Berita Nasional Terpercaya

Jurusan Teknik Industri UNMAHA, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja Menjanjikan

0

Bernas.id – Beragam jurusan di fakultas teknik Unieversitas Mahakarya Asia (UNMAHA) memiliki prospek kerja masing-masing yang sangat bagus bagi para lulusan program studi tersebut, tak terkecuali jurusan teknik industri. Secara umum, program studi teknik industri adalah mempelajari ilmu perancangan produksi di suatu industri, baik dari segi biaya, peningkatan efisiensi, peningkatan kualitas produk, memastikan kesehatan dan keselamatan karyawannya, menjaga lingkungan industri, serta mematuhi segala peraturan yang berlaku di industri tersebut.

Beragam universitas di Indonesia yang memiliki program studi teknik industri, baik di universitas negeri atau swasta. Salah satu universitas swasta yang memiliki jurusan teknik industri adalah Universitas Mahakarya Asia atau biasa disebut UNMAHA.

Adanya hal tersebut membuktikan bahwa beragam ilmu yang dipelajari selama perkuliahan terkait teknik industri dan prospek kerjanya akan membuka peluang kerja bagi para lulusannya untuk berkiprah ketika memasuki dunia kerja di bidangnya secara lebih luas dan terbuka. Banyak sektor perusahaan yang membutuhkan jasa di bidang kerja teknik industri dengan baik.

Lalu, apa sajakah mata kuliah yang akan dipelajari oleh para mahasiswa teknik industri selama masa perkuliahan? Apa saja mata kuliah dan prospek kerja teknik industri yang menjanjikan bagi para lulusannya? Berikut ini akan diberikan penjelasan secara lebih lengkap terkait mata kuliah teknik industri di UNMAHA dan prospek kerjanya.

Baca juga: Hal Ini Akan Kamu Alami Jika Kuliah di Jurusan Teknik Industri

Mata Kuliah Teknik Industri Khusus di UNMAHA

Mata Kuliah Khusus Teknik Industri UNMAHA

Berbicara tentang program studi teknik industri pasti lebih terbayang akan berkarir dalam bidang industri atau perusahaan. Jurusan teknik industri memiliki peluang karir yang bagus dan sangat dibutuhkan oleh perusahaan, khususnya dalam kegiatan operasional produksinya.

Jurusan tersebut secara umum mempelajari terkait pengoptimalan berbagai kegiatan manusia seperti produksi, pengelolaan, dan ekonomi. Kemudian, kuliah di bidang teknik industri UNMAHA ini harus menghabiskan 144 SKS hingga kelulusan dengan beragam daftar mata kuliah teknik industri yang terdiri dari mata kuliah khusus dan mata kuliah kecirikhasan.

Di antara mata kuliah teknik industri di Universitas Mahakarya Asia adalah sebagai berikut :

1. Pengantar Teknik Industri

Sebagai mahasiswa baru di jurusan teknik industri, tentunya mata kuliah di teknik industri berupa pengantar teknik industri harus dipelajari sejak awal. Hal tersebut bisa menjadi prasyarat dan syarat untuk menuju semester berikutnya. Tentu saja, pemahaman teori dasar tentang teknik industri harus dikuasai sejak awal perkuliahan.

2. Ekonomi Teknik

Selain belajar ilmu teknik industri, kombinasi ilmu ekonomi dengan teknik juga harus dipelajari pada jurusan teknik industri di UNMAHA. Hal tersebut akan sangat berguna pada saat diterapkan di industri atau perusahaan yang juga memerlukan keahlian bisnis ekonomi di dalamnya. Maka dari itu, salah satu mata kuliah jurusan teknik industri ini harus dipelajari juga di perkuliahan dengan baik.

3. Proses Manufaktur

Seorang ahli teknik industri juga harus memahami perusahaan manufaktur yang secara garis besar akan memproduksi suatu barang atau produk. Maka dari itu, ilmu tentang proses manufaktur yang merupakan daftar mata kuliah teknik industri harus dipahami dengan baik. Kebanyakan prospek karir bidang teknik industri nantinya akan ke perusahaan manufaktur yang sudah pasti memproduksi sendiri produknya.

Baca juga: Teknik Industri: Ketika Teknik Bertemu Manajemen

4. Sistem Produksi dan Operasi

Mata kuliah sistem produksi dan operasi untuk jurusan teknik industri ini juga harus dipahami dengan baik. Hal tersebut akan sangat berguna pada saat menjadi ahli teknik industri yang bertanggung jawab dalam bidang produksi dan kegiatan operasionalnya. Maka dari itu, mata kuliah ini sangat penting untuk dipelajari dengan benar.

