Berita Nasional Terpercaya

Jurusan Manajemen UNMAHA, 9 Mata Kuliah dan 10 Prospek Kerjanya

0

Bernas.id – Universitas Mahakarya Asia atau biasa disebut UNMAHA merupakan salah satu universitas swasta yang menyediakan program studi manajemen di dalamnya. Kampus yang berlokasi di Yogyakarta, Jakarta, dan Baturaja, Sumatera Selatan ini juga menghasilkan para lulusan yang memiliki prospek kerja yang baik di berbagai program studinya, khususnya di jurusan manajemen dengan mata kuliah terstruktur.

Tak heran, banyak para lulusan UNMAHA ini yang langsung mendapatkan kerja baik itu berwirausaha maupun diterima di salah satu perusahaan. Salah satunya program studi yang memiliki banyak peminat di UNMAHA yaitu manajemen.

Jurusan manajemen ini secara garis besar mempelajari tentang ilmu pengelolaan dalam suatu organisasi atau instansi baik itu kegiatan operasionalnya, keuangan, perilaku organisasi, dan sebagainya. Oleh karena itu, prospek kerja jurusan manajemen selalu terbuka bagi para sarjana.

Lalu, apa saja mata kuliah jurusan manajemen di UNMAHA yang wajib dipelajari? Kemudian, apa saja prospek karir yang bagus serta memiliki peluang yang besar bagi para lulusannya? Berikut ini akan diulas satu per satu terkait mata kuliah dan prospek kerja jurusan manajemen di UNMAHA.

Baca juga: Daftar Mata Kuliah Jurusan Manajemen yang Dipelajari Mahasiswa

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Jurusan manajemen memiliki beragam prospek karir yang tersebar di berbagai sektor, baik di perusahaan, instansi pemerintah, atau bekerja secara individu. Di antaranya yaitu:

1. Pengusaha

Berprofesi sebagai seorang pengusaha tentu bisa menjadi prospek kerja pilihan bagi para lulusan manajemen untuk mendirikan suatu usaha kecil atau besar. Untuk itu, dibutuhkan jiwa-jiwa pekerja keras serta ketekunan yang kuat di dalamnya agar mencapai kesuksesan menjadi seorang pengusaha. Selain itu, kemampuan dalam melakukan manajemen yang tinggi juga sangat diperlukan agar mampu membangun usahanya secara maksimal serta dapat membuka lapangan usaha bagi orang lain juga.

2. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Seorang lulusan program studi manajemen juga dapat berkiprah di lingkungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Prospek kerja keterampilan manajemen ini adalah salah satu perusahaan BUMN tentu salah satu impian bagi semua orang atau bahkan para lulusan universitas UNMAHA sendiri untuk dapat bersaing dan bekerja di dalamnya.

Maka tak heran, banyak masyarakat yang mengincar posisi jabatan manajemen tersebut dengan gaji yang terbilang cukup tinggi. Beberapa keuntungan yang bisa didapat jika bekerja di perusahaan BUMN yaitu gambaran karir sangat jelas, gaji dan tunjangan cukup tinggi, terdapat asuransi, dan sebagainya.

Perusahaan BUMN pun tersebar diberbagai sektor, seperti perbankan, pertambangan, jasa, dan sebagainya. Tentu saja, para lulusan manajemen bisa berpartisipasi dan bergabung di dalamnya. Oleh karena itu, prospek kerja bagi lulusan sarjana manajemen juga terbuka lebar.

Baca juga: Jurusan Manajemen: Pengertian Ilmu Manajemen dan Daftar Universitas

3. Perusahaan Multinasional

Para lulusan manajemen juga dapat berkarir di perusahaan multinasional dengan gaji yang besar. Perusahaan tersebut merupakan industri yang memiliki biaya besar serta sudah memiliki cabang di berbagai negara, salah satunya yaitu Unilever, Toyota, Google, dan sebagainya sehingga menawarkan prospek kerja yang luas.

