Berita Nasional Terpercaya

5 Beasiswa Korea Selatan yang Bisa Kalian Coba, Cocok untuk Penggemar K-Pop

0

BERNAS.ID – Kamu seorang fandom K-Pop yang ingin melanjutkan studi di Korea Selatan? Ada banyak loh kesempatan beasiswa yang bisa kamu ambil.

Korea Selatan tak hanya punya tatanan kota yang indah. Kualitas pendidikan di Negeri Gingseng tersebut juga tak kalah dengan benua Amerika. Korea Selatan merupakan negara yang unik. Mereka bisa memadukan budaya lokal dan modern dengan sangat harmonis.

Karena itu, banyak orang yang terkesima dengan negara tersebut. Perguruan tinggi di Korea Selatan pun juga punya kualitas kaliber dunia dan terkenal dengan prospek kerja yang cerah setelah lulus.

Korea Selatan memiliki 370 penyedia pendidikan tinggi resmi. Empat dari perguruan tinggi di Korea Selatan juga menempati posisi 20 teratas sebagai kampus terbaik di Asia versi QS Asia University Rankings 2021. 

Sebanyak 29 perwakilan kampus di Korea Selatan juga tercatat dalam universitas terbaik dunia versi QS World University Rankings 2021.

Bagi kalian yang tertarik untuk berkuliah di Korea Selatan, berikut berbagai program beasiswa yang bisa kalian coba:

Global Korea Scholarship (GKS) ⁣⁣⁣⁣

Beasiswa ini memberikan kesempatan kepada pelajar internasional untuk melanjutkan studi di lembaga pendidikan tinggi yang ada di Korea Selatan. 

Beasiswa ini juga bertujuan untuk meningkatkan pertukaran pendidikan internasional sekaligus mempererat hubungan persahabatan antar negara.

Ada tiga program yang ditawarkan melalui beasiswa ini, yaitu program sarjana, pascasarjana, dan penelitian. Program sarjana diperuntukan untuk semua jurusan yang membutuhkan waktu studi empat tahun. Dengan begitu, jurusan yang membutuhkan waktu studi lebih dari empat tahun, seperti kedokteran dan arsitek.

Sementara itu, program pascasarjana diberikan kepada pelajar yang diterima di sekolah pascasarjana. Pada program ini, pelajar yang lolo seleksi bisa mendapatkan bantuan dana pendidikan sebesar US$10.000 per tahun. 

Sedangkan program penelitian diperuntukan bagi penelitian dosen pertukaran dan pasca doktoral di lembaga penelitian atau universitas yang ada di Korea Selatan.

Setiap tahunnya, program beasiswa ini memberikan dana bantuan pendidikan kepada 220 orang mahasiswa program sarjana dan 1.080 mahasiswa program pascasarjana. Namun, jumlah tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca juga: Jadi Idaman, Kenali Jenis-Jenis Beasiswa LPDP dan Tahap Seleksinya

Syarat pendaftaran

Untuk program sarjana, peserta harus lulus SMA dan berusia maksimal 25 tahun pada tanggal 1 Maret di tahun pembukaan program beasiswa. Jika ingin mendaftar beasiswa pascasarjana, peserta  lulus sarjana atau magister dan berusia maksimal 40 tahun pada tanggal 1 September di tahun pembukaan program beasiswa.

Selain itu, peserta juga harus memenuhi syarat berikut:

  • Bukan warga negara Korea Selatan
  • Tidak sedang kuliah di Korea Selatan jasmani dan rohani
  • Rata-rata IPK minimal 90% dan TOPIK minimal level 5.

Untuk mendaftar beasiswa ini, kalian hanya perlu mengirim aplikasi dan dokumen yang menjadi syarat administrasi ke ke kedutaan besar Korea Selatan setempat atau universitas yang akan dituju di Korea Selatan. 

KOICA Scholarship Program 

Korea International Cooperation Agency (KOICA) bekerja sama dengan Kemendagri memberikan tawaran bantuan dana pendidikan untuk Pegawai Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah yang ingin melanjutkan pendidikan magister di pergurua tinggi Korea Selatan.

Tujuan beasiswa ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing Sumber Daya Manusia di Pemerintah Daerah dan Kemendagri. Jika lolos beasiswa ini, kalian bisa mendapatkan bantuan biaya pendidikan, akomodasi, dan tunjangan biaya hidup bulanan.

Syarat pendaftaran

Untuk mendapatkan beasiswa ini, berikut syarat yang harus kalian penuhi:

  • Punya pengalaman kerja minimal 2 tahun.
  • Mengisi form aplikasi yang telah mendapatkan persetujuan dari atasan dan universitas tujuan
  • Mengisi form aplikasi dari universitas yang dituju
  • Foto copy ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir dalam Bahasa Inggris
  • Score IELTS/TOEFL dengan nilai minimal 6,0/55
  • Surat rekomendasi
  • Surat kesehatan
  • Surat pengantar dari instansi yang ditandatangani pejabat eselon II.

