Berita Nasional Terpercaya

Padat Karya Kurangi Angka Pengangguran di Bantul

0

BANTUL, BERNAS.ID – Salah satu bentuk upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran, khususnya di Kabupaten Bantul adalah dengan kegiatan Padat Karya Infrastruktur melalui Bantuan Keuangan Khusus (BKK).

Selain itu kegiatan padat karya infrastruktur melalui BKK tahun 2021 ini juga dapat mengurangi beban masyarakat yang kehilangan pekerjaan di tengah pandemi covid-19, membantu masyarakat yang kesulitan mencari pekerjaan, atau yang berasal dari kalangan tidak mampu.

Hal itu dikatakan Bupati Kabupaten Bantul, Abdul Halim Muslih ketika melakukan monitoring kegiatan padat karya infrastruktur melalui BKK di beberapa padukuhan, yakni Padukuhan Sambeng 3, Poncosari, Srandakan, Padukuhan Kauman, Wijirejo, Pandak, dan Padukuhan Kepek, Timbulharjo, Sewon, Sabtu (7/8/2021).

Baca Juga : Bupati Bantul : Jangan Kendor Taati Prokes

“Padat karya infrastruktur dimulai tanggal 4 Agustus hingga 26 Agustus 2021, adapun besaran upah yang diberikan kepada tenaga kerja adalah, untuk kepala kelompok Rp 90 ribu per hari, tukang sebesar Rp 80 ribu per hari, dan pekerja Rp 70 ribu per hari,” ujar Abdul Halim Muslih.

Dia juga menjelaskan, untuk jenis kegiatan padat karya infrastruktur yang dilakukan di Padukuhan Sambeng 3, Poncosari, Srandakan adalah mengecor blok jalan dengan dimensi volume pekerjaan 87,17 meter kibik. Dalam pengerjaannya melibatkan hari orang kerja (HOK) sejumlah 93 orang, dengan jumlah rata-rata tenaga kerja per harinya 52 orang. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.