5. Pemodelan dan Simulasi Sistem

Mata kuliah teknik industri yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan. Para mahasiswa teknik industri akan dibekali dengan praktek pemodelan serta simulasi yang ada pada sistem industri, baik itu kegiatan produksi atau manajemennya. Maka dari itu, ilmu teknik industri ini harus mampu dikuasai dengan baik. 

6. Perancangan Tata Letak Fasilitas

Ilmu tentang perancangan pada suatu tata letak fasilitas juga harus dipahami dengan baik. Mata kuliah teknik industri ini secara garis besar mengajarkan tentang teknik-teknik untuk melakukan perancangan serta tata letak fasilitas yang ada di industri. Sehingga nantinya, para lulusan teknik industri ini dapat menerapkan ilmu tersebut dengan tepat dalam industri atau perusahaan yang sesungguhnya.

Baca juga: Jurusan Teknik Informatika UNMAHA: Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Mata Kuliah Khas Teknik Industri UNMAHA

Mata Kuliah Khas Teknik Industri UNMAHA

Berbeda dengan jurusan teknik industri lainnya, Universitas Mahakarya Asia telah menyediakan mata kuliah khas. Tujuannya adalah untuk memberikan nilai tambah bagi lulusan Sarjana Teknik Industri UNMAHA. 

Beberapa mata kuliah khas teknik industri yang ada di UNMAHA dapat dipelajari ketika menjadi mahasiswa Universitas Mahakarya Asia berikut :

1. Quality Assurance

Mata kuliah di teknik industri berupa quality assurance ini juga perlu dipelajari dengan baik oleh para mahasiswanya. Dalam hal ini, para lulusannya nanti diharapkan mampu memahami tentang jaminan kualitas produk serta kegiatan operasional industri yang ada di dalamnya. Dengan begitu, kualitas perusahaan ketika berproduksi suatu produk dapat berjalan dengan aman dengan menguasai keterampilan teknik industri ini.

2. Lean Manufacturing

Berbicara soal teknik industri, tidak akan jauh dari proses manufaktur atau produksi. Maka dari itu, salah satu daftar mata kuliah teknik industri berupa lean manufacturing juga harus dipelajari dengan baik. Hal ini dikarenakan segala hal yang berkaitan dengan teknik industri pasti akan mengarah pada proses manufaktur suatu produk di perusahaan.

Baca juga: 14 Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

3. Supply Chain Management

Mata kuliah jurusan teknik industri ini juga sangat diperlukan di bidang teknik industri. Dengan adanya materi teknik industri ini, para mahasiswa diharapkan mampu memberikan penyempurnaan pada pasokan produk terkait biaya, efisiensi, ketangkasan, serta ketangguhan di dalam industri nantinya. Selain itu, pemahaman tentang cara membuat rekomendasi yang penting terkait rencana bisnis dengan tetap berstandar pada aturan yang berlaku juga perlu dipahami dengan baik. 

4. Total Productive Maintenance

Program mata kuliah total productive maintenance untuk jurusan teknik industri ini juga perlu dipelajari dengan baik. Hal tersebut akan sangat berguna dalam memahami jumlah biaya pemeliharaan dari suatu produk yang dibuat oleh perusahaan atau industri. Maka dari itu, ilmu teknik industri tersebut harus dipahami agar mampu diterapkan dengan baik di bidang industri.

5. Manajemen Proyek

Ilmu teknik industri terkait pengelolaan proyek atau produk yang ada di suatu industri juga perlu dipelajari. Tak hanya soal pengelolaan produk saja, akan tetapi segala hal yang berkaitan dengan kegiatan operasional, biaya, dan sebagainya juga harus dicermati. Maka dari itu, jenis mata kuliah teknik industri ini perlu untuk dipahami dengan baik dan tepat.

Baca juga: Biar Tak Salah Jurusan, Ini Perbedaan antara Sistem Informasi dan Teknik Informatika

Prospek Kerja Teknik Industri yang Menjanjikan

Prospek Kerja Teknik Industri yang Menjanjikan

Para lulusan teknik industri patut berbangga diri sebab prospek kerja di bidang teknik industri sangat memiliki peran strategis di perusahaan. Ini dapat menjadi peluang kerja dan gajinya pun sangat layak. 

Seperti apakah bidang pekerjaan bagi lulusan teknik industri? Berikut ini adalah daftar prospek kerja jurusan teknik industri di berbagai perusahaan :

1. Quality Engineering

Profesi teknik industri yang satu ini merupakan salah satu pekerjaan lulusan teknik industri yang bertugas untuk memastikan kualitas dari seluruh barang atau produk yang diproduksinya. Selain itu, quality engineering ini juga bertanggung jawab untuk melakukan dokumentasi, membuat suatu rancangan uji kualitas, serta dapat menentukan kriteria yang harus dipenuhi pada hasil tes tersebut.

