogyakarta ini memiliki sistem pembelajaran yang agak berbeda dengan jurusan lainnya, yaitu diselenggarakan dengan online program. Program studi ini berfokus untuk mengkaji, menerapkan, serta mengembangkan ilmu tentang proses pengembangan usaha yang berawal dari identifikasi peluang, pencarian gagasan kreatif, perencanaaan usaha, usaha awal, hingga pengembangan usaha secara lebih kreatif dan inovatif disertai dengan risiko yang terukur. 

Saat ini, kuliah jurusan kewirausahaan di universitas Mahakarya Asia ini memiliki beberapa keunggulan dibidangnya yaitu mampu menghasilkan lulusan yang dapat membangun smart city yang berfokus pada bisnis disertai dengan teknologi informasi berbasis digital. Dengan begitu, diharapkan para lulusannnya mampu membangun bisnis yang bermanfaat bagi masyarakat luas dengan tetap memanfaatkan teknologi digital, sehingga nantinya dapat tercipta suatu e-commerce atau e-business yang baik. 

Berbagai rancangan mata kuliah disusun sedemikian rupa untuk menghasilkan lulusan yang unggul di bidangnya serta terdiri dari mata kuliah dasar umum, mata kuliah unggulan, serta mata kuliah program studi dan mata kuliah pilihan. Beberapa mata kuliah dasar program studi ini yaitu:

  • Pendidikan Agama.
  • Bahasa Indonesia.
  • Pendidikan Kewarganegaraan.
  • Pendidikan Pancasila.

Kemudian, mata kuliah unggulannya di jurusan kuliah kewirausahaan UNMAHA yaitu:

  • Entrepreneurship Foundations and Mindset 1.
  • Strategic Business Ideation 1.
  • Entrepreneurial Behavior nd Character.
  • Entrepreneurship as Innovation and Problem Solving.
  • Marketing in an Entrepreneurial Context.
  • Digital Content Creation and Marketing.
  • Entrepreneurial Strategic Leadership.
  • Entrepreneurial Project Work: Business Plan Preparation.
  • Entrepreneurial Project Exhibition.
  • Start Up: Digital Entrepreneurship.
  • Community and Sustainable Development in 21st Century.

Lalu, mata kuliah wajib program studinya di Universitas Mahakarya Asia untuk jurusan kewirausahaan yaitu:

  • Introduction to Business.
  • Business Math.
  • Business Statistic.
  • English for Specific Business Properties.
  • Financial Accounting Fundamentals.
  • Becoming a Change maker an Introduction of Social Entrepreneurship.
  • Research Proposal: Business Methods.
  • Entrepreneurship Research Project.

Kemudian, jurusan kuliah ini dilengkapi dengan mata kuliah pilihan program studinya yaitu:

  • Business in Tourism and Hospitally Industry.
  • Overviewing Business in Services Sector.
  • Expanding Markets n Property Business: Trends and Overview.

Beberapa profil lulusan dan prospek kerja yang diunggulkan bagi para lulusannya yaitu: 

Wirausaha Mandiri

Profesi ini membentuk para wirausahawan yang dapat memulai dan mengembangkan startup business berbasis teknologi (technopreneur).

  • Social Entrepreneur

Para lulusan yang berprofesi sebagai wirausahawan ini dapat mengembangkan startup social business dengan menjawab tantangan dari masyarakat sosial.  

  • Intrapreneur

Profesi ini merupakan sosok yang yang kreatif dan inovatif serta mampu menerapkan ide-ide technopreneur yang baik dalam perusahaan serta dapat mengembangkan organisasi dengan baik.

  • Konsultan Bisnis

Profesi ini bertugas untuk memberikan solusi berupa hasil penelitian tentang bisnis baik itu kebutuhan, teknis, ataupun kelayakannya.

