Berita Nasional Terpercaya

Sadar Alumni Punya Peran Penting, UNMAHA Lakukan Tracer Study dengan Cara Unik

0

Bernas.id – Alumnus atau alumni adalah hal yang juga menentukan kualitas perguruan tinggi. Karena itu, setiap perguruan tinggi selalu melakukan tracer study untuk mendapatkan umpan balik dari alumni. Selain itu, tracer study juga berguna untuk melacak kualitas outcome yang dihasilkan perguruan tinggi tersebut.

Alumni juga menjadi salah satu indikator penilaian dalam menentukan kualitas sebuah institusi perguruan tinggi. Karena itu, adanya tracer study ini juga berperan penting.

Melihat peran penting alumni, Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA) pun mengadakan “Mahakarya Gathering Alumni 2021” secara online pada beberapa waktu lalu. Acara tersebut merupakan salah satu bentuk tracer study untuk melacak jejak alumni.

Bukan sekadar acara untuk mengumpulkan para alumni UNMAHA, acara “Mahakarya Gathering Alumni 2021” juga dihadiri oleh aktor kawakan Jeremy Thomas dan Ustad Yusuf Mansur selaku Dewan Pembina Yayasan Cendekia Indonesia Sleman.
 
Di hubungi secara terpisah, wakil rektor III UNMAHA, Fransisca Diwati, SH., MM., mengatakan bahwa  keluarga Alumni Mahasiswa Mahakarya Asia (KAMAHA) dapat berperan dalam memberikan masukan dan program nyata bagi kemajuan Perguruan Tinggi.
 
Selain itu, KAMAHA memiliki potensi dan kompetensi dalam membangun opini publik demi “nama baik” (citra) dan kepercayaan terhadap kualitas  perguruan tinggi.
 
“KAMAHA sebagai produk UNMAHA  dapat menjadi relasi penting dalam memperluas jaringan Perguruan Tinggi/Mahasiswa dengan institusi di luar Perguruan Tinggi,” tambahnya.  
 
Wanita yang akrab disapa Bunda Sisca itu juga berkata bahwa KAMAHA dapat menjadi sumber informasi dunia kerja dan usaha bagi lulusan baru UNMAHA , di samping menjadi inspirasi bagi Mahasiswa eksisting UNMAHA.  Oleh karena itu, program tracer study juga menjadi bagian penting bagi perkembangan UNMAHA.

“Tracer study bagi perguruan tinggi sangat bermanfaat untuk mengetahui penyebaran lulusan perguruan tinggi kita (informasi alumni),” ucapnya.

Bunda Sisca juga berkata bahwa program tracer study juga bisa menjadi bahan evaluasi perguruan tinggi terhadap lulusan yang dihasilkan apakah telah memenuhi standar kompetensi yang sesuai pada dunia kerja.

“Selain itu, tracer study juga bisa menjadi informasi mengenai kompetensi yang relevan bagi dunia kerja dapat membantu upaya perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran,” ungkapnya.

Hal yang tak kalah penting dari program tracer study adalah manfaatnya yang bisa dijadikan sebagai salah satu nilai tambah dalam proses akreditasi perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Negeri).

Baca juga: Rektor UNMAHA Berikan Tips Hadapi Era Society 5.0

Tentang UNMAHA

UNMAHA merupakan perguruan tinggi yang berlokasi di kawasan kampus STIEBBANK,  Jalan Magelang no.km 8, Mlati Glondong, Sendangadi. UNMAHA merupakan kampus entrepreneurship yang bertujuan untuk mencetak para pengusaha.

Oleh karena itu, seluruh program studi dan yang ada di UNMAHA memang disusun agar mahasiswa bisa menjadi pribadi yang mandiri dan berjiwa entrepreneur. Sebagai informasi, UNMAHA saat ini memiliki 11 program studi dengan berbagai mata kuliah yang diampu oleh dosen internal dan dosen praktisi berkualitas. Dengan begitu, UNMAHA mampu menyiapkan mahasiswanya untuk selalu siap terjun ke dunia kerja.

“Tagline UNMAHA adalah kampus pencetak pengusaha. Mau jadi karyawan atau pengusaha, alumni UNMAHA akan selalu siap,” ucap Rektor UNMAHA, Ferro Ferizka saat dihubungi oleh Bernas.id.

Nah, bagi kalian yang berniat untuk terjun ke dunia entrepreneur atau wirausaha, UNMAHA bisa menjadi pilihan yang tepat. Kalian juga bisa kerja sambil kuliah ketika melanjutkan studi di UNMAHA.

Sebab, UNMAHA juga menyediakan kelas malam atau kelas karyawan yang memang didesain khusus untuk kalian yang ingin kuliah sambil kerja. Informasi lengkap mengenai kelas malam di UNAMAH bisa kalian cek dalam artikel berikut Kuliah Sambil Kerja: Manfaat, Tips, dan Kelas Karyawan Terbaik.
 

Leave A Reply

Your email address will not be published.