Berita Nasional Terpercaya

Mau Kuliah di Jogja? Inilah 11 Daftar Universitas Terbaik 2021

0

Bernas.id – Terkenal dengan kota pelajar, Yogyakarta sangat digemari pelajar dari berbagai penjuru daerah untuk menimba ilmu di universitas atau kampus Jogja. Perantau yang datang ke kota dan kuliah di Jogja juga turut merasa jatuh cinta dengan destinasi wisata, kuliner dan kampusnya. Bahkan banyak sekali jumlah kampus di Yogyakarta ini baik swasta maupun negeri.

Kuliah di Yogyakarta sangat ramah di kantong, biaya hidup yang harus ditanggung mahasiswa dan pelajar juga sangat murah. Tidak heran jika persiapan panjang akan dilalui calon mahasiswa untuk mendapat kesempatan kuliah di Yogya guna mewujudkan cita-cita.

Jogja juga terkenal dengan pusat komunitas, bersama orang yang memiliki hobi dan bakat yang sama kamu akan lebih berkembang. Banyaknya pusat bisnis akan membuat kamu berpikir untuk kuliah sambil bekerja bahkan bisa memilih kesempatan mengambil kuliah online.

Kampus di Jogja menawarkan berbagai jurusan sesuai dengan apa yang kamu cari. Kamu juga bisa mencari beasiswa untuk kuliah S1 dan S2 gratis di kampus daerah Yogyakarta, tentunya dengan persiapan seleksi yang matang.

Baca juga: Beasiswa Kuliah di Jogja 2021, Cek dan Siapkan Persyaratannya

Daftar Universitas untuk Calon Mahasiswa yang Ingin Kuliah di Jogja

Daftar Universitas untuk Calon Mahasiswa yang Ingin Kuliah di Jogja

Selain sebagai pusat budaya dan pariwisata, Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki universitas terbaik dengan biaya kuliah yang murah dibandingkan di wilayah lainnya. Berikut adalah rangkuman kampus terbaik di Yogyakarta menurut data  Webometrics pada tahun 2021:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM resmi berdiri pada Tahun 1949 dan merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia bahkan masuk juga dalam deretan universitas terbaik di dunia. Tidak geran jika kampus ini menjadi incaran seluruh generasi bangsa apa lagi banyaknya fakultas dan jurusan favorit.

Lebih dari itu, setiap tahun kuota penerimaan mahasiswa semakin bertambah. Menjadi mahasiswa program S1, kamu harus mengikuti seleksi masuk melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, UM UGM, dan Jalur Prestasi. Sementara untuk Program S2 melalui jalur ujian tulis dan prestasi.

Selain hampir semua fakultas dan jurusan terakreditasi A oleh BAN-PT, banyak juga yang mendapat akreditasi internasional seperti Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) dari Amerika Serikat yaitu pada jurusan di antaranya adalah S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Mesin, dan jurusan lainya.

Selanjutnya, Accreditation Agency for Degree Programs in Engineering, Informatics/Computer Science, the Natural Sciences and Mathematics (ASIIN) dari Jerman telah didapatkan oleh jurusan S1 Statistika, S1 Ilmu Komputer, S1 Pembangunan Wilayah, dll. Korea Architectural Accrediting Board (KAAB) juga dimiliki oleh program studi S1 Arsitektur, dan masih banyak lagi akreditasi internasional yang diperoleh oleh berbagai jurusan di UGM.

Baca juga: 22 Kuliah Online Murah S1 dan S2 di Universitas Terbaik Indonesia

2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Merupakan universitas swasta dengan jurusan terbanyak di Indonesia yaitu ada 38 jurusan lebih yang dimiliki.  UMY juga sudah terakreditasi sangat baik (A) pada 2013 dan terakreditasi unggul (A) pada 2018 lalu.

Bagi yang ingin melanjutkan kuliah dengan memadukan ilmu agama dan umum bisa mempertimbangkan UMY sebagai pilihan. Mahasiswanya juga didesain sedemikian rupa agar menjadi lulusan unggul di bidang teknologi dan berpegang teguh pada nilai keislaman.

Baca juga: Inilah 10 Situs Kuliah Online Gratis Dapat Seritifikat Terbaik

3. Universitas Negeri Yogyakarta

Kamu memiliki cita-cita bekerja di dunia pendidikan? kamu bisa mempertimbangkan UNY untuk menjadi pilihan karena merupakan salah satu univ kategori pendidikan terbaik di Indonesia. Universitas ini banyak dilirik oleh mahasiswa  mancanegara setelah adanya kelas internasional. Salah satu fakultas favorit adalah Fakultas Ilmu Keolahragaan dengan fasilitas bertaraf internasional.

Baca juga: Mau Kuliah di Jakarta? Inilah Daftar Universitas Terbaik Jakarta

4. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Tempat kuliah di Yogyakarta kali ini merupakan salah satu PTS terbaik pada 2018 silam menurut data dari Kemenristekdikti. Sudah terakreditasi A sesuai SK Nomor 3632/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017.

