Berita Nasional Terpercaya

Jurusan Perhotelan dan Pariwisata: Mata Kuliah dan Prospek Kerja

0

Bernasi.id – Bagi anda yang berminat untuk mengambil jurusan perhotelan, maka anda bisa memilih UNMAHA (Universitas Mahakarya Asia) yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kuliah jurusan Diploma Perhotelan di UNMAHA mengimplementasikan serta mengembangkan ketrampilan, pengetahuan, serta belajar ilmu perhotelan yang tentunya fokus terhadap perencanaan, produksi, serta pengawasan pengelolaan perhotelan.

Dalam hal sekolah perhotelan, para peserta didik diberikan keahlian manajerial operasional hotel serta kemampuan dalam berbahasa asing. Dengan demikian setelah lulus belajar dari jurusan perhotelan Universitas Mahakarya Asia maka para mahasiswa perhotelan akan langsung terjun langsung dalam dunia kerja.

Sebelum membahas terkait prospek kerja, alangkah baiknya anda mengetahui mata kuliah apa saja yang akan dipelajari apa itu Jurusan Perhotelan di Universitas Mahakarya Asia. Mari simak uraian di bawah ini!

Baca juga: 10 Universitas Jurusan Perhotelan Terbaik dan Unggul di Indonesia

Mata Kuliah Jurusan Perhotelan di Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA)

Mata Kuliah Jurusan Perhotelan di Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA)

Berbicara tentang kompetensi sekolah perhotelan, UNMAHA senantiasa menghadirkan prodi jurusan perhotelan dengan metode pengajaran yang handal. Lantas, kuliah di jurusan perhotelan belajar apa saja? Dibawah ini adalah mata kuliah jurusan Perhotelan di Universitas Mahakarya Asia :

1. Pengantar Pariwisata dan Perhotelan

Dalam mata kuliah pengantar pariwisata dan perhotelan di Universitas Mahakarya Asia, sebagai mahasiswa jurusan perhotelan, anda akan belajar mengenai sejarah pariwisata, sifat serta ciri pariwisata, perundang-undangan pariwisata, usaha jasa pariwisata, organisasi pariwisata, jenis-jenis kepariwisataan, prasarana serta sarjana kepariwisataan, etika di perhotelan, sapta pesona serta dampak pariwisata terhadap industri kreatif.

2. Front Office Department

Dalam mata kuliah untuk jurusan perhotelan ini anda akan belajar semua pengetahuan terkait operasional kantor depan perhotelan. Dalam materi kuliah jurusan perhotelan Universitas Mahakarya Asia ini, anda akan belajar bagaimana cara untuk melakukan manajemen pelayananan tamu yaitu diantaranya mulai dari pemesanan kamar, lalu menginap hingga keluar (check out) meninggalkan hotel.

Baca juga: Mau Kuliah Perhotelan? Inilah Mata Kuliah Jurusan Perhotelan di UNMAHA

3. Front Office

Dalam mata kuliah bagi mahasiswa jurusan perhotelan Universitas Mahakarya Asia ini mengajarkan bagaimana agar mampu memberikan pengalaman yang berkesan pada calon tamu saat pertama kali berada di hotel. Sehingga anda akan belajar mengenai segala sesuatu tentang hotel dan mampu untuk memberikan pelayanan maksimal terhadap tamu sehingga tamu merasa nyaman dengan menerapkan ilmu tentang hotel di jurusan perhotelan.

4. Psikologi Pelayanan

Mata kuliah ilmu tentang psikologi pelayanan adalah mata kuliah yang wajib bagi mahasiswa jurusan perhotelan. Industri perhotelan yang mementingkan pelayanan kepada tamu, pelanggan, klien, nasabah dan para petugas/karyawan ini sangat membutuhkan sentuhan psikologi pelayanan perhotelan. Dalam mata kuliah jurusan perhotelan ini anda akan belajar mengenai proses interaksi dalam industri pelayanan yang sangat efektif yang bisa untuk diterapkan/diimplementasikan.

Baca juga: 3 Profesi Bergengsi Setelah Lulus Kuliah Perhotelan

5. Food and Beverage Department

Mata kuliah dari jurusan perhotelan di Universitas Mahakarya Asia ini lebih menjelaskan terkait tanggung jawab serta kepengurusan terhadap kebutuhan makanan serta minuman tamu hotel dan kebutuhan yang lainnya. Anda akan mengetahui proses mengelola. Food and Beverage departement wajib dilakukan secara profesional serta komersil.

