Berita Nasional Terpercaya

Mau Kuliah Arsitektur? Inilah Mata Kuliah Jurusan Arsitektur di UNMAHA

0

Bernas.id – Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA) merupakan salah satu kampus swasta yang berada di Yogyakarta, Jakarta, dan Baturaja, Sumatera Selatan serta menyediakan program studi arsitektur di level sarjana dengan mata kuliah arsitektur unggulan dan terbaik. Tak hanya itu, prospek kerja yang akan didapatkan oleh para lulusan arsitektur ini terbilang sangat bagus dan diminati oleh banyak perusahaan.

Secara garis besar, jurusan kuliah bidang arsitektur di UNMAHA ini mempelajari tentang perancangan desain bangunan atau ruangan dengan nuansa nilai seni dan estetika yang indah. Perpaduan antara keindahan dan konstruksi bangunan yang solid akan diajarkan oleh dosen berpengalaman di jurusan arsitektur Universitas Mahakarya Asia.

Lalu, apa saja sebenarnya mata kuliah di jurusan arsitektur yang akan dipelajari selama perkuliahan di Universitas Mahakarya Asia ini? Berikut akan dijelaskan secara lebih rinci dan detail.

Baca juga: Jurusan Arsitektur: Mata Kuliah, Prospek Kerja, dan Universitasnya

Mata Kuliah Jurusan Arsitektur Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA)

Mata Kuliah Jurusan Arsitektur Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA)

Selain mata kuliah umum, program studi arsitektur juga memiliki mata kuliah tersendiri yang harus ditempuh oleh para mahasiswanya selama masa perkuliahan, yaitu:

1. Arsitektur Nusantara

Mata kuliah ini khusus mempelajari tentang ilmu pengetahuan yang berdasarkan pada filsafat, ilmu, dan juga pengetahuan arsitektur. Ilmu arsitektur yang dimaksud adalah karakteristik dan seni bangunan di Indonesia yang memiliki ciri khas tersendiri, seperti rumah adat dan sejenisnya. Mata kuliah ini tentu sangat menarik untuk dipelajari dan dikaji kembali dengan baik, khususnya mempelajari tentang ciri khas arsitektur di Indonesia.

Baca juga: Berapa Biaya Kuliah Arsitektur di Indonesia? Ini Daftar Biayanya

2. Housing Studies

Jurusan arsitektur juga menyediakan mata kuliah housing studies atau biasa disebut studi perumahan. Bidang ini biasanya merupakan forum internasional untuk debat akademik terkait ruang lingkup perumahan. Mata kuliah ini juga meng-eksplor suatu bidang akademik dan kebijakan tentang seluruh area, termasuk juga dalam bidang ekonomi dan sosial.

Baca juga: Inilah 6 Prospek Kerja Arsitektur yang Harus Diketahui Calon Arsitek

3. Participatory dan Co-Design

Mata kuliah participatory dan co-design ini memiliki ciri khas dan perbedaan tersendiri satu sama lain walaupun di dalam perkuliahan dijadikan satu kesatuan. Participatory design ini merupakan ilmu yang lebih mengarah hanya untuk memberikan suatu masukan terhadap desain. Akan tetapi, pada akhirnya akan menjadi pengambil keputusan sekaligus pemegang kekuasaan terkait desain tersebut. 

Lain halnya dengan co-design, mata kuliah ini secara umum mengajarkan tentang kesamaan dalam hal pengambilan keputusan. Hal itu bertujuan agar memperoleh hasil dan tujuan terkait proyek yang sama ke depannya.

Berkaitan dengan pentingnya mata kuliah yang satu ini, dapat disimpulkan bahwa co-design merupakan pendekatan desain yang melibatkan seluruh peserta untuk aktif bersama-sama untuk mencapi hasil desain yang sesuai dengan kebutuhan bersama.

Baca juga: Inilah 9 Cara Menjadi Arsitek Profesional yang Handal dan Sukses

4. Pengantar Manajemen Proyek Industri

Sesuai dengan namanya, mata kuliah ini secara garis besar akan memberikan ilmu tentang manajemen dalam suatu proyek industri. Tentu saja, hal-hal dasar terkait manajemen proyek industri harus dikuasai dengan baik. Selain itu, para mahasiswanya juga akan diberitahu tentang kesuksesan suatu proyek yng layak dijalankan.

Baca juga: Inilah Gaji Arsitek di Indonesia, Gaji Tinggi Hingga Rp50 juta!

5. Planning Landscape

Materi perkuliahan lain yang menjadi pilihan program studi arsitektur yaitu perencanan lanskap. Mata kuliah tersebut mempelajari tentang cara-cara yang sistematik dalam hal menghasilkan penataan lanskap yang ideal dan tepat sesuai dengan kebutuhan di masa depan.

Selain itu, adanya perencanan lanskap pada bangunan juga memiliki tujuan untuk menciptakan keadaan yang sangat beragam dan memilki fungsi yang baik. Selain itu, bertujuan pula untuk menciptakan keberlanjutan ekosistem di wilayahnya.

