Berita Nasional Terpercaya

Keistimewaan Yogyakarta Bagi Kamu Penjelajah Destinasi Seni Budaya

0

Bernas.id – Kota yang memiliki julukan Jogja Istimewa merupakan pusat peradaban budaya di Jawa Tengah. Daerah Istimewa Yogyakarta kaya akan budaya baik dalam bentuk literatur ataupun hasil karya cipta. Tidak hanya itu, lingkungannya juga mendukung loh buat anak rantau karena penduduknya terkenal ramah.

Keramahan penduduk ini yang membuat wisatawan, pelajar luar daerah maupun mancanegara merasa nyaman. Faktor internal seperti ini yang akan membawa perwujudan pembangunan martabat wilayah Yogyakarta dan sekitar.

Kamu yang berniat melepas penat dengan berkunjung ke Yogyakarta juga tidak perlu ragu perihal transportasi. Di Yogya sudah ada bandara baru, Yogyakarta International Airport (YIP).  Tidak lagi capek-capek turun di bandara lain pastinya, supaya waktu penjelajahan pesona Yogya lebih lama lagi.

Berbicara soal pesona Yogya, banyak rekomendasi tempat untukmu. Mulai dari yang bersifat sejarah, tempat belanja murah, sampai tempat instagramable yang bisa kamu pilih di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga: Mengenal Wisata Medis dan Potensinya di Indonesia

 

Sembilan Tempat Wisata di Yogja yang Tidak Boleh Dilewatkan

Kota yang tergolong sangat nyeni ini memiliki banyak objek wisata. Candi-candi megah dan terkenal sejarahnya ada di Kota ini. Keindahan alamnya juga tidak kalah menawan untuk memanjakan indra penglihatan kamu loh sobat. Penasaran? Yuk, disimak beberapa tempat wisata berikut ini:

1. Candi Borobudur

candi borobudur

Candi Borobudur memiliki luas mencapai 15.129 meter persegi, tinggi 42 meter terdiri dari 10 tingkat, dan panjangnya 1 km dengan diwarnai stupa. Tidak heran, candi ini masuk di warisan dunia versi UNESCO terletak di Magelang, Yogyakarta, Jawa Tengah. Candi bernuansa agama Buddha ini merupakan terluas di dunia.

Jika dilihat dari atas, candi ini membentuk seperti bunga teratai dengan 72 stupa. Bagi kamu yang hobi di bidang photografi sangat cocok untuk memperlihatkan kemahiran pemotretan di sini baik foto down maupun sundown. Cuaca yang cukup panas akan membuat peluang penyedia jasa sewa payung menjadi laris. Menambah spot foto menarik jika dilihat dari atas.

Baca juga: Nilai-nilai Lokal Harus Ditingkatkan dalam Tawaran Pariwisata Yogyakarta

2. Keraton Ratu Boko

Terletak di Sleman Yogyakarta, bangunan ini mirip keratin/istana yang disertai tempat kremasi jenazah, ada juga pendopo, paseban, kolam, keputren, sumur suci, dan juga goa. Pemandangan yang elok juga cocok dipakai untuk prewedding loh sobat. Yuk langsung cek lokasi. Harga tiket masuk cukup terjangkau yaitu anak-anak Rp 10.000 sedangkan dewasa Rp 25.000, dan 13 USD untuk mancanegara.

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan tidak seperti yang ada di dongeng yang berisi 1000 candi kurang satu. Candi ini hanya memiliki 240 candi, dan candi terpenting di sini yaitu Candi Dewa Siwa, Wisnu dan Brahma dikenal dengan Candi Trimurti. Terletak di Sleman, Yogyakarta yaitu tepat depan keraton Ratu Boko. Harga tiket masuk dibanderol Rp 25.000 untuk anak-anak, dan Rp 50.000 dewasa serta 25 USD untuk wisatawan mancanegara.

4. Jalan Malioboro

aksesoris di Malioboro Yogyakarta

Cari wisata malam? Tepat banget kalau kamu berkunjung ke Malioboro. Di deretan jalan akan banyak penjual pakaian, aksesoris, kuliner, dan tempat nongkrong pelajar. Di sini juga kamu bisa menyaksikan berbagai penampilan grup musik jalanan yang kualitasnya cukup untuk didengar dan menghibur sobat. Syukur bisa memberi kesan romantis pengunjung yang singgah.

