Berita Nasional Terpercaya

Inilah 10 Sekolah Penerbangan Terbaik yang Ada di Indonesia

0

Bernas.id – Pendidikan tinggi jenjang sarjana sangat diperlukan untuk beberapa perusahaan atau bidang pekerjaan demi meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Berbagai bidang profesi atau pekerjaan mengharuskan para calon karyawannya untuk berpendidikan tinggi, tak terkecuali dengan profesi bidang penerbangan yang mengempuh sekolah penerbangan.

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi seorang pilot atau pramugari tentunya harus menjalani pendidikan tinggi berupa sekolah khusus bidang penerbangan. Maka dari itu, kuliah jurusan penerbangan sangat penting untuk dilakukan sebelum terjun langsung ke profesi pilot ataupun pramugari.

Di Indonesia, beberapa sekolah penerbangan hampir tersebar di beberapa kota besar. Salah satunya yaitu tempat kuliah penerbangan di Jakarta, kuliah penerbangan di Yogyakarta, kuliah penerbangan di Bali, kuliah penerbangan di Medan, kuliah penerbangan di Palembang, kuliah penerbangan di Malang, sekolah penerbangan Surabaya, dan sebagainya.

Beberapa tempat kuliah jurusan penerbangan di Indonesia tentu saja memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri yang diterapkan untuk mendukung sistem perkuliahan penerbangannya dengan baik. Maka dari itu, sebagai calon mahasiswa sekolah penerbangan harus bisa memilih tempat kuliah penerbangan yang tepat dan sesuai.

Lantas, apa sajakah sekolah dan tempat kuliah penerbangan terbaik di Indonesia? Berikut ini akan dijelaskan secara lebih rinci dan lengkap terkait sekolah penerbangan di Indonesia.

Sekolah-Pilot.com adalah konsultan pendidikan sekolah pilot swasta yang telah berdiri sejak 2015 dan memiliki partner sekolah pilot di Indonesia, Filipina, New Zealand, Australia, dan Amerika. Lebih dari 100 siswa telah dibantu masuk ke sekolah pilot yang diinginkan.

Baca juga: Bandara Jenderal Soedirman Mulai Layani Penerbangan Komersial 3 Juni 2021

Sekolah Penerbangan di Indonesia

Sekolah Penerbangan di Indonesia

Berbicara rencana sekolah penerbangan, maka kamu membutuhkan info tentang sekolah ini sebelum menjalani pendidikan penerbangan. Berikut ini adalah beberapa sekolah penerbangan terbaik di Indonesia dan tersebar di beberapa kota :

1. Bali International Flight Academy (BIFA)

Sekolah penerbangan BIFA ini menjadi salah satu tempat kuliah penerbangan di Bali yang paling unggul dan memiliki banyak peminat. Mengapa? Karena sekolah tersebut sudah banyak menghasilkan lulusan yang ahli serta bekerja pada maskapai Garuda, Lion Air, Citilink, Air Asia, Batik Air, dan sebagainya.

Sementara itu, tempat praktek latihan penerbangan sekolah BIFA ini biasanya memakai Bandara Buleleng Bali yang mana lalu lintas udaranya terbilang sepi. Sehingga, hal itu akan memudahkan para pelajar atau co-pilot untuk menjalani sesi latihan menerbangkan pesawat dengan leluasa. Biaya kuliah yang harus dikeluarkan tidak tanggung-tanggung, yaitu sekitar Rp 700 juta selama 1,5 tahun pendidikan.

Tentu saja, biaya tersebut sudah mencakup seluruh program yang ada di sekolah penerbangan BIFA, termasuk pula program pelatihan Commercial Pilot License (CPL), Lisensi Pilot Pribadi (PPL), dan juga izin terbang tambahan CPL (IR). Selain itu, sekolah BIFA ini juga menawarkan program empat lisensi yang mana termasuk MER dengan durasi waktu pendidikan selama dua tahun. Akan tetapi, biaya kuliah penerbangan di Bali dengan durasi dua tahun tersebut akan lebih tinggi.