6. Food and Beverage Service

Dengan adanya mata kuliah jurusan perhotelan di Universitas Mahakarya Asia ini, anda akan lebih banyak mengetahui tugas tim yang mengurus makanan serta minuman yang khusus untuk disediakan untuk para tamu. Penerapan pelayanan food and beverage dapat diimplementasikan di kamar hotel, restoran, bar serta luar hotel ataupun catering.

Baca juga: Punya Keahlian di Bidang Komunikasi? Tidak Ada Salahnya Kuliah di Jurusan Perhotelan, Bahkan Prospeknya Menggiurkan

7. Banquet and Room Service

Mata kuliah di jurusan perhotelan UNMAHA yang satu ini akan mengajarkan setiap mahasiswa dalam melakukan prosedur pelayanan ruangan mulai dari merespon tamu yang booking makanan, menulis suatu pesanan, penataan peralatan di sebuah kamar, melakukan penyajian kepada para tamu, sampai mempelajari sikap yang baik yang wajib untuk diimplementasikan saat melakukan pelayanan tamu hotel.

8. Food Product

Dalam mata kuliah jurusan perhotelan ini lebih terkenal dengan sebutan koki ataupun juru masak hotel yang mempunyai tugas untuk menyediakan menu masakan yang sesuai yang ditawarkan oleh hotel. Sehingga para koki ini adalah tim dibalik layar yang bertugas menyediakan masakan yang  berkualitas untuk disajikan kepada para tamu hotel yang telah memesan.

Baca juga: Raih Prospek Karir Bidang Perhotelan yang Super Keren dengan Bergabung Bersama Prodi Perhotelan UNMAHA

9. Pastry dan Bakery

Menu dalam hotel tentunya tidak bisa jauh-jauh dari kue yang biasanya kue ini dihidangkan saat breakfast untuk para tamu yang menginap. Tidak hanya itu, mata kuliah untuk jurusan perhotelan Universita Mahakarya Asia ini juga bisa untuk memberikan wawasan terkait proses pembuatan kue, roti dan berbagai jenis makanan yang lain untuk disajikan. Inilah manfaat keahlian ketika belajar di jurusan perhotelan UNMAHA.

10. Bar

Dalam mata kuliah untuk jurusan perhotelan ini, anda akan belajar lifestyle dari Barat yang terkait penyajian minuman yang beralkolhol misalnya wine, beer, liquer atau coktails guna diminum di tempat oleh para tamu. Sehingga anda akan mengetahui cara untuk mengelola bar, cara untuk menyajikan serta cara untuk berkomunikasi secara efektif dengan tamu-tamu di hotel.

Baca juga: D3 Perhotelan UNMAHA Gandeng The 101 Yogyakarta Tugu Hotel untuk Kerjasama di Bidang Pendidikan

11. Barista

Dalam mata kuliah jurusan perhotelan ini, setiap mahasiswa akan belajar terkait wawasan barista yang terdapat dalam hotel. Tampilan kopi yang menarik secara visual akan anda pelajari, hal ini guna dapat menarik serta mempesona tamu hotel yang akan menikmati secangkir kopi.

12. Stewarding

Mata kuliah stewarding bagi mahasiswa jurusan perhotelan ini adalah suatu kegiatan yang mencakup washing, cleaning, polishing, purchase (pembelian serta pendistribusian), preparation (clear up and set up), storing and inventoring, store requestion, and maintennace seluruh peralatan yang terdapat dalam hotel.

Baca juga: 10 Alasan Jurusan Perhotelan Adalah Pilihan Terbaik untuk Pengembangan Diri Kalian

13. Hygiene dan Sanitasi

Dalam mata kuliah ini setiap mahasiswa jurusan perhotelan akan belajar bagaimana untuk menjaga kebersihan diri serta lingkungan hotel secara teratur. Hal ini dilakukan untuk menciptakan rasa nyaman serta kepuasan bagi para tamu-tamu hotel yang telah berkunjung atau menginap. Di samping itu, anda akan mengetahui serta memahami proses kerja perhotelan yang tepat dalam mengimplementasikan kebersihan diri serta lingkungan hotel.

14. Housekeeping Department

Tugas dari Housekeeping Department yaitu menyediakan kamar yang siap pakai untuk para tamu hotel. Mata kuliah khusus bagi mahasiswa jurusan perhotelan ini juga akan diajarkan di Universitas Mahakarya Asia. Sehingga tugas dari Housekeeping Department sangat berpengaruh atas kegiatan perhotelan yang dikarenakan proses harus bisa berjalan cepat dengan demikian, siap untuk dipakai atau ditempati tamu hotel.

