Berita Nasional Terpercaya

Surah Al-Ikhlas Lengkap dengan Tafsir dan Manfaatnya

0

Bernas.id – Surah Al-Ikhlas diturunkan di Makah dan surah termasuk urutan ke-112 dalam Al-Qur’an yang memiliki 4 ayat. Pembacaan surah ini membawa pahala yang setara dengan membaca sepertiga dari Al-Qur'an. Ini adalah salah satu Surah Quran yang paling banyak dibaca Muslim di seluruh dunia.

Sementara setiap kata dalam Al-Qur'an adalah puisi dan keajaiban tersendiri, namun ada bagian berbeda dari surah ini. Surah Al-Ikhlas adalah salah satu surah terkemuka dari Al-Qur'an yang memegang kepentingan tertinggi dalam kontes Islam. Seseorang dapat membawa kebahagiaan terbesar dalam hidup saat membaca Surah al-Ikhlas dan manfaat membaca Surah yang agung ini dibahas di bawah ini.

Baca juga: Surat Al-Falaq: Arti, Tafsir, Hukum Bacaan, dan Keutamaannya

Sebelum beralih ke manfaat kita akan menyelami terlebih dahulu Qur’an Surah al-Ikhlas besrta arti dan tafsirnya.

Daftar Isi :

  1. Qur’an Surah Al-Ikhlas dan Artinya
  2. Tafsir Surah Al-Ikhlas
  3. Manfaat Membaca Surah Al-Ikhlas

Qur’an Surah Al-Ikhlas dan Artinya

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

قُلۡ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌ‌

Qul huwal laahu ahad

Artinya: Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.

اَللّٰهُ الصَّمَدُ‌

Allah hus-samad

Artinya: Allah tempat meminta segala sesuatu.

لَمۡ يَلِدۡ ۙ وَلَمۡ يُوۡلَدۡ

Lam yalid wa lam yuulad

Artinya: (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.

وَلَمۡ يَكُنۡ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ

Wa lam yakul-lahu kufuwan ahad

Artinya: Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.

Baca juga: Macam-macam Shalat Sunnah: Tata Cara, Waktu, dan Keutamaannya

 

Tafsir Surah Al-Ikhlas

Surah al-Ikhlas termasuk surah yang sering dibaca oleh muslim di dunia. Setelah seseorang mempelajari dasar-dasar shalat lima waktu, mereka biasanya ingin membaca surah-surah pendek Al-Qur'an dalam doa-doa mereka, dan hampir selalu surat Al-Ikhlas adalah salah satu yang dilafalkan.

Surah Al-Ikhlas

Berikut adalah tafsir dari Surah Al-Ikhlas:

  1. Kaum musyrik dan pagan Mekah suatu hari mendekat dan menantangnya dengan berkata, “Berikan kami silsilah Tuhanmu.” Saat itulah Allah menurunkan surah ini. Surah Al-Ikhlas menyatakan Keesaan Allah dan konsep ini disajikan dalam ayat pertama.
  2. Ayat kedua menyatakan bahwa Allah adalah As-Samad menyiratkan bahwa Dia Maha Dibutuhkan. Memiliki semua atribut kesempurnaan dan tidak bergantung pada siapa pun, itu juga menunjukkan bahwa Allah tidak seperti ciptaan-Nya.
  3. Ayat ketiga menjelaskan bahwa Dia tidak dilahirkan dan tidak melahirkan dan Ayat terakhir menyatakan bahwa Allah tidak dapat dibandingkan. Surah Al-Ikhlas secara langsung mendukung rukun Islam yang pertama, syahadat. “Tidak ada Tuhan yang benar selain Allah.”
  4. Ayat keempat surah al-Ikhlas adalah bentuk penegasan keesaan Allah dan karena itu meniadakan semua bentuk kemusyrikan dan penyembahan berhala. Ini sangat penting karena fondasi yang di atasnya iman kita dibangun adalah keyakinan mutlak bahwa Allah itu Esa. Percaya pada Satu Tuhan memerlukan kepastian. Muslim menyembah Allah saja, Dia tidak memiliki mitra, asosiasi, atau penolong. Ibadah hanya ditujukan kepada Allah, karena hanya Dia yang berhak disembah.

Baca juga: 99 Asmaul Husna Beserta Artinya Bahasa Indonesia Lengkap

Manfaat Membaca Surah Al-Ikhlas

Membaca surah Al-Ikhlas mungkin merupakan sarana untuk mencapai surga dan mendapatkan cinta Allah. Dari hadits kita dapat menemukan beberapa dari banyak manfaat mencintai, membaca dan hidup dengan prinsip-prinsip yang digariskan dalam surah singkat ini.