Selain gaji besar dan prospek kerja menjanjikan yang akan didapatkan di bidang manajemen, para pegawai yang bekerja di sana juga akan memperoleh pengalaman dan lingkungan kerja berbasis internasional. Selain itu, bagi para lulusan manajemen ini juga bisa mencoba untuk berkarir di cabang perusahaan yang ada di luar negeri. 

4. Project Manager

Prospek kerja seorang lulusan manajemen juga bisa berprofesi sebagai project manager. Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa seorang project manager untuk membantu dalam menangani bidang proyek perusahaan agar bisa tetap berjalan dengan baik dan tepat.

Beberapa tugas yang dilakukan oleh profesi di bidang manajemen ini yaitu selalu memastikan agar proyek yang dijalankan sesuai dan tepat waktu, memahami risiko dalam bisnis, memastikan penuh jalannya proyek perusahaan beserta dengan hasil yang diinginkan agar mencapai target yang diharapkan. Inilah salah satu prospek kerja favorit bagi sarjana lulusan manajemen.

Baca juga: Mengenal Akuntansi Manajemen: Pengertian, Penerapan, Fungsi, dan Ruang Lingkupnya

5. Konsultan

Prospek kerja bagi lulusan manajemen juga dapat berprofesi sebagai seorang konsultan. Dalam hal ini, tugas seorang konsultan di perusahaan yaitu memberikan saran terkait peningkatan kinerja bisnis, memberikan solusi atas permasalahan, serta mendukung segala usaha perusahaan agar terus berkembang diberbagai bidang dengan baik.

Selain itu, tugas umum dari seorang konsultan di ranah manajemen yaitu memberikan audit kepada kliennya, memberikan rekomendasi dalam hal melakukan perbaikan, serta melakukan suatu tindakan untuk penerapannya. 

6. Accounting Manager

Profesi accounting manager juga bisa dilakukan oleh para lulusan manajemen dan menjadi prospek kerja favorit. Tugas dari profesi ini yaitu memastikan agar segala permasalahan keuangan di perusahaan dapat teratasi dengan baik.

Di samping itu, tugas khusus dari salah satu prospek kerja favorit di bidang manajemen ini adalah selalu menyiapkan laporan keuangan, memastikan kebutuhan finansial perusahaan, dapat mengelola file akun, serta dapat pula mendokumentasikan segala keperluan pajak perusahaan. Selain membutuhkan keterampilan manajemen, seorang accounting manager membutuhkan bantuan dan kerjasama dari berbagai pihak seperti akuntan, akuntan junior, serta divisi yang terlibat di dalamnya.

Baca juga: Krisis karena Covid-19? Ini 5 Tips Manajemen Keuangan Untuk Mengatasi

7. Human Resource Manager

Profesi Human Resource (HR) Manager ini mungkin hampir mirip dengan profesi bidang Human Resource Development (HRD). Pekerjaan ini sangat dibutuhkan baik di perusahaan kecil ataupun besar sehingga prospek kerja bagi lulusan jurusan manajemen berpotensi terserap.

Bicara profesi HRD , tugas utamanya tidak hanya soal merekrut karyawan dan manajemen SDM, akan tetapi juga mengelola seluruh karyawan agar dapat bekerja sesuai dengan lingkungan kerja dan standar pekerjaan di perusahaan tersebut. Kemudian, profesi seorang HR Manager ini juga bertanggung jawab atas pekerjaan manajemen dalam hal mengawasi kegiatan dan kebijakan Sumber Daya Mnuasia (SDM) yang ada di perusahaan. 

8. Financial Analyst

Para lulusan manajemen juga dapat berkarir di bidang analis keuangan dan menjadi pilihan prospek kerja idaman. Profesi ini sangat dibutuhkan diberbagai perusahaan, pemerintah, ataupun sektor lainnya sehingga menjadi prospek bagi setiap lulusan sarjana manajemen.

