Berita Nasional Terpercaya

Pengambilan Token PPDB Disarankan dari Rumah Saja

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA/SMK diawali dengan pengambilan token pada 21 Juni sampai 21 Juni. Karena pelaksanaan PPDB masih dalam suasana pandemi Covid, Disdikpora DIY meminta agar pendaftar atau calon siswa baru senantiasa mengedepankan Prokes. Adapun bentuknya dengan melakukan pengambilan token secara online untuk menghindari adanya kerumunan di sekolah.

“Tahapan seleksi PPDB dimulai dari pengambilan token secara online pada 21 Juni sampai 24 Juni. Mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi, kami minta pendaftar untuk senantiasa mengedepankan Prokes dan menghindari terjadinya kerumunan. Untuk itu alangkah baiknya jika pengambilan token dilakukan secara online. Selain itu di website PPDB juga ada fasilitas layanan konsultasi. Jadi jika ada calon pendaftar yang kesulitan atau ingin bertanya bisa melalui itu,” kata Kepala Disdikpora DIY, Didik Wardaya, Senin (21/6/2021).

Ia mengungkapkan, masyarakat perlu mengetahui bahwa saat proses pengambilan atau pengajuan token yang dimulai pada 21 Juni, calon siswa baru belum memilih sekolah. Karena setelah calon siswa mendapatkan token, mereka baru diberikan kode pin.

Baca juga: Begini Kesiapan DIY Laksanakan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Setelah mendapatkan kode pin baru bisa dipergunakan untuk melakukan aktivasi dengan membuat password. Nantinya password dan Nomer Induk Siswa Nasional (NISN) tersebut akan dipergunakan untuk melakukan pendaftaran. Dalam proses pendaftaran tersebut, calon siswa baru bisa menentukan pilihan sekolah, sesuai keinginan masing-masing.

“Supaya orangtua atau calon siswa baru tidak bingung, kami sarankan untuk selalu memantau perkembangan informasi dalam PPDB,” ujarnya.

Didik menambahkan, karena PPDB menggunakan konsep zonasi, Disdikpora DIY menyarankan agar calon siswa memilih sekolah di masing-masing zonasinya sendiri (zona 1). Cara tersebut dinilai lebih efektif dan menguntungkan daripada memilih sekolah yang berada di zona 2. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.