Baca juga: Kuliah Jurusan Arsitektur? Ini Universitas dan Prospek Kerjanya!

Mata Kuliah Arsitektur Unggulan di UNMAHA

Mata Kuliah Arsitektur Unggulan di UNMAHA

Selain mata kuliah pilihan pada program studi, Universitas Mahakarya Asia juga menyediakan mata kuliah unggulan di jurusan arsitektur. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Entrepreneurship

Mata kuliah ini mempelajari tentang kewirausahaan bagi para mahasiswanya. Walaupun tidak ada hubungannya dengan jurusan arsitektur, mata kuliah ini menjadi unggulan dan favorit di kampus tersebut. Maka tak heran, jika para mahasiswanya banyak yang memiliki jiwa kewirausahaan pada saat lulus.

Baca juga: Inilah 7 Kampus Jurusan Arsitektur di Jogja 2021, Prioritas No.7!

2. Business Project

Ilmu mengenai proyek bisnis juga dijalankan pada jurusan arsitektur. Hal ini akan sangat membantu mahasiswa dalam hal mengatur suatu proyek bisnis, terlebih lagi tentang proyek arsitektur. Maka dari itu, mata kuliah ini menjadi salah satu unggulan di jurusan arsitek ini.

Baca juga: Mau Menyusun CV Arsitektur? 6 Hal Ini Harus Diperhatikan Arsitek

3. Character Building

Mata kuliah pembangunan karakter juga perlu diasah sedini mungkin. Di bangku perkuliahan, pembelajaran mata kuliah ini akan sangat membantu mahasiswa dalam hal membentuk karakternya dengan baik. Sehingga saat masuk di dunia pekerjaan nanti, para lulusan arsitektur Universits Mahakarya Asia akan memiliki karakter yang baik di dalamnya.

Baca juga: Inilah 10 Perusahaan Arsitektur Terbaik di Indonesia. Siap Join?

4. Strategic Leadership

Jiwa kepemimpinan juga terkadang dibutuhkan oleh beberapa perusahaan yang ingin mencari calon kandidatnya. Memang, beberapa organisasi intra ataupun ekstra kampus juga sudah menerapkan ilmu tersebut.

Karena begitu pentingnya ilmu kepemimpinan, perkuliahan arsitektur Universitas Mahakarya Asia harus dipelajari oleh mahasiswa teknik arsitektur secara lebih detail dengan strategi tertentu. Hal itu tentunya akan sangat berguna bagi para mahasiswa di masa depan.

Baca juga: 4 Karakteristik Arsitektur Tropis Modern, Indonesia Banget!

5. Community Empowerment

Kemampuan dalam berkomunitas atau sosialisasi juga sangat diperlukan. Manusia dalam hidup tidak bisa hidup seorang diri atau individu. Maka dari itu, mata kuliah community empowerment ini juga diterapkan pada jurusan arsitektur. Hal tersebut akan sangat berguna bagi para lulusan arsitektur untuk menjalin kerjasama yang baik dengan perusahaan atau kliennya kelak.

Baca juga: Atap Rumah Melayu, Warisan Arsitektur dan Budaya Bernilai Tinggi

6. Business Startup

Memiliki ilmu kewirausahaan saja tidak cukup, ilmu tentang business startup juga perlu dipelajari dengan baik. Di era digital 4.0 ini, masyarakat harus bersaing dalam hal mencari pekerjaan dan mengembangkan karir usaha yang sudah dirintisnya. Maka dari itu, mempelajari ilmu Bisnis Startup akan sangat membantu para mahasiswa di jurusan arsitektur ini dalam bersaing membangun bisnis baru, khususnya bisnis di bidang arsitektur.

Baca juga: 10 Arsitek Terbaik Indonesia yang Mendunia

7. Digital Marketing

Pendidikan digital marketing juga sedang marak dilakukan oleh beberapa instansi, tak terkecuali Universitas Mahakarya Asia. Untuk menghasilkan para lulusan yang mumpuni dibidangnya, mata kuliah digital marketing juga perlu diterapkan pada jurusan arsitektur ini.

Tentu saja, proses pemasaran atau marketing terkait usaha juga sangat penting untuk dipelajari dengan baik. Hal tersebut berkaitan erat dengan strategi dan langkah yang tepat dalam hal digital marketing agar pesan dan maksud tersampaikan dengan baik dan tepat.

Baca juga: 38 Profesi yang Bisa Diraih, Jika Berkuliah di Universitas Mahakarya Asia

Kesimpulan

Itulah beberapa mata kuliah yang ada di program studi arsitektur pada Universitas Mahakarya Asia. Beberapa di antaranya terdiri dari mata kuliah pilihan program studi dan mata kuliah unggulan yang ada pada jurusan arsitektur tersebut. Keduanya harus ditempuh dan dipelajari dengan baik agar para mahasiswanya menjadi lulusan yang tidak hanya unggul di bidang akademik secara teori, akan tetapi mampu bersaing secara praktik di industri pekerjaan dengan baik.

Baca juga: 11 Jurusan Di Universitas Mahakarya Asia dan Peluang Karirnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.