Berita Nasional Terpercaya

Menkes Optimis Target 2 Juta Vaksin per Hari Tercapai

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan optimismenya bahwa Indonesia dapat mencapai target 2 juta dosis di bulan ini, sesuai dengan target yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Budi mengklaim bahwa Kementerian Kesehatan sudah mendistribusikan 13 juta dosis vaksin Covid-19 ke daerah-daerah untuk memenuhi target tersebut.

“Jadi insyaallah target 2 juta dosis vaksin sehari itu bisa tercapai. Minggu lalu kita kirim sekitar 13 juta dosis vaksin, didistribusikan ke seluruh daerah, kekurangan vaksin itu hanya di akhir Juli saja,” kata Budi dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal di YouTube pada hari Senin (2/8).

Lebih lanjut, Budi juga menyampaikan bahwa Indonesia dijadwalkan akan menerima 70 juta dosis vaksin Covid-19 di bulan Agustus, sehingga stok vaksin Covid bisa mencapai 80 juta dosis. Targetnya, total 60 juta dosis vaksinasi diberikan bulan ini.

Baca juga: 3,5 Juta Dosis Vaksin Moderna Tiba di Indonesia

“Agustus ini kita akan kedatangan 70 juta lebih dosis vaksin. Jadi perkiraan kami stok vaksin di daerah bisa mencapai 80 juta dosis di bulan Agustus,” kata Budi. “Kalau sehari suntik 2 juta dosis, di bulan ini kira-kira 60 juta dosis digunakan. Jadi insyaallah 2 juta dosis sehari itu tercapai dan masih ada sisa [dosis vaksin Covid-19].”

Meskipun Jokowi telah menginstruksikan percepatan program pemberian vaksin Covid-19 sejak awal bulan Juli, capaian vaksinasi sejak belum pernah bisa sesuai yang diharapkan. Menurut Satgas Covid-19, capaian vaksinasi terbanyak yang pernah dicapai adalah 1.121.090 dosis per hari pada tanggal 29 Juli. 

Baca juga: Dengan Dana Rp 1,3 Triliun, Ketua DPD RI Minta Penanganan Limbah Medis Covid Sistematis dan Tepat

Di bawah itu, pada tanggal 27 Juli, capaian vaksinasi Covid-19 menyentuh angka terbaik kedua yaitu dengan 1.086.694 suntikan. Sementara itu, penambahan jumlah pemberian vaksinasi Covid pada hari Minggu (1/8) cukup rendah dengan 251.654 untuk dosis pertama dan 138.256 untuk dosis kedua.

Leave A Reply

Your email address will not be published.