Baca juga: Kuliah Online: Pengertian, Cara Daftar, Kelebihan, dan Kekurangannya

5. Universitas Islam Indonesia

UII didirikan pada 1945 merupakan Perguruan Tinggi Swasta tertua di Indonesia yang artinya sudah memiliki pengalaman lebih dari 70 tahun. Bisa menjadi pertimbangan dalam mengembangkan potensi yang kamu miliki. Menjadi PTS unggulan karena lebih dari 70 persen jurusan di UII sudah terakreditasi A.

Baca juga: Mau Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta? Inilah 8 Kampus Terbaik

6. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Sebuah universitas swasta yang didirikan oleh kaum Katolik pada 1965 dan berada di bawah naungan Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta dan di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Kampus ini memiliki 16 jurusan yang bisa dipilih salah satunya yaitu Teknik Sipil (Akreditasi A), Teknik Sipil Internasional (Akreditasi A), Teknik Arsitektur (Akreditasi A), Manajemen (Akreditasi A), Manajemen Internasional (Akreditasi A),  Akuntansi (Akreditasi A), Akuntansi Internasional (Akreditasi A), Ilmu Ekonomi (Akreditasi A), dan lain sebagainya.

Baca juga: Inilah 4 Cara Kuliah Sambil Kerja dan 4 Tips Terbaik yang Teruji

7. Universitas Sanata Dharma (USD) Sleman

Universitas USD juga patut dipertimbangkan. Merupakan universitas Katolik yang sekarang  dipenuhi oleh 8 Fakultas dengan 25 Program Studi, 3 Program Pasca Sarjana, 1 Program Profesi, dan 3 Program Kursus Bersertifikat.

Baca juga: 9 Kampus dengan Program Kuliah Online Terbaik di Jakarta 2021

8. Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Untuk menyeimbangkan dunia industri, kampus ini membuka jenjang pendidikan S1 menjadi 3 fakultas dan 9 jurusan yaitu Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Informatika, Matematika, Fisika, dan Kimia dan Teknik Geologi.

Baca juga: Informasi Kuliah di Inggris: Beasiswa, Universitas Terbaik, hingga Tips Lolos Seleksi

9. Universitas Jenderal Achmad Yani

Bagi yang ingin menjadi bagian dari warga Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) tahun 2021/2022 bisa mengunjungi laman http://pmb.unjani.ac.id. dan mengikuti seleksi dengan empat jalur penerimaan mahasiswa baru yaitu Prestasi, dan Jalur Ujian Saringan Masuk (USM).

Baca juga: 14 Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

10. Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Selain menyediakan kelas reguler, UMB juga memiliki kelas online atau karyawan dengan biaya tergolong murah. Dapat memilih sendiri waktu kuliah yaitu adanya kelas malam tatap muka hari senin sampai jumat pukul 19.00 – 21.30 WIB ditambah kelas online, ada juga kelas sabtu pagi dan sabtu siang ditambah kelas online.

Hal ini guna memudahkan karyawan yang hanya punya waktu di akhir pekan. UMB juga menyediakan kuliah ekstensi di Yogyakarta yaitu bagi lulusan yang hendak lanjut ke jenjang Sarjana dengan beban studi 42 sampai 72 sks dengan lama studi 3 sampai 4 semester.

Baca juga: 11 Jurusan Di Universitas Mahakarya Asia dan Peluang Karirnya

11. Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA)

Salah satu unversitas swasta terbaik di Jogja ini menyediakan program pendidikan berkualitas yang komprehensif dan termurah. Berlokasi di tiga tempat yakni di Yogyakarta, Jakarta, dan Baturaja Sumatera Selatan, UNMAHA menyediakan berbagai jurusan kuliah di antaranya adalah Diploma Perhotelan dan Pariwisata, S1 Teknik Arsitektur, S1 Akuntansi, S1 Teknik Informatika, S1 Kewirausahaan, S1 Sistem Informasi, S1 Sains Informasi Geografi (SIG), S1 Manajemen, S1 Teknik Industri, Diploma Teknik Informatika, dan Diploma Manajemen Informatika.

Baca juga:  Masa Depan dengan Profesi Terbaik Bermula di UNMAHA, Siap Jadi Diri Sendiri?

Kesimpulan

Demikian adalah Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang bisa kamu jadikan patokan untuk menimba ilmu. Banyak pertimbangan yang harus kamu perhatikan mulai dari akreditasi, fasilitas, bahkan biaya kuliah. Hal-hal tersebut akan menunjang kamu untuk lulus cepat program S1 karena tidak akan sabar untuk segera menggunakan ilmu tersebut di dunia kerja. Baik bekerja di sebuah perusahaan atau instansi atau justru membuka bisnis sendiri.

Baca juga: MAU KULIAH YANG PASTI BISA KERJA? PELAJARI SKILL KARIR PALING DICARI 5 TAHUN MENDATANG

Leave A Reply

Your email address will not be published.