Baca juga: 7 Manfaat untuk Mahasiswa Mempelajari Kewirausahaan

9.  Sarjana Sistem Informasi (S.Kom)

Kuliah Jurusan Sarjana Sistem Informasi (S.Kom)

Program studi sistem informasi di Universitas Mahakarya Asia ini menggabungkan antara ilmu komputer dengan ilmu bisnis dan manajemen. Jurusan kuliah untuk anak SMK ini memiliki tujuan untuk mempelajari fundamental dari suatu proses bisnis yang ada pada perusahaan berdasarkan data-data yang dimiliki.

Selain itu, jurusan kuliah UNMAHA ini juga berfokus untuk merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaannya. Jumlah SKS yang ditempuh selama masa perkuliahan yaitu sebanyak 144 SKS yang terdiri dari beberapa mata kuliah wajib program studi, yaitu:

  • Teori Organisasi Umum.
  • Sistem Basis Data.
  • Otomasi Perkantoran.
  • Pemrograman Web Dinamis.
  • Akuntansi Komputer Dasar.
  • Statistika dan Probabilitas Praktikum Statistika (SPSS).
  • Jaringan Komputer.
  • Simulasi dan Permodelan Bisnis Plan.
  • Testing dan Implementasi SI.
  • Rekayasa Perangkat Lunak.
  • Digital dan Internet Marketing.
  • Proyek Aplikasi Sistem Informasi.
  • Sistem Pengambilan Keputusan.
  • Matematika Diskrit.
  • Akuntansi Komputer Lanjutan.
  • Introduction SQL.
  • Komunikasi Data.
  • Manajemen Proyek Perangkat Lunak.
  • Kerja Praktek.
  • Etika Profesi.
  • E-Commerce.
  • Technopreneur.

Kemudian, prospek kerja di jurusan kuliah sistem informasi juga sangat menjanjikan di masa depan serta dibutuhkan oleh perusahaan, yaitu sebagai Business Analyst, Web Developer, Project Manager, E-Commerce System, Developer, serta IT Manager.

Baca juga: Inilah 12 Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi di Perusahaan

Jurusan Kuliah Kampus Baturaja Universitas Mahakarya Asia

Universitas Mahakarya Asia yang cabangnya juga berlokasi di daerah Baturaja, Sumatera Selatan ini juga memiliki beberapa program studi atau jurusan kuliah yang tersedia, di antaranya yaitu:

10. Diploma Manajemen Informatika (A.Md.Kom.)

Kuliah Jurusan Diploma Manajemen Informatika (A.Md.Kom.)

Program studi diploma dari jurusan kuliah manajemen informatika di Universitas Mahakarya Asia ini berfokus pada manajemen dibidang informatika yang di dalamnya juga mempelajari cara pengelolaan serta mengatur teknologi dengan baik. Selain itu, selama perkuliahan para mahasiswa juga akan mempelajari manajemen dalam pemprograman dan komputasi disertai pula dengan pengolahan datanya. Beberapa mata kuliah program studi pun harus diikuti dengan baik, di antaranya yaitu: 

  • Logika Matematika.
  • Dasar-Dasar Pemrograman.
  • Struktur Data dan Algoritma.
  • Analisis dan Desain Perangkat Lunak.
  • Pengantar Inormatika.
  • Dasar Akuntansi.
  • Paket Program Aplikasi.
  • Interaksi Manusia-Komputer (HCI).
  • Kecerdasan Buatan (Ai).
  • Teknisi Komputer.
  • Pengantar Komputer.
  • Sistem Operasi.
  • Basis Data I (MySQL).
  • Basis Data II (MySQL).
  • Cloud Computing.
  • Mobile Computing.
  • Animasis dan Multimedia 1.
  • Animasis dan Multimedia 2.
  • Pemrograman Berbasis GUI 1.
  • Pemrograman Berbasis GUI 2.
  • Pemrograman Berbasis Web 1.
  • Pemrograman Berbasis Web 2.
  • Jaringan Komputer.
  • Metode Penelitian.
  • Tugas Akhir.