Tugas dari seorang analis keuangan yang dibekali keterampilan manajemen ini secara umum yaitu membuat suatu model keuangan yang baik, sehingga dibutuhkan kemampuan analisis dan pengumpulan data yang kuat. Selain itu, kolaborasi dengan bagian akuntan juga diperlukan untuk memastikan terkait keakuratan laporan keuangan perusahaannya bagi manajemen perusahaan.

Baca juga: 9 Prinsip Manajemen Waktu, Penting Bagi Anda yang Memiliki Rundown Kegiatan Tak Terbatas

9. Production Manager

Sesuai dengan namanya yakni production manajer, profesi bagi lulusan manajemen ini bertugas untuk mengelola suatu teknik di dalam proses produksi serta mengawasi pula kegiatan produksi yang berjalan tanpa adanya permasalahan apapun. Sebagai prospek kerja lulusan sarjana manajemen, bidang pekerjaan manajemen ini sangat dibutuhkan diberbagai sektor, seperti makanan, elektronik, dan sebagainya.

Selain itu, menjadi seorang manajer bidang produksi tentunya memiliki tanggung jawab terkait manajemen jadwal produksi, proses produksi, dan tugas lain yang berhubungan dengan alur produksi di suatu perusahaan dengan baik dan efisien.

10. Risk Manager

Profesi risk manager juga menjadi salah satu bidang profesi yang menjadi prospek dikalangan para lulusan manajemen. Bidang pekerjaan ini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan untuk menganalis risiko dan keuangan yang ada di pasar saat ini.

Beberapa tugas yang harus dijalankan yaitu meneliti penyebab kerugian, memberikan rekomendasi dan tindak pencegahan, serta menyusun anggaran agar dapat meminimalisir biaya jika terjadi kerugian. Siap memilih jurusan manajemen dengan prospek kerja sarjana manajemen di perusahaan?

Baca juga: Mau Kuliah Perhotelan? Inilah Mata Kuliah Jurusan Perhotelan di UNMAHA

Mata Kuliah Jurusan Manajemen

Mata Kuliah Jurusan Manajemen

Mata kuliah pada program studi manajemen di Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA) terdiri dari dua macam, yaitu mata kuliah program studi dan mata kuliah unggulan. Beberapa di antaranya yaitu:

Mata Kuliah Program Studi Manajemen UNMAHA

Bisnis dan perbankan menawarkan prospek kerja yang strategis bagi lulusan sarjana manajemen. Atas alasan tersebut, matra kuliah tentang kedua sektor tersebut harus diajarkan bagi mahasiswa jurusan manajemen. Adapun mata kuliah program studi wajib bagi mahasiswa manajemen ini terbagi lagi menjadi dua bagian, yaitu:

1. Manajemen Bisnis

Mata kuliah program studi manajemen yang satu ini lebih fokus kepada manajemen pada suatu bisnis di perusahaan. Dalam hal ini, secara umum mempelajari ilmu-ilmu terkait bisnis dan cara pengelolaannya dengan baik dan tepat. Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari dalam bidang manajemen bisnis ini yaitu manajemen proyek dan aspek hukum dalam bisnis

2. Manajemen Perbankan

Kemudian, jurusan manajemen juga mempelajari bidang manajemen di perbankan. Segala hal terkait pengelolaan perbankan, produk, aset, kewajiban, dan sebagainya akan dipelajari dengan baik. Beberapa mata kuliah yang dipelajari pada manajemen perbankan ini yaitu produk dan jasa bank, hukum komersial dan perbankan, manajemen pemasaran, serta account officer.

