BSI Gandeng Western Union, Permudah Nasabah Melakukan Pengiriman Uang Antar Negara
JAKARTA, BERNAS.ID – Guna memperkuat bisnis remitansi, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menggandeng Western Union. Hal ini merupakan wujud komitmen BSI untuk memperluas pelayanan remitansi kepada masyarakat Indonesia, dalam pengiriman, penerimaan dan pencairan uang tunai yang mencakup lebih dari 190 negara.
Diungkapkan Direktur Retail Banking BSI, Kokok Alun Akbar, bahwa sinergi antara BSI dengan Western Union ini merupakan perpanjangan kerjasama yang telah terjalin sejak lama.
“Diharapkan melalui sinergi antara BSI dengan Western Union ini, dapat menambah keutamaan BSI sebagai Bank Syariah yang terbesar di Indonesia. Kerjasama ini juga akan memperluas cakupan layanan BSI dari sebelum merger, sekaligus dapat meningkatkan inovasi remitansi dalam ekosistem digital,” jelas Kokok dalam keterangan tertulisnya yang diterima Bernas.id, Rabu (11/8/2021).
Baca Juga : Pemanfaatan Produk dan Layanan Perbankan, BSI Fasilitas Kemendes
Ditambahkan Kokok, BSI sebelumnya hanya memiliki 600 lokasi cabang yang melayani remitansi Western Union. Namun hingga saat ini BSI akan memperluas layanan Western Union ke lebih dari 1.300 cabang di seluruh Indonesia, dan dalam setahun, jumlah transaksi remitansi BSI bisa mencapai 75 ribu transaksi.
“Untuk memudahkan nasabah dalam melakukan pengiriman ataupun pencairan Western Union tanpa harus datang ke cabang, BSI akan mengembangkan fitur remitansi di Internet Banking dan Mobile Banking,” imbuh Kokok.
Selain itu BSI juga akan melakukan inovasi dalam pelayanan remitansi dengan mengembangkan skema bisnis kemitraan Tempat Penguangan Tunai (TPT) sebagai perluasan jaringan remitansi yang dijalankan di luar kantor cabang. Hingga saat ini BSI telah memiliki lebih dari 3.000 jaringan Laku Pandai yang dapat melayani penerimaan serta pencairan dana remitansi dalam waktu dekat.
“Kami saat senang dapat memperluas hubungan dengan BSI, dan menawarkan layanan pengiriman uang lintas negara di lebih banyak lokasi di seluruh Indonesia,” ujar Head of Network Singapore, Indonesia and North Asia Western Union, K. Premmananth.
“Jadi inti dari apa yang kami lakukan di Western Union ini adalah menghubungkan orang, memungkinkan mereka untuk memindahkan uang dari dan ke seluruh dunia. Kami tetap berkomitmen bersama BSI untuk mempertahankan layanan yang tersebar luas dan bekerja sama untuk menjangkau lebih banyak pelanggan secara bersama-sama,” terang K. Premmananth.
Menurut informasi dari beberapa nasabah, layanan Western Union di BSI ini memiliki keunikan tersendiri, diantaranya pelayanan petugas bank yang sangat ramah, seluruh nasabah Western Union dilayani meskipun belum memiliki rekening BSI, pembebasan bea meterai, dan tidak ada pengenaan biaya administrasi. Selain itu BSI juga sering mengadakan program promosi berhadiah langsung bagi nasabah yang mengirim atau mencairkan Western Union di cabang. (cdr)