Berita Nasional Terpercaya

Panduan Menemukan Ponsel Hilang yang Dimatikan Maupun Tidak

0

Bernas.id – Ponsel adalah perangkat penting yang digunakan oleh hampir semua orang di dunia ini. Kehilangan ponsel Anda bisa menjadi mimpi buruk yang nyata, terutama ketika Anda kehilangannya, dan HP dalam keadaan mati. Untuk menemukan ponsel hilang yang dimatikan cukup mudah. Aplikasi bawaan dan dapat diunduh secara akurat untuk menemukan iPhone, perangkat Android, atau membantu menghapus konten untuk menghindari penyalahgunaan oleh pencuri.

Baca juga: Begini Cara Memilih Ponsel Oppo dan Earphone yang Tepat

Berikut adalah beberapa cara yang kami seguhkan untuk Anda jelajahi dalam artikel ini, tentunya akan membantu Anda menemukan ponsel Anda yang hilang:

Daftar Isi :

  1. Cara Terbaik untuk Menemukan Perangkat yang Dimatikan
  2. Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang Gratis
  3. Cara Menemukan Ponsel Android yang Hilang Secara Online dengan Google 
  4. Cara Melacak Perangkat Anda yang Hilang atau Dicuri secara Gratis dengan Prey-Anti Theft
  5. Bisakah Melacak iPhone Jika Dimatikan?
  6. Cara Mencari iPhone yang Dicuri dengan Find My iPhone
  7. Menemukan Ponsel Apple Hilang Menggunakan Apple Watch
  8. Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang melalui Google Maps 
  9. Cara menemukan ponsel hilang yang dimatikan secara online
  10. Cara Menemukan Ponsel Samsung Hilang dengan Find My Mobile

Cara Terbaik Menemukan Perangkat yang Dimatikan

KidsGuard adalah aplikasi pencari telepon yang membantu Anda melacak lokasi perangkat yang hilang 24/7 di peta bahkan jika pelacak GPS dimatikan sepenuhnya. Alih-alih GPS, KidsGuard menggunakan jaringan koneksi Wi-Fi untuk melacak ponsel target Anda secara rahasia.

Cara terbaik untuk menemukan perangkat yang dimatikan

Anda akan mendapatkan lokasi waktu nyata dan laporan terperinci tentang riwayat lokasi dengan mengakses panel kontrol aplikasi dengan cepat. Keberadaan ponsel ditampilkan sebagai titik biru di peta. Jika berubah menjadi merah maka perangkat sudah ada di sana berulang kali.

Kelebihan dan kelemahan:

KidsGuard adalah aplikasi pencari telepon 24/7 terbaik yang kompatibel baik di Android dan iPhone. Setelah Anda menginstalnya, Anda dapat yakin bahwa Anda akan menemukan perangkat dalam hitungan menit dan melihat aktivitas apa pun yang dilakukan pada perangkat. Dibandingkan dengan opsi lain di bawah, opsi ini membutuhkan pembayaran.

Baca juga: Bukan Sekadar Tren, Ponsel Lipat Akan Terus Berkembang Hingga 2025 Mendatang

Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang Gratis

Untuk melacak ponsel Android yang hilang secara gratis, Anda memerlukan kode IMEI. Kode IMEI ini adalah kode unik 15 digit yang disediakan oleh GSMA dan berfungsi sebagai sertifikat identitas untuk ponsel Anda. Anda dapat menggunakan nomor IMEI untuk menemukan perangkat Anda yang dicuri atau hilang bersama dengan polisi atau penyedia seluler Anda.

Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang Gratis

Baca juga: 5 Cara Agar Kinerja Ponsel Android Tidak Lemot

Cara Menemukan Ponsel Android yang Hilang Secara Online dengan Google 

Jika Anda ingin menemukan ponsel Android Anda yang hilang, salah satu cara termudah adalah menggunakan Google Find my Device. Ini adalah layanan yang ditawarkan sebagai bagian dari Google Play Protect. Anda dapat menggunakan ‘Find my Device’ untuk melacak perangkat Android yang hilang, termasuk ponsel, tablet, atau jam tangan.

Cara Menemukan Ponsel Android yang Hilang Secara Online dengan Google 

Untuk menemukan ponsel Anda, Anda memerlukan akun Google yang ditautkan ke Android Anda yang hilang. Ikuti langkah-langkah ini untuk menemukan perangkat Android Anda yang hilang dengan cepat:

  1. Untuk menemukan ponsel Anda, buka https://android.com/find  
  2. Masuk ke Temukan Perangkat saya menggunakan akun Google Anda.
  3. Pilih ponsel android Anda yang hilang dari daftar.
  4. Setelah Anda melakukannya, Anda dapat menemukan, mengunci, atau menghapus perangkat Android Anda dari jarak jauh.
  5. Anda juga dapat menggunakannya untuk meninggalkan pesan dan nomor kontak di layar.