Baca juga: Bekerja atau Kuliah? Dapatkan Keduanya Hanya di UNMAHA dalam Program Kelas Online

Mata Kuliah Unggulan di UNMAHA

UNMAHA adalah salah satu universitas dengan mata kuliah unggulan yang sangat aplikatif. Adapun beberapa mata kuliah unggulan bagi mahasiswa manajemen adalah sebagai berikut :

1. Mata Kuliah Entrepreneurship

Mata kuliah manajemen ini mempelajari tentang ilmu kewirausahaan yang dimana para mahasiswa akan dibekali ilmu tentang cara membangun usaha secara mandiri dengan baik. 

2. Mata Kuliah Business Project

Di jurusan manajemen, ilmu tentang proyek bisnis juga diterapkan. Hal tersebut tentu saja berkaitan dengan ilmu manajemen yang mana proyek bisnis tersebut dapat dikelola dengan baik dan sesuai kebutuhan perusahaan.

3. Mata Kuliah Character Building

Ilmu tentang pembangunan karakter itu sangat penting bagi mahasiswa jurusan manajemen. Hal tersebut berhubungan dengan karakter dari masing-masing individu nanti, khususnya dalam menghadapi dunia kerja. Tentu saja, karakter yang baik sangat dibutuhkan agar sesuai dengan permintaan perusahaan.

Baca juga: Beasiswa Kuliah di Jogja 2021, Cek dan Siapkan Persyaratannya

4. Mata Kuliah Strategic Leadership

Selain karakter, jiwa kepemimpian juga sangat dibutuhkan bagi mahasiswa jurusan manajemen. Mata kuliah manajemen yang satu ini mempelajari hal-hal terkait strategi menamankan jiwa kepemimpinan yang baik agar nantinya dapat berguna bagi perusahaan dan lingkungan kerjanya kelak.

5. Mata Kuliah Community Empowerment

Kemampuan dalam berkomunitas atau sosialisasi juga sangat diperlukan. Manusia dalam hidup tidak bisa hidup seorang diri atau individu. Maka dari itu, mata kuliah community empowerment ini juga diterapkan pada jurusan manajemen. Hal tersebut akan sangat berguna bagi para lulusan manajemen agar dapat menjalin kerjasama yang baik dengan perusahaan.

6. Mata Kuliah Business Startup

Memiliki ilmu kewirausahaan dan manajemen saja tidak cukup, ilmu tentang business startup juga perlu dipelajari dengan baik. Di era digital 4.0 ini, masyarakat harus bersaing dalam hal mencari pekerjaan dan mengembangkan karir usaha yang sudah dirintisnya. Maka dari itu, mempelajari ilmu Bisnis Startup akan sangat membantu para mahasiswa di jurusan manajemen ini dalam bersaing membangun bisnis baru, khususnya bisnis di bidang manajemen.

7. Mata Kuliah Digital Marketing

Pendidikan digital marketing juga sedang marak dilakukan oleh beberapa instansi, tak terkecuali Universitas Mahakarya Asia. Untuk menghasilkan para lulusan yang mumpuni dibidangnya, mata kuliah digital marketing juga diterapkan pada jurusan manajemen ini.

Tentu saja, proses pemasaran atau marketing terkait usaha juga sangat penting untuk dipelajari dengan baik. Hal tersebut berkaitan erat dengan manajemen strategi dan langkah yang tepat dalam hal digital marketing agar pesan dan maksud tersampaikan dengan baik dan tepat. 

Baca juga: 38 Profesi yang Bisa Diraih, Jika Berkuliah di Universitas Mahakarya Asia

Kesimpulan

Itulah beberapa prospek kerja dan mata kuliah pada jurusan manajemen di UNMAHA. Beberapa prospek karir manajemen tersebut memiliki tugas dan fungsi masing-masing yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan diberbagai sektor. Selain itu, mata kuliah jurusan manajemen tersebut terdiri dari mata kuliah program studi dan mata kuliah pilihan yang harus diikuti dengan baik selama masa perkuliahan jurusan manajemen di UNMAHA.

Baca juga: 11 Jurusan Di Universitas Mahakarya Asia dan Peluang Karirnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.