Berita Nasional Terpercaya

Informasi Biaya Kuliah dan Hidup di Kanada

0

BERNAS.ID –  Biaya kuliah di Kanada pasti menjadi pertanyaan banyak orang. Kanada merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan studi paling populer di kalangan pelajar internasional, termasuk Indonesia.

Pendidikan berkualitas tinggi dengan biaya kuliah yang terjangkau adalah hal yang membuat Kanada banyak digemari pelajar dari berbagai dunia.

Selain itu, Kanada juga memiliki banyak perguruan tinggi yang selalu masuk dalam catatan kampus terbaik dunia. Dibandingkan dengan Amerika Serikat, biaya kuliah di Kanada jauh lebuh murah, proses aplikasi yang lebih sederhana, dan banyak peluang untuk menjadi penduduk permanen di negara tersebut.

Biaya kuliah di Kanada

Council of Ministers of Education Canada (CMEC), setiap universitas Kanada memiliki biaya studi yang berbeda-beda, tergantung pada beberapa faktor. Faktor yang memengaruhi biaya kuliah di Kanada salah satunya adalah jenis program yang kita ambil selama berkualiah, apakah program sarjana atau pascasarjana.

Biaya kuliah di Kanada untuk Program Sarjana

Menurut Statistics Canada, biaya kuliah di Kanada untuk mahasiswa internasional rata-rata berkisar 22,500 dollar AS atau Rp326 juta per tahun.

Untuk program studi humaniora, biaya yang dibutuhkan sekitar 5.542 per tahun atau sekitar Rp80 juta. Program kuliah kedokteran membutuhkan biaya yang lebih mahal, yaitu sekitar 10.724 dollar AS atau sekitar Rp155 juta.

 Kuliah kedokteran gigi di Kanada biasanya membutuhkan biaya sekitar  kedokteran gigi 16.446 dollar AS atau Rp238 juta. Biaya untuk kuliah jurusan  bisnis dan manajemen di Kanada sekitar 5.170 dollar AS atau Rp75 juta per  tahun.

Baca juga: Informasi Kuliah di Inggris: Beasiswa, Universitas Terbaik, hingga Tips Lolos Seleksi

Biaya kuliah Pascasarjana

Dibandingkan kuliah program sarjana, biaya kuliah pascasarjana di Kanada tergolong lebih murah. Namun, hal itu tetap tergantung pada jurusan studi yang akan kita ambil.

Biaya kuliah di Kanada untuk program pascasarjana biasanya sekitar 13.437 dollar AS atau sekitar Rp195 juta.

Seperti halnya kuliah di negara lain, kuliah untuk program Executive MBA  umumnya yang paling mahal, rata-rata sekitar 42.657 dollar AS atau sekitar Rp 619 juta. Program Executive MBA  merupakan gelar yang dirancang untuk mereka yang sudah memiliki pengalaman profesional.

Program Executive MBA bertujuan agar mahasiswa bisa meraih posisi sekelas pimpinan eksekutif dan manajerial. Biasanya, program ini diselesaikan dalam jangka waktu kurang dari dua tahun. Mahasiswa yang mengambil program ini juga bisa kuliah sembari bekerja.

Untuk program MBA reguler, biaya kuliah di Kanada mencapai 20.747 dollar AS atau Rp 301 juta.

Biaya Visa pelajar dan pendaftaran untuk kuliah di Kanada

Untuk sekola di Kanada, Anda harus memiliki visa pelajar. Biaya pembuatan visa untuk kuliah di Kanada ini sekitar 114 dollar AS atau Rp1,6 juta. Anda juga membutuhkan biaya pendafatran keuniversitas di Kanada.

Biasanya, universitas di Kanada mematok biaya pendaftaran bervariasi, tergantung dari negara mana Anda berasal. Namun, rata-rata biaya pendaftaran untuk peljar internasional berkisar  89,70 dollar AS atau Rp 1,3 juta.

Baca juga: Perjalanan Kaprodi Arsitektur UNMAHA Raih Beasiswa di Inggris

Biaya hidup di Kanada

Selain biaya kuliah, Anda juga harus menyiapkan biaya hidup di Kanada. Sama halnya dengan biaya untuk keperluan sekolah, biaya hidup di Kanada  juga sangat bervariasi tergantung pada lokasi dan gaya hidup.

Université de Montréal memperkirakan kebutuhan hidup mahasiswanya mencapai siswa akan membutuhkan total 11.847 dollar AS per tahun atau sekitar Rp 172 juta. Biaya tersebut sudah termasuk tempat tinggal, makanan, akomodasi, buku dan perlengkapan studi, biaya telepon dan biaya lain-lain.

Demikian pula, University of British Columbia, yang berlokasi di Vancouver, memperkirakan biaya hidup yang dibutuhkan mahasiswanya  sebesar 12491 dollar AS atau Rp 181 juta rupiah per tahun.

Toronto dan Vancouver  terkenal sebagai kota dengan biaya hidup paling mahal di Kanada. Biaya sewa tempat tinggal di dua kota tersebut sangat menguras kantong. 

Untuk kuliah di Kanada, kalian juga bisa mencoba berbagai program beasiswa di Kanada. Dengan begitu, soal dana tak lagi menjadi penghalang untuk sekolah di Kanada.

Leave A Reply

Your email address will not be published.