Baca juga: Menhub Dorong Kolaborasi Sektor Penerbangan untuk Bertahan di Tengah Pandemi

2. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug

Sekolah penerbangan yang berlokasi di Tangerang ini sudah berdiri sejak tahun 1952. Tempat kuliah penerbangan ini dikelola oleh pemerintah dengan menawarkan empat program studi pendidikan penerbangan, yaitu jurusan teknik penerbangan, keselamatan penerbangan, manajemen penerbangan, serta penerbangan.

Kuliah penerbangan di STPI ini memiliki jalur masuk yang cukup ketat serta hanya meluluskan 20 mahasiswa yang memiliki kualitas terbaik setiap tahunnya. Di samping itu, biaya kuliah yang harus dibayarkan untuk sekolah penerbangan di STPI cukup terjangkau, yaitu Rp 65.150.000 – Rp 88.350.000 dengan durasi pendidikan maksimal empat tahun untuk D4 dan tiga tahun untuk D3.

Tentu saja, biaya-biaya sekolah penerbangan tersebut sudah termasuk biaya akademik, perlengkapan, makan, asrama, hingga biaya wisuda. Sekolah penerbangan STPI ini tergolong tempat kuliah penerbangan dengan biaya yang murah dan terjangkau. Hal ini dikarenakan sekolah tersebut dikelola oleh pemerintah serta mendapatkan bantuan dana darinya.

Baca juga: Cegah Varian Baru Virus Corona, Kemenhub Terbitkan SE Atur Penerbangan Internasional

3. Bandung Pilot Academy

Sekolah penerbangan Bandung ini sudah berdiri sejak tahun 2008 dengan pusat pelatihannya berada di Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Dengan teknologi pelatihannya yang canggih, sekolah penerbangan ini hanya memiliki durasi belajar yang singkat dalam menempuh pendidikannya, yaitu sekitar 12 bulan atau satu tahun.

Di samping itu, biaya kuliah penerbangan yang harus dikeluarkan untuk kuliah penerbangan di sini yaitu Rp 850 juta. Jumlah biaya tersebut sudah termasuk Commercial Pilot License (CPL), Lisensi Pilot Pribadi (PPL), izin terbang tambahan CPL (IR), serta Multienginee Rating (MER).

Baca juga: Mengenal Kelas pada Maskapai Penerbangan dan Tips Memilih Kelas yang Sesuai dengan Anda

4. Deraya Flying School

Salah satu tempat kuliah penerbangan di Jakarta yaitu Deraya Flying School. Sekolah penerbangan tersebut menjadi sekolah tertua di Indonesia yang sudah berdiri sejak 1972. Tempat latihan dan praktek sekolah ini berada di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta.

Kuliah penerbangan Jakarta ini menawarkan program kuliah yang memiliki tiga lisensi dengan biaya kuliah sekitar Rp 855 juta dan empat lisensi dengan biaya kuliah Rp 1 miliar. Durasi kuliah dengan program tiga lisensi hanya 1,5 tahun dan untuk empat lisensi mencapai 2 tahun masa kuliah.

Baca juga: Angkasa Pura I Hentikan Layanan Penerbangan untuk Penumpang, Cegah Covid-19

5. Eagle Air Academy

Sekolah penerbangan yang satu ini khusus untuk para calon pilot yang ingin mempelajari teknik penerbangan dengan baik, mahir, hingga professional. Di tempat kuliah penerbangan ini, para calon pilot akan disuguhkan dengan teori dan praktik, khususnya tentang jam terbang dalam mengendalikan serta mengemudikan pesawat.

Selain itu, guru atau instruktur pengajar sekolah penerbangan ini sudah sangat mahir bagi para calon pilot dengan kurikulum pendidikan yang sudah berstandar pada penerbangan modern. Pasalnya, lulusan dari sekolah penerbangan ini menghasilkan pilot yang profesional di bidangnya.

Kemudian, masa pendidikan yang harus ditempuh di sekolah penerbangan ini hanya sekitar 8 bulan dan sudah mendapatkan lisensi sebagai seorang pilot yang handal dan professional.