Beberapa prospek kerja di lulusan manajemen informatika ini cukup luas dan beragam, di antaranya yaitu pada bidang:

Software Engineer and Developer

Profesi ini diprediksi akan mengalami peningkatan yang cukup pesat selama 10 tahun ke depan. Pekerjaan ini bertugas untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip pengelolaan serta optimalisasi software seperti analisis teknik informatika, matematika desain, development, maintenance, dan juga testing software computer ataupun perangkat lain. Beberapa jenis software yang biasa dibuat oleh para software engineering ini yaitu sistem operasi, network distribution, dan juga software untuk compiler yang dapat mengkonversi suatu program pada komputer dengan baik. 

Baca juga: Biar Tak Salah Jurusan, Ini Perbedaan antara Sistem Informasi dan Teknik Informatika

Sistem Analis

Berprofesi sebagai sistem analis ini dibutuhkan sistem khusus yang nantinya digunakan untuk mendesain solusi di dalam arsitektur teknologi informasi. Selain itu, diwajibkan pula untuk mengoptimalkan sistem sekaligus mengintegrasikan fitur-fitur yang ada agar lebih produktif dan efisien. Selain itu, seorang sistem analis ini juga harus memeriksa model bisnis serta menganalisis kebutuhna sistem yang ada para proyek pekerjaanya. Pengembangan produk, mengimplementasikan, mengatur, dan menguji solusi dalam sistem juga merupakan tugas dari seorang sistem analis.

IT Konsultant

Berkarir sebagai seorang IT konsultan juga merupakan pilihan yang tepat bagi para lulusan teknik informatika. Profesi ini bertugas untuk menerapkan strategi dan teknologi informasi dalam perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi di suatu perusahaan.

Kemudian, fokus kerja dari profesi ini berupa proses integrase teknologi informasi dalam bisnis. Sebagai seorang konsultan, mereka diharuskan memberi saran kepada para kliennya terkait penggunaan sistem teknologi secara efisien agar mencapai target perusahaan.

Baca juga: 4 Alasan Kuliah di Jurusan Manajemen Informatika Punya Prospek Menjanjikan

Data Scientist

Profesi dari jurusan kuliah TI ini cukup terkenal dikalangan para lulusan teknik informatika. Tugas yang harus dilakukan yaitu mengubah data mentah menjadi suatu informasi yang berharga dengan menggunakan suatu algoritma dan machine learning.

Data yang ada tersebut nantinya akan digunakan oleh pihak manajemen perusahaan dalam merencanakan suatu strategi bisnis dan evaluasi ulang produknya. Beragam sektor industri perusahaan pun sangat membutuhkan jasa seorang data scientist. 

Web Developer

Seorang yang berprofesi sebagai web developer ini memiliki spesialisasi dalam bidang pengembangan aplikasi seperti world wide web ataupun aplikasi yang dibangun pada HTTP di suatu web server. Sebagai seorang lulusan dari program studi teknik informatika, pekerjaan web developer ini dapat dilakukan secara penuh waktu atau paruh waktu baik sebagai freelance ataupun bekerja di perusahaan atau pemerintah. Beberapa pengetahuan dan ilmu yang harus dikuasai yaitu HTML, CSS, dan JavaScript.

Baca juga: 25 Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika yang Ada Jika Bergabung dengan UNMAHA

11. Diploma Teknik Informatika (A.Md.Kom)

Kuliah Jurusan Diploma Teknik Informatika (A.Md.Kom)

Di kampus ini tersedia pula program studi diploma teknik informatika yang fokus bertujuan untuk menyelenggarakan proses pembelajaran dengan baik seperti proses dalam mengembangkan daya nalar, daya cipta, daya kreasi, serta keterampilan yang nantinya dapat dikomunikasikan dan diterapkan dalam bidangnya.

