Berita Nasional Terpercaya

Wakil Walikota Ungkap Jumlah Stok Vaksin Kota Jogja

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Stok vaksin yang dimiliki Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta masih tersisa 24.000 dosis. Menurut Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, stok ini cukup untuk melaksanakan vaksinasi di Jogja selama enam hari. Perhitungan ini berdasarkan vaksinasi di Jogja yang rata-rata perhari bisa menyuntikkan 6.000 dosis. Perhitungan jumlah dosis vaksinasi perhari berasal dari dosis pertama dan kedua.

Saat ini vaksinasi di Kota Jogja berlangsung secara reguler di 18 puskesmas, 13 rumah sakit, dan dua klinik. “Terus kami tambah dengan vaksinasi massal seminggu lima kali, kami tambah vaksinasi di sekolah-sekolah seminggu tiga atau empat kali. Itu bisa mencapai per minggunya 20.000 sampai 25.000 dosis bisa tercapai,” kata Heroe, Jumat (6/8/2021).

Ia meneruskan, stok vaksin Pemkot Yogyakarta terdiri dari dua jenis vaksin yaitu Sinovac dan AstraZeneca. Dengan menipisnya stok vaksin ini, Pemkot Yogyakarta berharap ada penambahan pasokan. Terlebih yang vaksin di Kota Jogja berasal dari seluruh kabupaten DIY.

Baca juga: Pemkot Yogyakarta Rencanakan Buka Sentra Vaksinasi

Dari 330.000 warga yang mendapat vaksin dari Pemkot Yogyakarta, sebanyak 59 persennya merupakan warga luar Jogja yang beraktivitas di Jogja. Sementara untuk warga Jogja, dari target 352.000 orang, sudah tervaksin sebanyak 41 persen.

Saat ini Pemkot Yogyakarta menurut Heroe fokus pada vaksinasi dosis kedua. Sesuai arahan dari pusat, jangan sampai vaksinasi dosis kedua terlambat.

“Harapan kami memang secepatnya nanti [ada tambahan stok]. Kami sudah komunikasi dan Insyallah sudah segera dikirimkan jumlah vaksin yang kami inginkan. Agar kecepatan vaksinasi di Kota Jogja bisa cepat selesai,” tandas Heroe. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.