Berita Nasional Terpercaya

PPKM Bersambung, Mal Tetap Buka

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Pemerintah memutuskan untuk kembali memperpanjang pelaksanaan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, 3, dan 2 selama sepekan dari hari Senin 16 Agustus sampai dengan Senin 23 Agustus 2021. Sebelumnya, kebijakan yang diterbitkan pemerintah guna memerangi angak penyebaran Covid-19 di Indonesia ini sudah diperpanjang lima kali, termasuk dengan penerapan perdananya di PPKM Darurat.

Perpanjangan yang secara konstan dilakukan oleh pemerintah ini kontan menuai banyak kritik dari pegiat ekonomi yang menilai bahwa kebijakan ini merugikan mereka, meskipun tak sedikit pula yang bersyukur bahwa angka positif Covid-19 dapat mulai ditekan. 

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, dalam konferensi pers virtual bertajuk Evaluasi PPKM di hari Senin (16/8) menyampaikan bahwa perpanjangan PPKM ini juga disertai dengan pelonggaran beberapa elemen kebijakan. 

“Atas arahan Presiden, maka PPKM Level 4 3 2 diperpanjang hingga 23 Agustus. Terdapat tambahan kab/kota yang masuk level 3, sebanyak 8 kabupaten/kota,” kata Luhut. 

Baca juga: Kebijakan Fiskal 2022, Jokowi: Sehatkan APBN

Lebih lanjut, Luhut menambahkan bahwa di perpanjangan PPKM ini, kapasitas pengunjung pusat perbelanjaan atau mal diperbolehkan naik dari 25 persen menjadi 50 persen.

“Pemerintah akan tingkatkan kapasitas mal jadi 50 persen dan beri akses dine-in 25 persen atau hanya 2 orang per meja selama seminggu ke depan,” ujar Luhut.

Akan tetapi, Luhut mengingatkan bahwa pelonggaran tersebut hanya berlaku di wilayah PPKM level 3 dan level 4 uji coba. Luhut menambahkan bahwa kebijakan tersebut diambil sejalan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) di mal yang dinilai sudah disiplin.

“Hasil evaluasi penerapan protokol kesehatan di mal sudah disiplin, ini sekaligus mendisiplinkan kita semua. Pemerintah akan perluas cakupan kota untuk bisa uji coba ini,” ujarnya.

Selain penerapan prokes, pengunjung mal juga diharapkan mengunduh aplikasi PeduliLindungi untuk membantu pihak mal dalam melakukan screening terhadap pengunjung.

“Ini akan membiasakan masyarakat hidup disiplin secara terdigitalisasi,” ujar Luhut. 

Selanjutnya, aturan perpanjangan PPKM hingga 23 Agustus 2021 ini juga menyesuaikan kondisi masing-masing wilayah. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.