5. Wisata Alam Kalibiru

Berada di Kabupaten Kulon Progo DIY, wisata Alam Kalibiru cukup hemat di kantong yaitu Rp 10.000. Bagi sobat yang menyukai tantangan bisa berkunjung ke sini untuk menikmati flying fox.

Baca juga: Jurusan Perhotelan dan Pariwisata: Mata Kuliah dan Prospek Kerja

6. Goa Jomblang Gunung Kidul

Tempat wisata alam di Jogja yang ekstrim yaitu Goa Jomblang dan terletak di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Harga tiket masuk cukup mahal karena dilengkapi dengan alat keamanan seperti tali, sepatu boot, dan makan siang. Patokan harga mulai dari Rp 450.000 sampai Rp 1.000.000. Goa yang terbentuk dari proses geologi yaitu sebuah tanah yang ambles sehingga goa ini membentuk sumur raksasa sangat dalam.

7. Pantai Wediombo

Pantai dengan pasir putih ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Harga tiket cukup menyehatkan kantung yaitu Rp 5.000. Namun jangan kaget, ketika sampai lokasi harus menaiki tangga selama 15-20 menit. Tapi pemandangannya yang apik akan membuat kamu tidak menyesal. So, buruan mampir.

8. Pantai Pok Tunggal

Destinasi alam satu ini juga wajib buat kamu. Pantai berjuluk “The Hidden Paradise” terletak di Kabupaten Gunung Kidul DIY. Kamu bisa melepas lelahmu di sini loh, karena bisa melakukan banyak kegiatan menarik seperti rock mountain climbing, renang, berjemur, berfoto, diving, dan snorkeling.

Harga tiket mulai Rp.3.000 sampai Rp.10.000 tergantung kendaraan yang kamu gunakan. Ada aliran air tawar sungai bawah tanah yang tidak bercampur dengan air laut loh di sana, keunikan yang bisa kamu nikmati. Yuk, tunggu apa lagi.

9. Taman Pintar

Sesuai namanya, taman ini menyediakan aspek edukasi yang cocok untuk pelajar. Berlokasi di Jalan Panembahan Senopati No.1-3 Yogyakarta, tempat ini menyediakan wahana seperti Parabola Berbisik, Pipa Bercerita, Cakram Spektrum Menari, Sistem Katrol, Rumah Pohon, Istana Pasir, toko buku, dan banyak lagi.

Tentunya berwisata di lokasi wisata Jogja ini bisa menambah pengetahuan sains dan teknologi anak loh bun. Tiket masuk cukup terjangkau yaitu anak-anak Rp 12.000 dan dewasa Rp 20.000. Yuk kesana sebagai wujud memanjakan anak anda dengan cara yang berbeda.

Baca juga: Beginilah Imbas Virus Corona Bagi Pariwisata Yogyakarta

Kesenian dan Kuliner Yogyakarta yang Harus Kamu Tahu

Bajai di Jogja

Dalam menjelajah keistimewaan Yogyakarta, akses yang bisa kamu pilih salah satunya dengan berjalan kaki, maupun menggunakan transportasi lokal seperti becak, andong, mobil roda tiga, dan lainnya. Namun jika hendak menjangkau lokasi yang lebih jauh bisa menyewa mobil maupun bus.

Baca juga: Nilai-nilai Lokal Harus Ditingkatkan dalam Tawaran Pariwisata Yogyakarta

Kesimpulan

Apabila kamu tertarik mengamati kearifan lokal di Yogyakarta, yuk coba datang ke tiga desa Tembi, Pentingsari, dan Nglanggeran. Tiga desa ini sangat kental akan budaya seperti gamelan, membuat janur, wayang, dan tarian adat.

Kulineran asik juga bisa kamu cicipi di kota ini, mulai dari minum jamu, cemilan bakpia, dan santapan gudeg khas Jogja dengan racikan bumbu tradisional khas kota Jogja. Dijamin perut dan lidah kamu akan nyaman.

Perihal oleh-oleh, kamu bisa mencoba datang ke pusat batik Jogja yang memiliki banyak motif batik diantaranya adalah motif Parang Kusumo, Kawung, dan Truntum. Setiap motif memiliki filosofi di setiap guratannya.

Gimana sobat, sudah tertarik menjelajah kota khas gudeg? Semoga tempat-tempat di atas bisa menjadi rekomendasi destinasi kamu di akhir tahun atau liburan ya. Tetap di jalur bahagia.

Baca juga: Daftar Kampus Jurusan Perhotelan dan Pariwisata di Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.