Kemudian, beberapa mata kuliah program studi wajib diikuti selama masa perkuliahan hingga penyelesaiaan tugas akhirnya. Jurusan kuliah di Universitas Mahakarya Asia ini beberapa mata kuliah program studi wajib yaitu:

  • Logika Matematika.
  • Dasar-dasar Pemrograman.
  • Struktur Data dan Algoritma.
  • Analisis dan Desain Perangkat Lunak.
  • Pengantar Inormatika.
  • Dasar Akuntansi.
  • Paket Program Aplikasi.
  • Interaksi Manusia-Komputer (HCI).
  • Kecerdasan Buatan (Ai).
  • Teknisi Komputer.
  • Pengantar Komputer.
  • Sistem Operasi.
  • Basis Data I (MySQL).
  • Basis Data II (MySQL).
  • Cloud Computing.
  • Mobile Computing.
  • Animasis dan Multimedia 1.
  • Animasis dan Multimedia 2.
  • Pemograman Berbasis GUI 1.
  • Pemograman Berbasis GUI 2.
  • Pemograman Berbasis Web 1.
  • Pemograman Berbasis Web 2.
  • Jaringan Komputer.
  • Metode Penelitian.
  • Tugas Akhir.

Beberapa prospek kerja ataupun karir yang sesuai dengan jurusan ini yaitu:

Software Engineer and Developer

Profesi yang satu ini diprediksi akan mengalami peningkatan yang cukup pesat selama 10 tahun ke depan. Pekerjaan ini bertugas untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip pengelolaan serta optimalisasi software seperti analisis teknik informatika, matematika desain, development, maintenance, dan juga testing software computer ataupun perangkat lain. Beberapa jenis software yang biasa dibuat oleh para software engineering ini yaitu sistem operasi, network distribution, dan juga software untuk compiler yang dapat mengkonversi suatu program pada komputer dengan baik. 

Baca juga: Informatika: Program Studi yang Menarik dan Menantang

Sistem Analis

Berprofesi sebagai sistem analis ini dibutuhkan sistem khusus yang nantinya digunakan untuk mendesain solusi di dalam arsitektur teknologi informasi. Selain itu, diwajibkan pula untuk mengoptimalkan sistem sekaligus mengintegrasikan fitur-fitur yang ada agar lebih produktif dan efisien. Selain itu, seorang sistem analis ini juga harus memeriksa model bisnis serta menganalisis kebutuhan sistem yang ada para proyek pekerjaanya. Pengembangan produk, mengimplementasikan, mengatur, dan menguji solusi dalam sistem juga merupakan tugas dari seorang sistem analis.

IT Konsultant

Berkarir sebagai seorang IT konsultan juga merupakan pilihan yang tepat bagi para lulusan teknik informatika. Profesi ini bertugas untuk menerapkan strategi dan teknologi informasi dalam perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi di suatu perusahaan. Kemudian, fokus kerja dari profesi ini berupa proses integrasi teknologi informasi dalam bisnis. Sebagai seorang konsultan, mereka diharuskan memberi saran kepada para kliennya terkait penggunaan sistem teknologi secara efisien agar mencapai target perusahaan. 

Baca juga: Hunian Eksklusif DP Cuma 10%, Angsuran Rp2 Jutaan!

Data Scientist

Profesi ini cukup terkenal dikalangan para lulusan teknik informatika. Tugas yang harus dilakukan yaitu mengubah data mentah menjadi suatu informasi yang berharga dengan menggunakan suatu algoritma dan machine learning. Data yang ada tersebut nantinya akan digunakan oleh pihak manajemen perusahaan dalam merencanakan suatu strategi bisnis dan evaluasi ulang produknya. Beragam sektor industri perusahaan pun sangat membutuhkan jasa seorang data scientist. 

Web Developer

Seorang yang berprofesi sebagai web developer ini memiliki spesialisasi dalam bidang pengembangan aplikasi seperti world wide web ataupun aplikasi yang dibangun pada HTTP di suatu web server. Sebagai seorang lulusan dari program studi teknik informatika, pekerjaan web developer ini dapat dilakukan secara penuh waktu atau paruh waktu baik sebagai freelance ataupun bekerja di perusahaan atau pemerintah. Beberapa pengetahuan dan ilmu yang harus dikuasai yaitu HTML, CSS, dan JavaScript.

Baca juga: Investasi Tanah di Jonggol yang Menguntungkan, Inilah Potensinya

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.