Berita Nasional Terpercaya

Mau Kuliah di Amerika Serikat? Berikut Perkiraan Biayanya

0

BERNAS. ID – Siapa sih yang tak ingin mendapatkan kesempatan untuk kuliah di Amerika Serikat? Namun, hidup di Amerika meski sekadar untuk melanjutkan studi tentu saja tak mudah.

Selain kendala bahasa dan budaya yang berbeda, uang seringkali menjadi penghambat banyak orang yang ingin kuliah di Amerika Serikat.

Amerika Serikat memang menjadi negara tujuan untuk melanjutkan studi yang paling populer. Ini bukan hal yang mengejutkan mengingat ada banyak universitas AS yang masuk dalam daftar perguruan tinggi terbaik di dunia.

Namun, biaya hidup di AS juga terkenal sangat mahal. Nah, kira-kira berapa sih biaya kuliah di AS? Berikut informasinya:

Biaya kuliah di AS

Berdasarkan data Times of Higher Education, biaya kuliah di Amerika Serikat berkisar dari 5.000 hingga 50.000 dollar AS per tahun untuk studi jenjang sarjana.

Jika dihitung dengan indeks rupiah, maka total dana yang harus kita keluarkan untuk kuliah di Amerika mencapai Rp72 juta hingga Rp725 juta per tahun.

Proses studi jenjang sarjana biasanya membutuhkan waktu empat tahun. Jadi, total biaya yang dibutuhkan hingga lulus kuliah di Amerika mencapai 132.860 dollar AS atau sekitar Rp1,9 miliar

Biaya hidup di AS

Selain biaya kuliah, untuk melanjutkan studi di AS kita juga perlu memperhitungkan biaya hidup di negara super power tersebut. Dari sumber yang sama, dijelaskan biaya hidup di kawasan Midwest AS tergolong lebih rendah.

Sementara itu, biaya hidup di kawasan Amerika Timur dan kawasan Northeast tergolong mahal. Untuk sewa apartemen, biaya per bulan bisa mencapai 500 dollar AS atau sekitar Rp 7,2 juta untuk kawasan pinggiran kota.

Untuk biaya sewa apartemen di pusat kota AS, maka biaya yang dibutuhkan bisa mencapai 3.500 dollar AS atau sekitar Rp 50 juta.

Sementara itu, biaya listrik untuk per bulan bisa mencapai  50 hingga 81 dollar AS atau sekitar Rp726 ribu hingga Rp1,1 juta.

Untuk biaya pemakaian air, saluran pembuangan, dan pengumpulan sampah dibayar oleh pemilik apartemen. Jika memang dibebankan ke penyewa, maka biaya yang harus dibayarkan sekitar 50 hingga 75 dollar AS atau Rp726 ribu hingga Rp1 juta setiap tiga bulan.

Untuk biaya membeli bahan makan mingguan di AS mencapai 20 dan 70 dollar AS per orang atau sekitar Rp290 ribu hingga Rp1 juta.  

Baca juga: Informasi Kuliah di Inggris: Beasiswa, Universitas Terbaik, hingga Tips Lolos Seleksi

Biaya lain-lain

Selain biaya sewa apartemen dan kebutuhan makan, selama melanjutkan studi di AS kita juga membutuhkan akses internet yang biasanya memakan biaya sekitar 35 hingga 60 dollar As atau Rp308.000 hingga Rp871.000 per bulan.

Biaya tiket transportasi umum bulanan sekitar 50 hingga 60 dolar AS atau sekitar Rp726.000 hingga Rp 871.000 per bulan. Namun, beberapa  daerah biasanya menawarkan harga diskon untuk pelajar.

Untuk biaya membeli buku dan berbagai perlengkapan penunjang studi, biasanya membutuhkan biaya sekitar 1.560 dollar AS atau sekitar Rp22 juta per semester.

Kalian juga perlu menyiapkan dana tambahan untuk pembuatan visa pelajar yang biasanya memakan ongkos sekitar 510 dollar AS atau sekitar Rp740.000.

Proses pembuatan visa biasanya memakan waktu yang lama, yaitu sekitar tiga hingga lima bulan sebelum perkuliahan berjalan.

Perkiraan mengenai biaya akomodasi dan biaya kuliah AS biasanya juga tersedia di masing-masing web resmi setiap universitas. Setelah mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan, kalian bisa fokus untuk menentukan langkah agar diterima di universitas AS.

Sebab, mendaftar di Universitas AS tentu tidak mudah karena ada banyak pesaing dari berbagai negara yang akan kalian temui. Oleh karena itu, dibutuhkan trik khusus agar diterima di Universitas AS.

Leave A Reply

Your email address will not be published.