Manfaat Membaca Surah Al-Ikhlas

1. Berdoa dengan Surah Al-Ikhlas akan diampuni dosa-dosanya 

Nabi Muhammad mengutus seorang pria sebagai pemimpin ekspedisi. Selama perjalanan, dalam setiap doa ia menutup bacaan Al-Qur'an dengan surat Al-Ikhlas. Sekembalinya mereka, para sahabatnya menyebutkan hal ini kepada Nabi Muhammad, yang menjawab, “Tanyakan kepadanya mengapa dia melakukannya”. Ketika pria itu ditanya, dia menjawab, “Dalam surah ini sifat-sifat Allah Yang Maha Pengasih telah dinyatakan; oleh karena itu, saya senang membacanya lagi dan lagi.” Ketika Nabi Muhammad mendengar jawaban ini, dia berkata kepada orang-orang, “Beri tahu dia bahwa Allah sangat mencintai dan menghargainya.” (HR Abu Dawud, 1/259 no. 985)

Baca juga: Niat Mandi Wajib: Pengertian, Penyebab, Rukun, dan Tata Caranya

2. Penyebab Masuk Surga

Seorang pria dari kalangan Ansar memimpin salat di Masjid Quba. Amalannya adalah bahwa dalam setiap rakaat ia terlebih dahulu membaca surah Al-Ikhlas dan kemudian menambah surah lainnya. Orang-orang menolaknya dan berkata kepadanya, “Tidakkah menurutmu surah Al-Ikhlas saja sudah cukup? Mengapa Anda bergabung dengan surah lain untuk itu? Anda sebaiknya hanya membaca surah ini, atau meninggalkannya dan membaca surah lainnya. Dia berkata: “Saya tidak bisa meninggalkannya; sebagai gantinya, saya lebih suka berhenti memimpin doa.” Orang-orang tidak ingin orang lain memimpin, jadi mereka membawa masalah ini ke hadapan Nabi Muhammad. Dia bertanya kepada pria itu, “Apa yang menghalangimu untuk menuruti keinginan temanmu? Apa yang membuatmu membaca surah ini di setiap rakaat?” Pria itu menjawab, “Saya sangat menyukainya.” Nabi Muhammad berkata, “Kecintaanmu pada surah ini telah membuatmu masuk ke surga.” (HR at Tirmidzi, 5/167 no. 2897)

Baca juga: Sikap Terpuji Nabi Idris, Sosok yang Cerdas dan Kreatif pada Zamannya

3. Surah Al-Ikhlas Telah Digambarkan sama dengan Sepertiga dari Al-Quran

Amalan membaca Surah Al-Ikhlas memiliki pahala yang sama dengan membaca sepertiga dari Al-Qur'an.

Seorang pria mendengar pria lain membaca قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ. Dan dia membacanya berulang kali. Di pagi hari dia pergi menemui Nabi dan memberitahunya tentang hal itu seolah-olah dia menganggap bahwa bacaan surah itu saja tidak cukup. Nabi Muhammad bersabda, “Demi Dzat yang hidupku di tangan-Nya, sama dengan sepertiga Al-Qur’an.” (HR al Bukhari, 4/1915 no. 4726)

Surah Al-Ikhlas

4. Surah Ikhlas adalah Sarana Pengentasan Kemiskinan

Bacaan Surah Ikhlas yang dikombinasikan dengan Surah Fatihah sebelum tidur merupakan sumber perlindungan dari segala macam bahaya. Nabi Muhammad (SAW) berkata: “Ketika Anda membaca Surah Fatihah dan Surah Ikhlas saat berbaring di tempat tidur Anda, Anda akan dilindungi dan tidak takut dari segala sesuatu kecuali kematian.”

Baca juga: Cara Mandi Wajib (Junub) yang Benar dan Kategori Masa Haid

5. Rumah di Jannah

Nabi Muhammad (SAW) berkata: “Barangsiapa membaca Qul Huwa Allahu Ahad sepuluh kali; Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga.” (Shahih al-Jami)

Kesimpulan

Surah al-ikhlas salah satu surah pendek yang menempati urutan ke-112 dalam Al-Qur’an. Memilki beberapa manfaat salah satunya yaitu diampuni dosa-dosa dan dibangunkan rumah di surga. Bahkan membacanya sama dengan membaca sepertiga dari Al-Qu’an. Semoga kita dapat mengamalkan ilmu ini dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Sholat Tahajud : Pengertian, Niat, Tata Cara, Keutamaan, dan Doa

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.