Berita Nasional Terpercaya

Mau Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta? Inilah 8 Kampus Terbaik

0

Bernas.id – Saat ini, pendidikan tinggi sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan, apalagi perusahaan yang berlabel Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kualifikasi pendidikan menjadi salah satu persyaratan penting yang dapat menunjang karir di masa depan sehingga para pegawai membutuhkan kuliah kelas karyawan. Maka tak heran, jika kuota penerimaan mahasiswa baru untuk kelas karyawan dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Selain dari kalangan masyarakat biasa, minat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi juga masih dirasakan oleh para pegawai atau karyawan yang sudah bekerja. Hal tersebut dikarenakan memiliki jenjang pendidikan yang lebih tinggi akan semakin mempermudah dalam meraih kesuksesan. Maka dari itu, solusi alternatif yang tepat bagi para pegawai yang sudah bekerja yaitu mengikuti kuliah dengan kelas karyawan.

Program kuliah karyawan tersebut bisa dilakukan di akhir pekan, yaitu hari sabtu dan minggu dengan sebutan kuliah sabtu minggu. Beberapa universitas di Indonesia juga menyediakan program kuliah kelas karyawan murah dengan jurusan kuliah yang bisa sambil kerja. Dengan begitu, para karyawan tetap dapat bisa mengikuti kuliah dengan mudah dan nyaman serta bisa diimbangi dengan aktivitas pekerjaannya.

Lalu, apa saja alasan kuat yang tepat untuk mengambil kuliah khusus kelas karyawan walaupun masih berstatus sebagai pegawai di instansi tertentu? Dan juga, di mana sajakah kampus di Indonesia yang menyediakan program kelas kuliah karyawan yang berkualitas? Berikut ini akan dibahas ulasannya secara lengkap terkait kampus kelas karyawan.

Baca juga: Mahasiswa Kelas Karyawan! Selamat Anda adalah Mantu Idaman!

Alasan Mengikuti Kuliah Kelas Karyawan

Alasan Mengikuti Kuliah Kelas Karyawan

Beberapa alasan kuat untuk tetap bisa mengikuti kuliah khusus kelas karyawan walaupun masih berstatus sebagai pegawai, yaitu:

1. Waktu Kuliah Fleksibel

Antara kuliah reguler dan kuliah karyawan memiliki sedikit perbedaan dari segi waktu atau jam perkuliahannya. Pada umumnya, kuliah kelas reguler akan dilaksanakan dari waktu pagi hingga sore hari. Akan tetapi, untuk kuliah karyawan ini biasanya dimulai sejak sore hingga malam hari dan di hari sabtu minggu.

Waktu kuliah sabtu minggu tersebut tentunya memiliki jam perkuliahan spesifik yang berbeda setiap kampusnya. Jam kuliah kelas karyawan sabtu minggu tersebut tentunya tidak akan mengganggu waktu kegiatan operasional pekerjaan yang rata-rata bekerja pada pagi hari sejak pukul 9 pagi hingga 5 sore. Sehingga, para karyawan tersebut tetap bisa menjalankan program perkuliahan dengan nyaman dan tenang.

Baca juga: Kuliah Online: Pengertian, Cara Daftar, Kelebihan, dan Kekurangannya

2. Memiliki Pilihan Program Studi yang Beragam

Walaupun hanya mengambil program kuliah pegawai, para karyawan juga masih bisa mengikuti perkuliahan dengan baik sesuai dengan waktu yang ditentukan khusus bagi karyawan. Selain itu, tersedia pula program studi layaknya berkuliah pada kuliah kelas reguler biasa.

Beberapa jurusan yang bisa sambil kerja dapat diambil sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. Maka dari itu, proses untuk pemilihan jurusan harus dilakukan dengan tepat dan cermat agar tidak terjadi kesalahan jurusan ke depannya.

3. Mengikuti Program Kuliah Online

Dunia pendidikan yang semakin canggih sangat mempermudah manusia dalam melakukan hal apapun, termasuk dalam menempuh pendidikan. Program kuliah khusus kelas karyawan ini dapat juga dilakukan secara online dimanapun dan kapanpun.

Beberapa kampus di Indonesia termasuk kategori yang memiliki program kelas karyawan sabtu minggu serta bisa dipilih sesuai keinginan. Program kuliah online tersebut dapat dilakukan melalui perangkat seperti laptop, smartphone, atau komputer.

Walaupun dilakukan secara online, pertemuan tatap muka secara langsung juga perlu dilakukan beberapa kali untuk menunjang progress perkuliahan dengan baik. 

Baca juga: 9 Kampus dengan Program Kuliah Online Terbaik di Jakarta 2021

Kampus Kelas Karyawan Termurah dan Terbaik di Jakarta

Kampus Kelas Karyawan Termurah dan Terbaik di Jakarta

Kampus yang berlokasi di Jakarta sangat beragam, baik swasta atau negeri dengan kualitas yang beragam pula. Kemudian, beberapa kampus yang juga menyediakan program kuliah kelas karyawan murah di Jakarta serta memiliki kelas karyawan sabtu minggu, yaitu:

1. Universitas Dian Nusantara (Undira)

Kampus tersebut tepatnya berlokasi di daerah Tanjung Duren dengan biaya kuliah per semesternya sebesar Rp 2,1 juta. Biaya tersebut sudah termasuk biaya SKS, biaya ujian, serta biaya praktikumnya. Maka dari itu, biaya-biaya tersebut dapat dicicil selama per bulannya sebesar Rp 350 ribu.

