Berita Nasional Terpercaya

Prodi Desain Produk UKDW Dukung Wirausaha Desain dan Magang Industri Melalui PKKM

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Tahun 2021 ini, Program Studi (Prodi) Desain Produk Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) UKDW berhasil meraih hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 

Tujuan Hibah PPKM ini adalah untuk mendorong peningkatan Indikator Kinerja Utama (IKU) Prodi Desain Produk UKDW, salah satunya melalui aktivitas inkubasi karya mahasiswa menuju dunia usaha dan dunia industri (DUDI) yang mendukung implementasi bentuk kegiatan pembelajaran merdeka belajar dalam wirausaha desain dan magang industri. 

Menurut Kristian Oentoro, M.Ds., selaku Kaprodi Desain Produk UKDW mengatakan, inkubasi karya mahasiswa menuju DUDI juga mendukung pelaksanaan pameran karya secara daring dari hasil program wirausaha dan magang industri. Telah ditetapkan 10 proposal mahasiswa wirausaha desain dan 10 proposal magang industri yang diberi dana insentif masing-masing sebesar Rp 5 juta. 

Baca Juga : UKDW Gelar Webinar Terkait MBKM

“Program pendanaan ini merupakan dukungan sekaligus motivasi bagi para mahasiswa desain produk untuk dapat berkarya dan merdeka belajar sesuai dengan passion masing-masing. Total insentif sebesar 100 juta yang diberikan kepada mahasiswa diharapkan mampu memfasilitasi ide-ide kreatif dan inovatif untuk memberikan kemajuan bagi pengembangan diri dan kolaborasi dengan mitra industri. Kegiatan ini juga merupakan bentuk implementasi program merdeka belajar yang dikembangkan melalui dana hibah kerjasama kurikulum MBKM Prodi Desain Produk pada tahun 2020,” ungkapnya dalam siaran pers yang diterima Bernas.id, Rabu (18/8/2021).

Sementara itu, Winta Adhitia Guspara, M.Sn., selaku Koordinator Wirausaha Desain Kampus Merdeka (WDKM), berharap program WDKM dapat mendorong mahasiswa untuk merintis usaha mandiri di bidang desain dan membuka kesempatan belajar serta berbisnis secara kreatif, sehingga dapat memperkaya kompetensi profil lulusan Prodi Desain Produk UKDW sebagai wirausahawan desain (designpreneur).

Dalam pelaksanaannya akan bekerjasama dengan tiga mentor yang akan membimbing mahasiswa untuk merintis dan mengembangakan usaha sesuai dengan bidang minat yang ditekuni. Ketiga mentor ini juga merupakan wirausahawan profesional di bidang desain sekaligus alumni Prodi Desain Produk UKDW yakni Camilla Okdriana Dewi, S.Ds. (Alive Jewelry), Kornelius Mangundarsono, S.Ds. (Thirteencraft), dan Cyndo Lumempo, S.Ds. (Little Story). 

Sekar Adita, M.Sn., selaku koordinator Magang Industri Kampus Merdeka (MIKM), berharap bahwa program MIKM ini dapat semakin meningkatkan kemampuan para mahasiswa untuk berkarya dan berkolaborasi dengan dunia industri. Pelaksanaan program MIKM juga akan dibimbing oleh dosen dan mentor dari industri yang juga merupakan mitra Prodi Desain Produk UKDW. 

Terdapat lima mitra industri yang akan menerima sekaligus membimbing mahasiswa dalam pelaksanaan magang, antara lain CV. Pandanus Internusa, Perkumpulan Pengrajin Bambu Rosse, YPC Mandiri, Uwitan Furniture, dan Pratama Rotan.

Mahasiswa program MIKM akan bekerja dalam tim penelitian dan pengembangan (research and development) pada masing-masing industri untuk menghasilkan inovasi desain produk. 

“Sebagai implementasi kebijakan kampus merdeka pada Prodi Desain Produk UKDW, maka bentuk kegiatan pembelajaran WDKM akan disetarakan dengan 20 SKS dan MIKM disetarakan dengan 21 SKS. Kedua aktivitas ini akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2021 hingga Desember 2021. Hasil karya mahasiswa dalam program ini juga akan dipamerkan pada acara Gelar Desain 2021 secara daring (online) pada bulan Oktober 2021,” katanya. (cdr)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.