Berita Nasional Terpercaya

DPRD DIY Setuju Hotel Mutiara Jadi Rumah Sakit Darurat COVID-19

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemerintah Pusat telah mendorong Pemda DIY untuk menambah rumah sakit darurat karena kasus aktif COVID-19 yang masih tinggi hingga saat ini. Muncul beberapa opsi titik penambahan bed pasien, diantaranya di eks Hotel Mutiara di kawasan Malioboro.

Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana mengatakan, pihaknya menyetujui langkah menambah ruang perawatan pasien COVID-19 untuk wilayah DIY. Menurut Huda, kapasitas shelter isolasi saat ini hanya ada sekitar 3.000 di DIY, padahal jumlah warga yang melakukan isolasi mandiri masih sangat tinggi mencapai 30 ribu lebih.

“Kita memang butuh banyak ruang karena yang isoman saat ini 30 ribuan sedangkan kapasitas shelter baru 3.000, ini hanya sepersepuluh. Kita mendukung penambahan rumah sakit darurat atau shelter terpusat agar kondisi warga yang positif ini terpantau. Jangan terjadi lagi saat ini ada yang meninggal saat isoman karena tidak terpantau,” kata Huda, Senin (2/8/2021).

Terkait peruntukan eks Hotel Mutiara yang dikhawatirkan tak sesuai, karena dibeli untuk mall UMKM, Huda menilai hal tersebut tak perlu dirisaukan saat ini. Sebab DIY kini tengah berada pada kondisi darurat di mana kasus positif masih terus bertambah, dimana berdasar data Dinkes DIY Minggu (1/8/2021) kasus aktif mencapai 37.019.

“Ini kondisi darurat silahkan, karena lebih penting penanganan terlebih dahulu. Nanti ketika sudah selesai baru kita berpikir untuk UMKM. Saat ini terpenting penanganan kasus agar bisa segera terselesaikan,” tegas Huda.

Baca juga: Sultan Bakal Ubah Hotel Mutiara Jadi Sentra UMKM

Anggota DPRD DIY yang lain Agus Sumaryanto, menganggap langkah perencanaan penambahan rumah sakit COVID-19 harus segera dilaksanakan. Ia setuju eks Hotel Mutiara dijadikan tempat penanganan COVID-19 karena memang urgent.

“Kami mendukung, langkah ini harus cepat dilakukan apalagi kondisinya darurat sekarang. Harus cepat, sekarang untuk COVID dulu, nanti untuk UMKM dan pariwisata, tidak masalah,” katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.