Berita Nasional Terpercaya

Ungkapan Duka Mengalir atas Wafatnya Rachmawati Soekarnoputri?

0

BERNAS.ID – Ungkapan duka atas meninggalnya Putri Presiden pertama RI Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri, membanjiri media sosial. Tokoh publik dan warganet turut menyampaikan doa terbaik bagi Rachmawati.

Sebagai informasi, Rachmawati menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, pada Sabtu (3/7/2021), sekitar pukul 06.15.

Politisi Partai Gerindra itu diketahui meninggal setelah berjuang melawan Covid-19.  Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengucapkan belasungkawa melalui akun Instagram pribadinya.

“Innalillahi w r. Turut berdukacita sedalam-dalamnya atas wafatnya Ibu Rachmawati Sukarnoputri. Semoga semua amal ibadah dan perjuangannya untuk nusa dan bangsa Indnesia diiterima Allah SWT. Aamiin YRA,” tulisnya.

Menteri Pariwisata Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga menyampaikan duka dengan mengunggah potret dirinya bersama Rachmawati. Sandiaga menyebut Indonesia telah kehilangan putri terbaik bangsa. 

“Innalillahi wainnailaihi ro’jiun. Kita kembali berduka. Indonesia baru saja kehilangan sosok putri terbaik bangsa, Ibu Rachmawati Soekarnoputri, putri dari Presiden pertama kita, Ir. Soekarno,” kicaunya di Twitter.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menggambarkan Rachmawati sebagai teman diskusi di meja makan, yang selalu dilakukan hampir setiap bulan. Fadli Zon juga mengunggah dua foto yang memperlihatkan dirinya duduk bersama Rachmawati menghadap meja makan.

“Seorang yang teguh pendirian, berpihak pada rakyat dan terakhir selalu memikirkan Papua. Insya Allah husnul khotimah. Al Fatihah,” kicaunya.

Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono juga menyampaikan duka mendalam. Dia berbagi kenangan ketika berkunjung ke rumah Rachmawati.

“Masih terkenang saat bersilaturahmi ke rumah beliau, diterima dgn hangat seperti anak sendiri. Selamat jalan bu Rachma.. semoga husnul khotimah. Diberi tempat terbaik di sisi Allah SWT,” tulisnya di Twitter.

Terkait rencana pemakaman, pihak rumah sakit masih menanti kabar dari keluarga. Beredar kabar, Rachmawati akan dibawa ke pemakaman San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat.

Profil Rachmawati Soekarnoputri

Mengutip situs Kepustakaan Presiden, Perpustakaan Nasional, Rachmawati memiliki nama lengkap Diah Pramana Rachmawati Soekarno.

Dia lahir di Jakarta pada 27 September 1950. Ketika berusia tiga tahun, anak ketiga dari pasangan Soekarno dan Fatmawati  ini lebih dekat dengan ayahnya. Sebab kala itu, Fatmawati meninggalkan istana sebagai bentuk protes atas pernikahan Soekarno dengan Hartini.

Rachmawati kecil kemudian diasuh oleh ibu angkatnya, Ibu Hadi, seorang perempuan asal Solo. Terkait sekolah, dia menempuh pendidikan SD dan SMP Perguruan Cikini, Jakarta. 

Rachmawati juga belajar menari Jawa, Sunda, dan Sumatra. Dia juga gemar berolah raga seperti anggar, renang, dan bulu tangkis atau badminton. Kemudian, dia melanjutkan pendidikan di SMA Santa Ursula, Jakarta, dan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Selanjutnya, dia memilih berkuliah S1 Hukum di Universitas Bung Karno pada 2002. Pada 2020, dia baru saja menyelesaikan program pascasarjana di universitas yang sama dan meraih gelar Magister Hukum.

Selama hidupnya, Rachmawati telah menikah beberapa kali. Pernikahan pertamanya bersama dr. Martomo Pariatman Marzuki alias Tommy Marzuki pada 1969.

Pernikahan tersebut tidak berlangsung lama. Kemudian, Rachmawati menikah dengan aktor fil Dicky Suprapto pada 1975. Keduanya dikaruniai dua putra.

Setelah bercerai dari Dicky, dia menikah pada 1995 dengan Benny Sumarno. Namun, Benny meninggal dunia pada April 2018.

Rachmawati juga tercatat aktif dalam bidang politik, bahkan memiliki sikap politik yang berbeda dengan sang kakak, Megawati Soekarnoputri.

Terakhir, Rachamawati menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina partai Gerindra. Sebelumnya, dia pernah mendirikan Partai Pelopor pada 2002.

Dia juga sempat bergabung dengan Partai NasDem, namun hanya bertahan selama dua tahun. Rachmawati mengaku memiliki pandangan yang berbeda dengan partai yang didukung oleh Surya Paloh itu.

Pada pemilu presiden 2014, Rachmawati memberikan dukungan penuh kepada Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, sementara NasDem mendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Leave A Reply

Your email address will not be published.