Kelebihan dan kelemahan:

Temukan Perangkat saya akan menemukan ponsel Anda di Google Maps, dan bahkan menampilkan peta dalam ruangan dari bangunan yang lebih besar. Ini juga akan menunjukkan kepada Anda lokasi terakhir yang diketahui, jika ponsel dimatikan. Kelemahan lain dari metode ini adalah hanya berfungsi ketika WIFI atau data seluler aktif. Jadi, ketika pencuri menonaktifkan data, peluang sukses menjadi nihil.

Baca juga: Cara Registrasi Kartu Axis Terbaru 2021

Cara Melacak Perangkat Anda yang Hilang atau Dicuri secara Gratis dengan Prey-Anti Theft

Aplikasi Prey Anti Theft adalah cara mudah untuk mengamankan ponsel yang hilang. Satu unduhan yang melindungi hingga 3 perangkat.

Ia bekerja melalui antarmuka sederhana yang memicu alarm di telepon yang hilang. Selain itu, Anda dapat mengunci perangkat dari jarak jauh atau mengambil tangkapan layar dari tindakan yang terjadi di telepon.

Akun Prey gratis untuk diunduh dan dilengkapi dengan fitur premium. Setiap unduhan disertai dengan tutorial yang mudah dipahami. Itu tidak memerlukan nomor IMEI untuk berlari.

Kelebihan dan kekurangan:

Aplikasi ini akan membantu memantau pergerakan ponsel Anda dengan data yang bersifat privasi. Namun ada kelemahan yaitu Anda harus memastikan aplikasi sudah terinstal sebelum ada onsiden ponsel hilang. Selain itu, ini benar-benar gratis.

Cara Melacak Perangkat Anda yang Hilang atau Dicuri secara Gratis dengan Prey-Anti Theft

Baca juga: Cara Transfer Pulsa Telkomsel ke Sesama dan Lain Operator

Bisakah Melacak iPhone Jika Dimatikan?

Biasanya, saat ponsel hilang atau dicuri, ponsel akan mati atau kehabisan baterai. Anda dapat melacak lokasi terakhir yang diketahui, tetapi Anda harus cepat. Triknya adalah melacak lokasi terakhir yang diketahui sebelum terlambat. Lokasi terakhir iPhone yang diketahui akan tersedia hanya untuk satu hari. Setelah 24 jam, lokasi sebelumnya akan berhenti ditampilkan di Find My iPhone.

Jika iPhone yang hilang dimatikan, Anda masih dapat mengaktifkan Mode Hilang atau menghapus datanya dari jarak jauh dengan Find My iPhone.

Baca juga: 2 Cara Mudah UNREG Kartu Telkomsel Terbaru

Cara Mencari iPhone yang Dicuri dengan Find My iPhone

Phone Finder for Apple adalah pencari telepon untuk Apple yang menemukan iPhone, iPad, Apple Watch, iPod touch, Mac, atau set AirPods yang hilang. Anda juga dapat mengaktifkan Kunci Aktivasi. Fitur ini akan menghentikan orang lain menggunakan perangkat Anda.
Ini akan menunjukkan lokasi di peta. Jika Anda ingin menggunakannya, Anda harus mengaktifkan fitur ini di perangkat Anda terlebih dahulu (Apple ID > Find My > Find My iPhone), dan aktifkan ketiga opsi di sana.

Apple memungkinkan Anda menemukan perangkat seluler Anda yang hilang dengan cepat tanpa aplikasi pelacakan yang sebenarnya. Langkah-langkahnya adalah:

  1. Masuk ke akun iCloud Anda dan kemudian klik opsi ‘Find My iPhone’.
  2. Klik opsi 'Semua Perangkat' dari drop-down.
  3. Pilih perangkat yang hilang.

Kelebihan dan kekurangan:

Aplikasi pencari ponsel ini benar-benar gratis dan memerlukan kredensial iCloud. Namun, itu tidak akan dapat membagikan data waktu nyata setelah aplikasi dimatikan. Sebagai gantinya, ini akan memberi Anda lokasi terakhir di peta.

Baca juga: 7 Cara Cek Nomor Indosat Mudah dan Cepat Terbaru

Menemukan Ponsel Apple Hilang Menggunakan Apple Watch

Membeli iPhone baru itu mahal, dan Anda tidak ingin kehilangan yang Anda dapatkan. Hal baiknya adalah perangkat Apple memiliki layanan pelacakan bernama Find-My-iPhone. Telepon memeriksa lokasi untuk menemukan perangkat yang hilang secara akurat.

