Berita Nasional Terpercaya

Pemkot Yogyakarta Rencanakan Buka Sentra Vaksinasi

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID– Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja menargetkan vaksinasi COVID-19, khususnya bagi warga berusia 18 tahun ke atas bisa selesai bulan Juli 2021.
salah satu strategi untuk mencapai target tersebut dengan membuka sentra vaksinasi Pemkot Jogja.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kota Jogja, Lana Unwanah menerangkan, lokasi sentra vaksinasi masih dalam pembahasan. Harapannya sentra tersebut bisa melayani 500 warga dalam sehari.

“Kapasitas sentra juga bisa ditingkatkan apabila ada tambahan tenaga kesehatan atau relawan,” ujarnya, Kamis (8/7/2021). 

Ia meneruskan, selain menyiapkan sentra vaksinasi, sedang dalam persiapan pula adalah proses pendaftarannya. Ada rencana untuk pendaftaran vaksinasi usia 18 tahun ke atas bisa daring melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Apabila vaksinasi untuk warga Kota Jogja berusia 18 tahun ke atas sudah mencapai minimal 75 persen, Pemkot Jogja akan perluas sasaran pada anak berusia 12-17 tahun.

“Oleh karenanya, hingga saat ini, di Kota Jogja memang belum melayani vaksinasi untuk anak 12-17 tahun,” imbuhnya.

Baca juga: Walikota Jogja Minta Instansi Swasta Bikin Program Vaksinasi

Ia mengaku, sejauh ini capaian vaksinasi di Kota Jogja cukup tinggi. Meskipun tidak semua warga yang mendapat vaksin adalah warga Kota Jogja. “Cakupan vaksinasi di Kota Jogja memang cukup tinggi, tetapi lebih dari separuhnya bukan penduduk kota,” kata Lana.

 

Hal ini menurutnya dimungkinkan terutama saat vaksinasi untuk kategori pelayan publik. Dan di Kota Jogja sendiri, terdapat banyak pekerja yang berasal dari luar kota. (den

Leave A Reply

Your email address will not be published.