Baca juga: Lulus Kuliah Perhotelan Kerja Dimana? Ini Jawabannya

15. Housekeeping

Housekeeping mempunyai peran atau penataan peralatan, menjaga sebuah kenyamanan serta kebersihan, memperbaiki kerusakan, serta pelayanan dekorasi ruang hotel, dengan demikian ruang hotel terlihat bersih, rapi, serta menarik sehingga menciptakan suasana yang nyaman serta menyenangkan bagi para tamu hotel. Mata kuliah jurusan perhotelan ini juga dapat anda pelajari di Universitas Mahakarya Asia.

16. Binatu

Binatu atau laundry berfungsi untuk mencuci serta membesihkan peralatan kamar hotel yaitu diantaranya selimut, handuk dan yang lain sebagainya. Dalam indutri perhotelan, pekerjaan karyawan hotel ini menjadi prioritas untuk menjaga kebersihan fasilitas hotel. Oleh karena itu, mahasiswa jurusan perhotelan UNMAHA juga akan belajar ilmu perhotelan ini.

Baca juga: 4 Bidang Pekerjaan Bergengsi Setelah Lulus Kuliah Perhotelan

17. Sport and Recreation Department

Mungkin bagi anda yang pernah menginap di hotel berbintang tentunya akan menawarkan beberapa fasilitas olahraga seperti gym atau ruang senam yang digunakan untuk kebugaran tubuh. Sport and Recreation Departement ini adalah bagian industri perhotelan yang penting dikarenakan sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan para tamu dalam sisi kesehatan. Nah hal ini tentunya kan diajarkan para mahasiswa dengan jurusan perhotelan di Universitas Mahakarya Asia.

18. SPA serta Hiburan

Kesehatan berhubungan dengan kondisi kulit dan psikologi. Sehingga banyak hotel berbintang yang terus berusaha memenuhi kebutuhan yang spesifik yaitu untuk kecantikan kulit di antaranya spa dan karaoke atau sama halnya dengan music corner untuk meramaikan pelayanan industri perhotelan. Nah sebagai calon yang profesional dalam bidang perhotelan, anda pastinya akan memperoleh mata kuliah ini.

Baca juga: Peluang Emas Bekerja di Industri Perhotelan

19. Enginering and Maintenance Dept

Dalam mata kuliah di bidang ilmu perhotelan ini, anda akan belajar terkait peran Enginering and Maintenance Dept yang memiliki tanggung jawab untuk memelihara, memperbaiki, mengawasi, mengontrol biaya serta banyaknya penggunaan energi baik dari air, listrik, gas, hingga bahan bakar secara efisien. Dalam melakukan tugasnya, tim ini harus menjaga keselataman, kenyamanan serta keindahan secara terus menerus di lingkungan hotel.

20. Hotel Engineering and Maintenance

Bagi mahasiswa dengan jurusan perhotelan, anda wajib tahu mengenai bagimana pemeliharaan properti serta sistem engineering dalam hotel. Hal ini mempunyai tujuan yaitu guna tiap- tiap karyawan hotel ikut andil dalam menjaga serta merawat properti, hal ini diharapkan supaya seluruh karyawan mempunyai budaya yang lebih mementingkan efisiensi.

Baca juga: IHGMA Gelar Uji Kompetensi Perhotelan untuk Kesekian Kalinya

21. Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Di  dalam lingkungan hotel keselamatan serta kesehatan wajib menjadi proiritas. Seperti yang kita ketahui seringkali pasti ada kebakaran atau penularan virus.

Berkiatan dengan hal tersebut, penyampian materi kuliah jurusan perhotelan ini berguna untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan maka sangat diperlukan prosedur kerja yang meliputi kesehatan serta keselamatan, sehingga mampu memberikan pelayananan yang maksimal untuk para tamu tanpa mengesampingkan keamanan setiap karyawan.

Tentunya bagi mahasiswa yang berminat dengan jurusan perhotelan maka anda wajib untuk mempelajari serta menguasai mata kuliah satu ini. Ini adalah mata kuliah penting bagi mahasiswa perhotelan.

22. Accounting Departement

Di jurusan perhotelan, ilmu akuntansi dipelajari hanya sekilas saja. Akan tetapi di UNMAHA Accounting Department wajib untuk dikuasai. Seluruh transaksi wajib untuk dicatat serta dibuat laporan keuangan secara berkala guna memantau kinerja hotel.

