Berita Nasional Terpercaya

Meski Zona Hijau, Merti Dusun Cerbonan Digelar secara Virtual

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Di masa pandemi Covid-19, warga Dusun Cerbonan Sendangmulyo, Minggir, Sleman tetap bisa menyelenggarakan kegiatan budaya Merti Dusun dengan protokol kesehatan yang ketat. Saking ketatnya, warga luar dusun tidak diijinkan menonton secara langsung, tapi bisa menyaksikannya secara virtual melalui kanal youtube Dinas Kebudayaan DIY atau Sleman.

Tugiyo Kepala Dusun Cerbonan menyampaikan, merti dusun meliputi kerja bakti bersih-bersih dusun dan lingkungan makam, pengambilan air di mata air dusun, penampilan seni sholawat, seni badui, dan puncaknya kirab Bregodo Godo Mustiko Kyai Cerbon.

“Kegiatan merti dusun ini menjawab kerinduan warga untuk dapat menampilkan potensi seni, budaya, dan melestarikan budaya lokal Dusun Cerbonan yang diadakan setiap empat tahun sekali,” jelasnya, Minggu (27/6/2021).

Ia pun menjamin merti dusun hanya diikuti oleh warga dusun setempat tanpa ditonton warga luar. “Kegiatan merti dusun ini direkam untuk nantinya diputar ulang di kanal youtube Dinas Kebudayaan DIY atau Sleman,” ucapnya.

Baca Juga : Sejumlah Bregodo Desa Trihanggo Semarakan Merti Bumi Padukuhan Salakan

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo pun menyambut baik penyelenggaraan merti dusun secara virtual. Ia pun berharap dengan kegiatan merti dusun tetap bisa melestarikan budaya di tengah pembatasan sosial. “Harapannya juga menumbuh kembangkan budaya gotong royong,” imbuhnya. 

Ia mengatakan kegiatan merti dusun dapat diselenggarakan karena wilayah Dusun Cerbonan masuk zona hijau atau tidak ada yang positif Covid-19. “Semoga merti dusun ini bisa memberikan hiburan kepada masyarakat di tengah pandemi dengan tetap dapat mencegah adanya penularan Covid-19,” ujarnya.

Kustini pun mengimbau agar warga Cerbonan dapat mempertahankan zona hijau dengan tetap menerapkan protokol kesehatan lebih ketat lagi sehingga tetap bisa mengadakan kegiatan sosial seperti merti dusun.

Tampak hadir dalam kegiatan Merti Dusun, Wakil Ketua DPRD Sleman Arif Kurniawan, Anggota DPRD Sleman Untung Basuki, Kepala Dinas Kebudayaan Sleman Aji Wulantoro, Panewu dan Lurah Sendangmulyo Minggir Sleman. (jat

Leave A Reply

Your email address will not be published.