Pekerjaan teknik industri ini juga sangat membutuhkan kerjasama tim yang kuat dan profesional dengan tetap memastikan bahwa produksinya berjalan aman hingga akhir serta dapat memuaskan para konsumennya dengan baik. Tentu saja, profesi teknik industri ini sangat membutuhkan pemahaman yang lebih mendalam terkait proses manufaktur yang ada di perusahaan atau industrinya.

Baca juga: 38 Profesi yang Bisa Diraih, Jika Berkuliah di Universitas Mahakarya Asia

2. Production Engineering

Berbeda dengan pekerjaan teknik industri sebelumnya, profesi bidang production engineering pada suatu industri ini memiliki tugas untuk merancang sesuatu atau produk yang ingin dibuat dengan tepat. Selain itu, jenis pekerjaan teknik industri ini harus juga memperhatikan mesin yang akan digunakan untuk membuat produk tersebut disertai dengan tingkat keamanan yang valid.

Membahas pekerjaan teknik industri secara umum, tugas dari seorang production engineering adalah mencakup ruang lingkup pembuatan produk beserta prosesnya. Selain bertugas membuat produk, profesi untuk lulusan teknik industri ini juga memiliki tanggung jawab lain dalam hal mengawasi dan meningkatkan kegiatan produksi di industrinya dengan baik. Bidang profesi ini juga cocok sebagai prospek kerja teknik industri untuk wanita.

3. SCM Consultant

Profesi SCM consultant atau kepanjangan dari Supply Chain Management Consultant merupakan salah satu prospek kerja lulusan teknik industri yang bertugas untuk memberikan penyempurnaan pada pasokan produk terkait biaya, efisiensi, ketangkasan, serta ketangguhan dalam industri. Sebagai seorang SCM consultant, tentu saja tugas untuk melakukan analisis serta mengembangkan layanan yang optimal juga merupakan tanggung jawabnya.

Pekerjaan lulusan teknik industri ini biasanya bekerja pada perusahaan manufaktur yang memproduksi suatu produk. Selain itu, tugas lain yang mesti dipenuhi oleh profesi teknik industri ini yaitu membuat rekomendasi yang penting terkait rencana bisnis dengan tetap berstandar pada aturan yang berlaku.

Baca juga: Jurusan Sistem Informasi UNMAHA, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja

4. Operations Consultant

Bidang pekerjaan teknik industri ini memiliki tugas memberikan dukungan terhadap efisiensi dari value chain yang ada pada kliennya. Kemudian, profesi teknik industri yang satu ini juga bertugas untuk melakukan penerapan dan pengembangan terhadap layanan serta dapat mengurangi biaya perusahaan dan mengoptimalkan proses bisnis yang berjalan.

Selain itu, seorang profesional dari lulusan teknik industri ini juga bertanggung jawab untuk menjalankan sistem manajemen, penerapan operasi target, serta bagian lain yang berhubungan. Beberapa contoh pekerja nyata dari prospek kerja jurusan teknik industri ini yaitu memberikan peningkatan pada logistik dan rantai pasokan di industrinya.

5. Demand Planner 

Para lulusan teknik industri juga bisa berkarir sebagai demand planner yang memiliki peran penting dalam rantai pasokan di suatu industri perusahaan. Beberapa data yang digunakan untuk bekerja yaitu data anaisis, pemasaran, serta data penjualan yang berguna untuk memprediksi suatu permintaan konsumen di masa depan dengan tepat.

Di samping itu, tugas dari bidang kerja teknik industri ini yaitu membuat perencanaan terkait inventaris, analisis data secara statistik, dan juga memberikan solusi terhadap suatu keputusan dan kebijakan di perusahaan dengan baik. 

Baca juga: 11 Jurusan Di Universitas Mahakarya Asia dan Peluang Karirnya

6. Facility Engineer

Prospek kerja lulusan teknik industri lainnya yaitu berprofesi sebagai seorang facility engineer dalam bidang industri. Pekerjaan ini bertanggung jawab dalam hal membuat perencanaan, peninjauan, pelaksanaan, serta pemeliharaan terhadap seluruh infrastruktur, fasilitas, dan peralatan gedung lainnya yang ada di perusahaan.

Selain itu, pekerja teknik industri ini juga bertugas untuk menganalisis kegitan operasional industri, alokasi sumber daya, penggunan energi, proses keselamatan, dan juga menerapkan suatu perbaikan di dalamnya. Tentu saja, bidang pekerjaan teknik industri ini cukup fleksibel bisa dilakukan di dalam kantor maupun luar kantor tergantung kebutuhan proyeknya.

7. Data Scientist

Profesi seorang data scientist memang sudah terkenal dikalangan para mahasiswa lulusan fakultas teknik, termasuk di jurusan teknik industri. Maka tak heran jika peminat profesi teknik industri ini sangat banyak dari waktu ke waktu. Jasa seorang data scientist sangat dibutuhkan mengingat banyaknya pertumbuhan data yang harus diolah lebih cepat dan efisien di berbagai perusahaan.

