Berita Nasional Terpercaya

5 Universitas Terbaik di Inggris, Bisa Jadi Referensi untuk Lanjut Studi

0

BERNAS.ID – Bagi kalian yang ingin kuliah di Inggris, pertanyaan tentang universitas mana yang akan dituju pasti memenuhi pikiran. Universitas di Inggris memang tak perlu diragukan lagi kualitasnya karena selalu menguasai dalam daftar kampus terbaik di dunia.

Namun, mendapatkan kampus yang terbaik pasti menjadi keinginan kita. Setiap perguruan tinggi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing karena itu kita harus mencari informasi sebanyak mungkin sebelum memutuskan untuk kuliah di Inggris.

Selain mencari informasi mengenai beasiswa di Inggris, kita juga perlu mencari tahu universitas terbaik yang ada di negara tersebut. Nah, bagi kalian yang masih bingung Universitas di Inggris mana yang akan dituju, berikut rekomendasi universitas terbaik di Inggris versi Times Higher Education 2021:

Universitas Oxford

Universitas Oxford merupakan salah satu universitas tertua di Inggris. Universitas terbaik di Inggris berhasil menelurkan tokoh-tokoh utama dunia.

Lebih dari 30 pemimpin dunia, 27 perdana menteri Inggris, 50 pemenang hadiah Nobel dan 120 peraih medali Olimpiade pernah belajar di kampus terbaik dunia ini.

Salah satu lulusan terkenalnya antara lain Stephen Hawking, Hugh Grant dan Indira Gandhi. Bahkan, aktris ternama asal Indonesia, Maudy Ayunda, juga tamatan Universitas Oxford, loh.

Universitas Oxford juga terletak di wilayah yang memiliki 100 perpustakaan. Perpustakaan Bodleian yang dibangun pada tahun 1602 merupakan perpustakaan paling terkenal. Dengan banyaknya perpustakaan di Oxford, pelajar jadi punya banyak akses untuk mendapatkan referensi yang dibutuhkan selama perkuliahan.

Baca juga: Jadi Kampus Terbaik Dunia, Berapa Biaya Kuliah di Oxford?

Universitas Cambridge

Sama seperti Oxford, Cambridge merupakan salah satu universitas tertua dan paling bergengsi di dunia. Kampus ini hanya berjarak satu jam dari London, yang merupakan ibu kota Inggris.

Universitas ini menampung lebih dari 19.000 mahasiswa dan 9.000 staf. Ada 31 fakultas, beberapa di antaranya berasal dari abad ke-13, dan lebih dari 100 departemen akademik.

Cambridge sangat terkenal karena keunggulannya dalam bidang matematika dan berhasil mendidik beberapa ilmuwan Inggris yang paling terkenal.

Sekitar 117 pemenang Nobel berafiliasi dengan universitas Cambridge. Perpustakaan di Cambridge juga menyimpan banyak koleksi manuskrip abad pertengahan.

Kampus ini juga memiliki alumni ternama seperti  ahli biologi Charles Darwin, konservasionis Jane Goodall dan aktris Olivia Colman.

Imperial College London

Imperial College London juga konsisten masuk dalam universitas terbaik di dunia untuk sains, teknologi, teknik, kedokteran, dan bisnis.

Salah satu universitas di Inggris ini dibentuk pada tahun 1907 dari penggabungan tiga perguruan tinggi di London. Imperial College London juga  memiliki  sekitar 17.000 siswa dan 8.000 staf. Kampus ini juga memiliki mahasiswa internasional yang berasal dari 125 negara.

Selain ilmuwan top, peraih medali Fields dan pemenang hadiah Nobel, beberapa tokoh ternama dunia juga alumni dari kampus ini. Alumni terkenal lulusan kampus ini antara lain Penulis H. G. Wells dan kepala dokter Ratu Elizabeth yang bernama Sir Liam Donaldson.

Baca juga: Perjalanan Kaprodi Arsitektur UNMAHA Raih Beasiswa di Inggris

UCL

UCL adalah universitas di Inggris yang pertama kali menerima mahasiswa tanpa memandang kelas, ras, atau agama. UCL juga menjadi kampus pertama yang menerima pandangan bahwa perempuan setara dengan laki-laki.

Kampus utama UCL berada di kawasan Bloomsbury, London pusat. Universitas di Inggris ini juga memiliki predikat terbaik dalam bidang filsafat, politik dan ekonomi.

Alumni terkenal dari UCL antara lain Mahatma Gandhi, Alexander Graham Bell.

London School of Economics and Political Science (LSE)

Dari semua universitas di Inggris, London School of Economics and Political Science (LSE) memiliki proporsi siswa internasional tertinggi, yaitu 70%.

Universitas ini memiliki program studi unggulan di bidang hukum, ekonomi, sejarah, filsafat dan politik.

Saat ini, 26% dari semua hadiah Nobel untuk ekonomi diberikan kepada alumni atau afiliasi LSE. Salah satu alumni terkenal dari kampus ini adalah Nelson Mandela.

Nah, itulah lima universitas terbaik di Inggris yang bisa kalian jadikan refrensi untuk melanjutkan studi. Untuk menempuh studi, kalian juga bisa memanfaatkan program beasiswa di Inggris.

Leave A Reply

Your email address will not be published.