Berita Nasional Terpercaya

Pengetatan Persyaratan Masuk Indonesia Bagi WNI, WNA

0

JAKARTA, BERNAS.ID –  Seiring dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Pemerintah Republik Indonesia menerapkan beberapa penambahan syarat bagi warga negara asing yang hendak masuk ke Indonesia. Kepala Satuan Tugas Covid-19, Ganip Warsito, dalam konferensi pers yang digelar pada hari Minggu (4/7) menyatakan bahwa penambahan syarat tersebut tertuang dalam adendum Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 8 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi Covid-19.

“Latar belakangnya sudah kita pahami bahwa telah terjadi peningkatan sebarang Covid-19 dan varian baru lainnya. Sehingga perlu ada respons pemerintah menambah ketentuan khusus pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Indonesia,” kata Ganip.

Dalam surat edaran tersebut, WNA yang akan masuk ke Indonesia harus dapat menunjukkan bukti vaksinasi Covid-19 dengan dosis lengkap. Akan tetapi, hal ini hanya berlaku bagi diplomat asing, kepala perwakilan asing, dan keluarga kepala perwakilan asing setingkat menteri ke atas.

Lebih lanjut, WNA yang akan masuk Indonesia harus menunjukkan surat negatif Covid-19 dari hasil tes PCR dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam. Setelah dokumen-dokumen tersebut diverifikasi, WNA yang bersangkutan harus kembali langsung menjalani tes swab PCR di bandara.

Baca juga: Harga Obat dan Alkes Covid-19 Melambung Tinggi, Laporkan! Jangan Ragu!

Jika hasilnya positif, maka WNA tersebut akan mendapatkan perawatan lanjutan dari tenaga kesehatan. Jika hasilnya negatif, maka WNA tersebut diperkenankan melakukan isolasi mandiri selama 8×24 jam.

Sementara itu, WNI yang melakukan perjalanan internasional dan hendak masuk ke Indonesia juga wajib melakukan hal yang sama. Perbedaannya adalah, WNI yang belum mendapat vaksin dari negara asal akan mendapat vaksin di dalam negeri setelah melakukan isolasi mandiri 8×24 jam dan dinyatakan negatif Covid-19 dari hasil pemeriksaan PCR kedua.

“Bagi WNI yang belum divaksin akan mendapatkan vaksin Covid-19 di dalam negeri setelah selesai melakukan isolasi mandiri dan tes ulang PCR negatif di hari ke-7 isolasi,” ujar Ganip.

Selain itu, pemerintah juga menyediakan akomodasi untuk isolasi mandiri bagi pekerja migran, pelajar, mahasiswa, dan pegawai pemerintah yang kembali dari perjalanan dinas luar negeri. WNI pelaku perjalanan internasional yang tidak masuk dalam kategori di atas harus menjalani isolasi mandiri yang ditanggung sendiri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.