Baca juga: Ustadz Yusuf Mansur Berikan Motivasi untuk Wisudawan UNMAHA

23. Akuntansi Perhotelan

Saat anda menjadi mahasiswa di Universitas Mahakarya Asia, mata kuliah ini dapat kamu kuasai. Akuntansi ini mempunyai peran dalam industri perhotelan yaitu untuk mencatat semua transaksi serta menyajikan nya ke bentuk laporan keuangan baik secara harian, bulanan, atau tahunan.

24. Marketing Department

Marketing Department sangat dibutuhkan guna dapat menjangkau banyak tamu yang berkunjung serta menginap di hotel dan tempat wisata lainnya. Devisi ini mempunyai tugas untuk menemukan serta menerapkan atau mengimplementasikan terkait strategi pemasaran dan penjualan yang tepat supaya bisa meningkatkan jumlah tamu, dengan hal tersebut maka pendapatan hotel semakin banyak atau bertambah.

25. Marketing Perhotelan

Tugas utama marketing perhotelan yaitu mengembangkan hubungan dengan pihak-pihak yang terkait untuk membantu memasarkan jasa layanan hotel dan pariwisata.

Baca juga: Jurusan Teknik Informatika UNMAHA: Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

26. Hotel Revenue Management

Mata kuliah revenue management adalah cabang dari product development dalam industri perhotelan. Untuk menerapkannya maka anda wajib untuk membuat analisa kompetitor serta beberapa analisa pasar pengguna jasa hotel secara menyeluruh. Hal ini bertujuan agar bisa bertemu antara permintaan para tamu hotel dengan harga serta layanan tang disediakan. Dengan demikian, hotel akan mendapat kunjungan tamu secara berkelanjutan.

27. Profesional English for Hotel

Apakah jurusan perhotelan harus bisa bahasa Inggris? Seperti yang kita ketahui bahwa kadangkala tamu di hotel dan tempat layanan pariwisata bisa saja seorang bule atau warga negara asing yang menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian apabila hotel dan pariwisata menjangkau tamu sampai mancanegara wajib untuk menyediakan seseorang yang mahir serta profesional dalam berbahasa Inggris guna untuk mengakomodasi kebutuhan komunikasi. Tentunya anda akan mempelajari mata kuliah ini di jurusan perhotelan.

28. Bahasa Perancis Perhotelan

Jurusan perhotelan tidak hanya belajar Bahasa Inggris saja, akan tetapi juga mempelajari Bahasa Perancis yang bermanfaat di industri pariwisata. Bahasa perancis ini bisa anda pelajari di UNMAHA dengan jurusan perhotelan. Mata kuliah ini berorientasi Eropa yang mempunyai industri perhotelan dengan perkembangan pesat. Sehingga sangat diharapkan lulusan mahasiswa perhotelan mempunyai ketrampilan agar bisa bersaing.

Baca juga: Mau Kuliah Arsitektur? Inilah Mata Kuliah Jurusan Arsitektur di UNMAHA

29. Aplikasi Komputer

Industri hotel dan pariwisata tentunya mempunyai sistem yang saling berhubungan serta terintegrasi sehingga mampu untuk diakses dengan cepat dan mudah. Sehingga mata kuliah ini wajib anda pelajari dan kuasai. Hal ini dikarenakan suatu saat nanti anda akan membutuhkannya saat anda berkarir di industri perhotelan.

30. Etika Pariwisata dan Bisnis

Mengenai etika pariwisata serta bisnis, maka tentunya berkaitan dengan bagaimana sikap baik dari seorang yang profesional guna menghormati profesinya serta hubungan dengan orang lain. Etika pariwisata dan bisnis ini harus menjadi pedoman yang wajib untuk diajarkan di bangku perkuliahan pada jurusan perhotelan dimanapun, termasuk juga di UNMAHA. Sehingga nilai- nilai etika yang diajarkan dapat di implementasikan secara langsung saat menjadi profesional perhotelan.

Baca juga: 11 Jurusan Di Universitas Mahakarya Asia dan Peluang Karirnya

Prospek Kerja Jurusan Perhotelan dan Pariwisata

Prospek Kerja Jurusan Perhotelan dan Pariwisata

Bagi anda yang berkeinginan untuk berkarir di bidang perhotelan mungkin bertanya-tanya jurusan perhotelan kerjanya apa. Jangan khwatir, ada banyak peluang buat anda setelah lulus dari jurusan perhotelan. Lulusan Universitas Mahakarya Asia memiliki prospek kerja favorit di berbagai perusahaan perhotelan.