Find-My-iPhone berfungsi pada semua seri iPhone yang datang sebelum iOS 13. Teknik lain untuk menemukan iPhone Anda adalah dengan menggunakan Apple Watch dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka pusat kendali di layar jam tangan.
  2. Tekan tombol yang menyerupai ikon panggilan.
  3. Tetap waspada terhadap ping yang datang dari iPhone Anda.
  4. Jika ping ditunda, ketuk ikon untuk mengaktifkannya dan lanjutkan pencarian hingga Anda menemukannya.

Kelebihan dan kekurangan:

Ini bekerja dengan cara yang sama seperti Anda menggunakan Temukan iPhone saya di Mac Anda. Ini akan memberi Anda lokasi terakhir di peta.

Baca juga: Cara Transfer Pulsa Indosat Ooredoo ke Sesama Pengguna

Cara Melacak Ponsel Android Hilang melalui Google Maps

Anda harus mengaktifkan opsi ‘Location history’dan ‘Location Reporting’dan menautkan perangkat Android Anda ke akun Google Anda. Selanjutnya ikuti langkah berikut ini:

Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang melalui Google Maps di Komputer 

  1. Kunjungi https://www.google.com/maps/timeline?authuser=0- untuk melihat linimasa akun Google Anda saat ini.
  2. Pilih hari ini di aplikasi kalender.
  3. Anda dapat melihat waktu dan riwayat lokasi di mana perangkat seluler terakhir dioperasikan.

Kelebihan dan kekurangan:

Meskipun metode ini benar-benar gratis, Anda hanya dapat melihat lokasi terakhir di Google Maps.

Baca juga: Internet: Pengertian, Sejarah, Manfaat dan Dampaknya

Cara menemukan ponsel hilang yang dimatikan, secara online

Berikut adalah cara mudah menemukan ponsel Anda yang hilang secara online:

Cara menemukan ponsel hilang yang dimatikan, secara online

1. Dropbox

Layanan Dropbox dapat membantu Anda menemukan perangkat seluler yang dicuri. Unduh aplikasi Dropbox dan manfaatkan fitur ‘Camera Upload’. Setiap kali pencuri mengklik gambar, itu akan secara otomatis diunggah ke folder 'Unggahan Kamera' Anda. Gambar-gambar ini mungkin dapat membantu dalam menentukan beberapa petunjuk mengenai perangkat seluler Anda yang dicuri.

2. Google Foto

Opsi ini dapat berfungsi jika Anda mengaktifkan pencadangan dan sinkronisasi di Google Foto. Semua foto baru yang diambil dengan ponsel Anda yang dicuri akan muncul di akun Google Anda, bersama dengan nama tempat foto tersebut dibuat. Anda kemungkinan besar dapat melihat alamat rumah pencuri.

Kelebihan dan kekurangan:

Meskipun terdengar tidak mungkin, karena pencuri handphone Anda pasti sudah menghapus semua data di HP Anda. Namun, cara ini patut dicoba, karena barangkali Anda pencurinya tidak lebih pintar dibandingkan Anda.

Baca juga: Cara Merger File PDF di HP dan Komputer Terlengkap

Cara Menemukan Ponsel Samsung Hilang dengan Find My Mobile

Pengguna perangkat Samsung menemukan lebih banyak bantuan untuk menemukan ponsel yang hilang. Find My Mobile adalah aplikasi eksklusif untuk perangkat Samsung. Aplikasi ini akan membantu Anda membuka kunci ponsel meskipun Anda terlalu sering memasukkan pin yang salah. Banyak orang tidak pernah repot-repot membuat ID Samsung ketika mereka membeli perangkat, tetapi itu bisa sangat bermanfaat.

Cara Menemukan Ponsel Samsung Saya yang Hilang dengan Find My Mobile

 Jika ada konektivitas Internet, akun Samsung diatur, dan opsi 'kirim lokasi terakhir' diaktifkan, opsi 'Temukan Ponsel Saya' dapat digunakan untuk menemukan ponsel Samsung Anda yang hilang. Langkah-langkahnya yaitu:

  1. Buka ‘Find My Mobile’ di browser dan masuk ke akun Samsung Anda.
  2. Pilih perangkat Anda yang hilang dan kemudian klik 'Temukan perangkat saya.'

Kelebihan dan kekurangan:

Sama seperti Temukan Perangkat saya, ini akan menemukan ponsel Anda yang hilang di Google Maps dan menunjukkan lokasi terakhir. Namun, Anda memerlukan kredensial Anda ke akun Google untuk disinkronkan ke semua data.

Demikian informasi penting untuk menyelamatkan barang berharga Anda. Jadi perhatikan baik-baik langkah demi langkahnya. Semoga berhasil!

Baca juga: Peluang Kerja Tinggi, Begini Keunggalan Prodi Sistem Informasi Geografi (SIG) UNMAHA

Leave A Reply

Your email address will not be published.