Di Undira terdapat enam fakultas yang terdiri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Sastra, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas MIPA, serta Fakultas Teknik. Beberapa hal terkait keunggulan dengan mengikuti program kuliah bagi karyawan di kampus ini yaitu memiliki sistem kurikulum pembelajaran yang jelas, jadwal kuliah dapat dipilih oleh para mahasiswa, biaya kuliah sangat terjangkau, serta terdapat fasilitas perkuliahan e-learning

2. Universitas Nasional

Kampus kelas karyawan sabtu minggu ini berlokasi di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan dan merupakan salah satu kampus kelas karyawan murah Jakarta. Biaya kuliah di kampus tersebut dapat diangsur mulai dari Rp 375 ribu – Rp 750 ribu per bulan. Cukup murah bukan?

Selain itu, di Universitas Nasional ini memiliki beragam program studi yang cukup lengkap serta terdiri dari delapan fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ekonomi, Sastra, Hukum, Biologi, Ilmu Kesehatan, Teknologi Komunikasi dan Informatika, serta Teknik dan Sains.

Baca juga: Jurusan Sarjana Kewirausahaan UNMAHA, Mata Kuliah dan Prospek Kerja

3. Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI)

Kampus kelas karyawan sabtu minggu yang terkenal dengan sebutan UBSI ini menyediakan program kuliah kelas karyawan murah di Jakarta. Universitas ini memiliki biaya kuliah yang murah sebesar Rp 600 ribu dan dapat diangsur. Terdapat tiga fakultas pada kampus tersebut yaitu Fakultas Teknik dan Informatika, Komunikasi dan Bahasa, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 

4. Universitas Nusa Mandiri

Kampus ini juga menyediakan program kuliah pegawai dengan biaya yang cukup terjangkau yaitu Rp 700 ribu per bulannya. Selain itu, universitas yang berlokasi di Jakarta ini juga memberikan fasilitas berupa penyediaan dana beasiswa yang dapat membantu biaya perkuliahan. Selain program kuliah untuk kelas karyawan bagi jenjang S1, universitas ini juga menyediakan program S2. Program kuliah dengan kelas karyawan ini dibuka setiap hari jumat-sabtu dengan biaya kuliah yang dapat dicicil.

Baca juga: Jurusan Teknik Industri UNMAHA, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja Menjanjikan

5. Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA)

Universitas ini selain menyediakan program kuliah kelas reguler, kategori kuliah khusus kelas karyawan juga disediakan untuk sesi sore dengan biaya kuliah sebesar Rp 1.290.000 per semesternya. Biaya kuliah tersebut tetap dapat dicicil perbulannya dengan nominal 10% dari jumlah tersebut.

Hal tersebut tentu akan sangat meringankan biaya kuliah yang akan dibayarkan oleh para mahasiswanya. Biaya tersebut pun sudah termasuk dalam biaya SKS, ujian, dan praktikum lainnya. Kampus yang menyediakan program kelas karyawan murah Jakarta ini memiliki tiga fakultas yang dapat ditempuh, yaitu Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik dan Ilmu Komputer, serta Bahasa Dan Seni. 

6. Universitas Trilogi

Kampus yang berlokasi di Jakarta serta berada dalam naungan Yayasan Pengembangan Pendidikan Indonesia Jakarta ini memiliki fasilitas kelas karyawan murah dan terjangkau. Biaya yang harus dikeluarkan untuk berkuliah di kelas karyawan tersebut yaitu Rp 4 juta yang dapat dicicil setiap bulannya.

Kemudian, program studi yang ada pada kampus tersebut yaitu jurusan S1 Manajemen dan S1 Akuntansi. Kampus tersebut juga merupakan program kuliah malam di Jakarta serta dapat dilakukan di hari sabtu minggu.

Baca juga: Jurusan Sistem Informasi UNMAHA, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja

7. STIE Tunas Nusantara

Selain universitas, salah satu sekolah tinggi ilmu ekonomi ini juga menyediakan program kuliah kelas karyawan murah dan berkualitas di Jakarta. Hanya dengan membayar biaya kuliah Rp 600 ribu, program perkuliahan tersebut dapat dilaksanakan.

Selain itu, kampus ini juga memiliki program jalur bebas tes bagi para mahasiswa yang berstatus sebagai pekerja atau wirausahawan. Calon mahasiswa tersebut juga mendapatkan kesempatan untuk bisa meraih beasiswa pembayaran SPP sebesar 50% dari total biaya kuliah. Di samping itu, program studi yang dibuka untuk jalur kelas karyawan ini yaitu D3 Akuntansi dan S1 Manajemen. 

8. Politeknik Swadharma

Salah satu kampus politeknik yang membuka program kelas karyawan murah yaitu Politeknik Swadharma. Biaya kuliah untuk per semesternya hanya Rp 2.750.000 yang dapat dicicil dengan tiga kali pembayaran. Biaya tersebut sudah mencakup biaya SKS dan ujian. Program kelas karyawan di kampus tersebut merupakan program kuliah malam di Jakarta dari pukul 17.00 – 21.00 untuk seluruh jurusan.

Baca juga: Peluang Karir Cemerlang Ada di Universitas Mahakarya Asia, Segera Daftar!

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi penting tentang kuliah khusus kelas karyawan yang bisa didapat dengan biaya kuliah yang murah dan dapat diangsur. Selain itu, beberapa kampus di Jakarta berupa universitas, sekolah tinggi, hingga politeknik pun menyediakan program kuliah sabtu minggu pada jam malam. Hal tersebut tentu akan mempermudah bagi para karyawan untuk dapat melanjutkan pendidikan tinggi dengan baik dan efisien. Kemudian, jurusan di kampus-kampus Jakarta tersebut juga merupakan jurusan kuliah yang bisa sambil kerja dipelajari dengan baik.

Baca juga: MAU KULIAH YANG PASTI BISA KERJA? PELAJARI SKILL KARIR PALING DICARI 5 TAHUN MENDATANG

Leave A Reply

Your email address will not be published.