Berbagai profesi di perusahaan dan industri perhotelan berpotensi menjadi prospek kerja yang menjanjikan bagi alumni Univeritas Mahakarya Asia. Di bawah ini adalah prospek kerja lulusan jurusan perhotelan :

1. Hotel Manager

Seseorang yang sudah menjadi hotel manager tentunya akan mempunyai tanggung jawab yang besar dalam pekerjaan manajemen perhotelan. Tugas seorang manager hotel yaitu bertanggung jawab dalam hal mengatur semua aspek operasional, pemasaran, dan sales hotel serta pariwisata.

Pekerjaan menjadi seorang hotel manager memerlukan ilmu dasar terkait bisnis, manajemen, serta keuangan supaya bisa mengelola hotel dan indsustri pariwisata dengan baik. Namun, anda harus lulus sekolah atau kuliah perhotelan di Universitas Mahakarya Asia.

Baca juga: 38 Profesi yang Bisa Diraih, Jika Berkuliah di Universitas Mahakarya Asia

2. Restaurant Manager

Seperti yang kita ketahui, banyak hotel dan pariwisata yang tentunya memiliki restoran. Sehingga setiap industri hotel dan pariwisata sangat membutuhkan seorang manajer restoran.

Seseorang yang berprofesi menjadi manajer restoran mempunyai tugas untuk mengawasi jalannya operasional dalam sehari- hari, selain itu juga mempunyai wewenang guna memecat serta merekrut karyawan, menentukan serta mengembangkan menu, menghadapi tamu secara langsung sampai mengawasi kebutuhan di dapur.

Akan tetapi, tak jarang apabila manajer restoran juga wajib untuk bisa mengorganisir event yang akan diselenggarakan di restoran tempatnya dia bekerja.

3. Event/ Wedding Sales Manager/ Banquet

Industri pariwisata dan hotel tentunya tidak pernah lepas dari berbagai acara atau kegiatan, diantaranya meeting sampai resepsi pernikahan.

Peluang kerja ini cocok untuk yang gemar dalam event management. Dalam hal ini tentunya anda bisa bekerja sebagai event coordinator/ manager, wedding coordinator/planer/sales manager, atau banquet sales manager.Tugas utama dalam pekerjaan ini yaitu merencanakan serta memastikan acara yang dilakukan berjalan dengan lancar.

Sehingga sangat dibutuhkan koordinasi dan manajemen yang baik guna dapat  mengawasi pihak- pihak yang terlibat, diantaranya : food & beverage, kitchen, waiter & waitress, pengisi acara, mengatur tamu serta vedor- vendor yang lainnya.

Dan untuk wedding coordinator/palnner lebih membutuhkan kemampuan komunikasi serta persuasi yang baik guna mampu menjadi jembatan antara calon pengantin dan pihak hotel, dan untuk memasarkan hotel tempat dia bekerja kepada klien.

Baca juga: MAU KULIAH YANG PASTI BISA KERJA? PELAJARI SKILL KARIR PALING DICARI 5 TAHUN MENDATANG

4. Food & Beverage Manager

Bagi anda yang mempunyai beberapa impian di bidang masak, maka di bidang perhotelan tentunya cocok untuk anda. Hal ini karena hotel dan pariwisata memerlukan keahlian manajemen food & beverages manager guna mengatur seluruh operasional dapur serta untuk menetapkan standar kualitas makanan yang disajikan ke para tamu.

Dalam hal ini ada keseruan yang bisa dirasakan yaitu kesempatan untuk mengembangkan pilihan menu. Tidak hanya di hotel dan layanan pariwisata, food & beverages manager juga bisa dibutuhkan di kapal pesiar maupun restoran.

5. Room Sales Manager

Hotel mempunyai fasilitas utama yaitu kamar. Dan di area sinilah pekerjaan seorang room sales manager. Kita sering mendengar tentang jabatan sales akan tetapi pada kenyataannya lingkup pekerjan jauh berbeda dari sales-sales lainnya.

Posisi sales mewajibkanmu untuk menarik para tamu hotel atau tamu pariwisata dengan memaksimalkan fasilitas kamar, melaksanakan pelatihan manajemen serta pengembangan karyawan, hingga menganalisa kebutuhan serta sifat tamu guna mampu menawarkan layanan terbaik bagi tamu.

Baca juga: Siap Menjadi Mahasiswa di Universitas Mahakarya Asia? Gabung Sekarang!

Demikianlah uraian tentang mata kuliah prodi perhotelan beserta prospek kerjanya. Bagi anda yang berkeinginan untuk berkarir di bidang perhotelan bisa untuk memilih Univesitas Mahakarya Asia sebagai sekolah dalam beproses meraih kesuksesan anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.