Seluruh dokumen persyaratan tersebut harus dikirim dalam bentuk soft file ke email [email protected] .

POSCO Asia Fellowship

Beasiswa ini diberikan oleh POSCO TJ Park Foundation, sebuah perusahaan baja asal Korea Selatan yang didirikan oleh Park Tae Joon.

Program beasiswa ini diberikan untuk pelajar Asia untuk melanjutkan studi magister atau doktoral di perguruan tinggi Korea Selatan.

Tujuan beasiswa ini adalah untuk meningkatkan talenta anak-anak muda di kawasan Asia dalam bidang akademik dan budaya. POSCO Asia Fellowship dibuka setahun sekali pada fall semester.

Setiap tahunnya, program beasiswa ini memberikan bantuak kepada 30 orang pelajar asal Asia. Pendaftaran beasiswa ini tidak diakukan secara langsung tetapi dipilih melalui universitas-universitas yang masuk dalam kampus penerima beasiswa POSCO Asia Fellowship.

Syarat pendaftaran

Untuk mendapatkan beasiswa ini, kalian harus berstatus sebagai warga negara di kawasan Asia, tidak memiliki ikatan dengan instansi manapun, memungkinkan tinggal di Korea Selatan setiap 3 minggu dalam setiap bulannya.

Berkas pendaftaran yang harus kalian persiapkan untuk mendapatkan beasiswa ini antara lain:

  • Statement of Purpose
  • Data diri
  • Ijazah
  • Transkrip Nilai
  • Paspor
  • Kartu keluarga
  • Akta kelahiran
  • Bukti kemampuan mahir berbahasa Inggris.

Proses seleksi administrasi dan wawancara nantinya akan dilakukan oleh pihak universitas. Namun, wawancara kedua akan dilakukan langsung oleh tim POSCO. Proses pendaftaran bisa kalian lakukan secara langsung ke seluruh universitas yang ada di Korea Selatan.

Jika lolos seleksi, kalian bisa mendapatkan bantuan biaya pendiidkan dan tunangan bulanan sebesar 1 juta won selama 22 bulan.

Baca juga: BUDI, Program Beasiswa Khusus Dosen Hasil Kerjasama LPDP dan Kemeristekdikti

Yonsei Global Leader Fellowship 

Sama seperti namanya, program beasiswa ini ditawrkan oleh Global Leaders College, yang merupakan perguruan tinggi termuda di Universitas Yonsei.

Program ini menawarkan sistem dukungan bagi pelajar agar mampu beradaptasi dengan budaya dan lingkungan pendidikan baru di Korea Selatan.

Ada tiga jurusan yang ditawarkan melalui beasiswa ini, yaitu perdagangan internasional, pendidikan bahasa dan budaya korea, serta budaya dan media.

Global Leaders College menawarkan berbagai beasiswa dan bantuan keuangan yang dibagi menjadi tiga kategori utama seperti berikut:

  • Berbasis kebutuhan, 
  • Berbasis prestasi (Beasiswa Kehormatan, Persekutuan KOSAF-GLC)
  • Berbasis Pekerjaan
  • Syarat pendaftaran
  • Untuk mendapatkan beasiswa ini, berikut syarat yang harus kalian penuhi:
  • Mahir berbahasa Inggris atau Korea 
  • Transkrip nilai dan bukti prestasi
  • Bukti pengalaman kerja yang relevan dengan jurusan yang dituju
  • Harus memiliki IPK minimal 3.4/4 untuk semester sebelumnya

Beasiswa Hyundai Chung Mong-Koo Global

Beasiswa ini diberikan khusus untuk pelajar asal Vietnam, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Kamboja, Myanmar, dan Laos yang telah terdaftar sebagai mahasiswa pascasarjana di perguruan tinggi Korea Selatan.

Beasiswa ini diberikan untuk pelajar yang mengambil program studi bisnis/ekonomi, ilmu pengetahuan alam dan teknik.

Program beasiswa ini memberikan bantuan biaya pendidikan, tunjangan hidup sebesar 1 juta won setiap bulan, tunjangan kedatangan sebesar 2,5 juta won, dan hibah penyelesaian 1 juta won yang diberikan setelah berhasil menyelesaikan studi.

Nah, itulah daftar beasiswa ke Korea Selatan yang bisa kalian coba. Program beasiswa ini bisa menjadi alternatif lain dari beasiswa LPDP. Program beasiswa ini juga cocok untuk kalian yang ingin merasakan sensasi tinggal di kawasan yang sering kalian lihat di drama-drama Korea.

Leave A Reply

Your email address will not be published.