Bidang pekerjaan lulusan teknik industri ini juga sangat dibutuhkan untuk keperluan analisis dan penelitian pada pasar dan bisnis serta dapat mengetahui peluang yang menjanjikan dan menguntungkan bagi perusahaan. Selain itu, tugas utama yang harus dijalankan di bidang teknik industri ini yaitu melakukan pembersihan, pemrosesan, serta pengolahan terhadap beragam jenis data yang sudah dikumpulkan.

Baca juga: Ustadz Yusuf Mansur Berikan Motivasi untuk Wisudawan UNMAHA

8. Data Engineer

Hampir sama dengan profesi data scientist, pekerjaan di bidang data engineer lulusan prodi teknik industri ini juga secara umum berurusan dengan data, khususnya dalam hal mempersiapkan infrastruktur data. Secara lebih spesifik, profesi teknik industri ini bertugas untuk mempersiapkan produksi data dalam bentuk format, reliabilitas, stabilitas, serta dapat membuat keamanan pada data.

Di samping itu, kemampuan yang harus dimiliki pada bidang pekerjaan teknik industri yang satu ini yaitu dapat menguasai software seperti Python, R, dan SQL. Kemudian, seorang data engineer lulusan teknik industri ini juga harus bekerjasama dengan data scientist untuk dapat mentransformasikan big data agar menjadi suatu informasi yang berguna dan dapat dipahami dengan baik.

9. Production Scheduler

Profesi teknik industri ini bertugas untuk memberikan koordinasi dan pengembangan terhadap jadwal produksi yang harus dilakukan oleh industri setiap harinya agar mencapai tujuan perusahaan yang baik. Selain itu, seorang ahli teknik industri ini juga harus bertanggung jawab dalam hal penyediaan inventaris dan fasilitas berupa persediaan bahan produksi yang diperlukan.

Berbicara tentang pekerjaan teknik industri ini, kemampuan yang harus dipenuhi pada bidang pekerjaan ini yaitu memiliki keterampilan komputer serta pengetahuan dasar tentang jadwal dan produksi yang sesuai. Lalu, profesi teknik industri ini juga bertugas untuk melakukan analisa data di masa lalu dan masa sekarang agar dapat membuat laporan terkait jadwal produksi perusahaan di masa depan dengan baik dan tepat.

Baca juga: Raih Masa Depan Terbaikmu Bersama Universitas Mahakarya Asia, Jadilah Diri Sendiri!

10. Procurement Analyst

Profesi lulusan teknik industri ini memiliki tanggung jawab dalam hal mengembangkan pendekatan untuk bisa mendapatkan suatu kontrak dukungan dari pihak eksternal pasar yang sejalan dengan perusahaan tersebut. Selain itu, salah satu prospek kerja jurusan teknik industri ini juga menjadi penghubung antara para pegawai dengan vendor perusahaan.

Seeorang yang berprofesi sebagai procurement analyst juga memiliki peran penting dalam hal proses manajemen dari rantai pasokan di perusahaan yang berkaitan dengan teknik industri. Kemudian, profesi bidang teknik industri ini juga bertugas dalam hal melakukan riset pada pemasok yang ada di perusahaan dengan tepat. 

Kesimpulan

Itulah beberapa mata kuliah teknik industri di UNMAHA yang terdiri dari mata kuliah khusus dan ciri khas. Selain mempelajari ilmu teknik, kombinasi dengan ilmu ekonomi, manajemen, dan sebagainya juga perlu dipelajari dalam bidang teknik industri. Dengan begitu, diharapkan para lulusan teknik industri nantinya dapat menerapkan ilmu dan mata kuliah yang sudah didapatkan dengan baik pada industri tempatnya berkarir.

Sementara itu, prospek kerja teknik industri yang menjanjikan dan tepat bagi para lulusannya. Berbagai bidang teknik industri dan prospek kerjanya tersebut memiliki peran masing-masing di setiap sektornya. Tentu saja, prospek kerja tersebut bisa menjadi suatu pilihan bagi para lulusan teknik industri agar dapat terus bekerja dengan baik sesuai dengan bakat dan minatnya.

Hal lain yang perlu disorot adalah banyak perusahaan yang membutuhkan jasa seorang ahli teknik industri di berbagai bidang yang sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, profesi-profesi tersebut juga cocok dijadikan sebagai prospek kerja teknik industri untuk wanita.

Baca juga: MAU KULIAH YANG PASTI BISA KERJA? PELAJARI SKILL KARIR PALING DICARI 5 TAHUN MENDATANG

Leave A Reply

Your email address will not be published.