Baca juga: 8 Sekolah Penerbangan Terancam Ditutup, Ini Kata Menhub

6. Nusa Flying International

Sekolah penerbangan ini merupakan tempat kuliah penerbangan di Jakarta yang bekerjasama dengan maskapai Lion Air. Kantor pusat dan sekolahnya pun berada di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta serta tempat latihan dan prakteknya berada di Bandara Budiarto Curug dan Raden Intan Lampung. Para lulusan dari sekolah penerbangan ini sering direkrut sebagai pilot untuk maskapai Lion Air.

Baca juga: Daftar Universitas Kuliah Jurusan Bisnis Manajemen di Indonesia

7. Proflight Pilot School

Tempat kuliah penerbangan ini bisa menjadi salah satu pilihan sekolah penerbangan terbaik serta berlokasi di Jakarta. Sekolah tersebut sudah berdiri sejak tahun 2010 dan memiliki program PPL, CPR, serta IR. Ketiga jenis lisensi tersebut dikembangkan dan dipelajari dengan baik oleh para mahasiswa sekolah penerbangan tersebut.

Baca juga: Mau Kuliah di Jogja? Inilah 11 Daftar Universitas Terbaik 2021

8. Alfa Flying School

Sekolah penerbangan ini merupakan salah satu tempat kuliah penerbangan Jakarta yang berlokasi di Jakarta Timur. Tempat kuliah penerbangan ini sudah berdiri sejak tahun 2007 dengan tempat praktek dan belajar berada di Bandara Halim Perdanakusuma. Di samping itu, sekolah tersebut juga memiliki empat titik untuk latihan penerbangan bagi para mahasiswanya.

Baca juga: Mau Kuliah di Jakarta? Inilah Daftar Universitas Terbaik Jakarta

9. Dirgantara Pilot School

Selain di daerah Jakarta, sekolah penerbangan di Jawa Timur juga ada dengan nama Dirgantara Pilot School. Sekolah penerbangan yang berlokasi di Sidoarjo ini dikhususkan bagi para calon pilot yang ingin mempelajari ilmu penerbangan dengan baik. Selain itu, tempat kuliah penerbangan ini juga memiliki tempat latihan tersendiri berupa bandara.

Baca juga: 11 Jurusan Di Universitas Mahakarya Asia dan Peluang Karirnya

10. Flybest Flight Academy

Berpindah ke daerah Pulau Sumatera, sekolah penerbangan dengan nama Flybest Flight Academy berlokasi di Provinsi Riau. Tempat kuliah penerbangan tersebut terletak di daerah Batam dengan kualitas dan fasilitias pendidikan penerbangan yang mumpuni. Selain itu, terdapat pula 4 unit aircraft dan 6 instruktur asing yang handal dan berpengalaman di bidang penerbangan untuk mengajar di sekolah tersebut.

Baca juga: Meraih Prospek Kerja Menjanjikan dengan Kuliah di UNMAHA, Buka Pendaftaran Sekarang

Kesimpulan

Itulah beberapa sekolah khusus penerbangan terbaik di Indonesia yang tersebar di berbagai daerah. Tempat kuliah penerbangan di Indonesia tersebut memiliki fasilitas dan kualitas pendidikan yang berbeda. Maka dari itu, para calon mahasiswa sekolah penerbangan diharapkan bisa memilih dan menyesuaikan dengan minat, bakat, dan kemampuan yang dimiliki.

Pilihan kuliah penerbangan di Jogja, kuliah penerbangan di Banjarbaru, kuliah penerbangan di Semarang, kuliah penerbangan di Surabaya, kuliah penerbangan di Makassar, kuliah penerbangan di Pekanbaru, Sekolah penerbangan Solo ataupun kuliah penerbangan di Banjarmasin dapat kamu pilih asalkan terus belajar dengan baik hingga menjadi seorang pilot yang handal.

Baca juga: MAU KULIAH YANG PASTI BISA KERJA? PELAJARI SKILL KARIR PALING DICARI 5 TAHUN MENDATANG

Leave A Reply

Your email address will not be published.