Berita Nasional Terpercaya

PPKM Turun Level, Mal Lebih Leluasa

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Pemerintah telah memutuskan bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Jabodetabek, Surabaya Raya, dan Bandung Raya akan turun ke level 3 dari level 4 hingga tanggal 30 Agustus 2021. Penurunan level PPKM tersebut merupakan dampak positif dari penurunan jumlah kasus positif virus corona (Covid-19), angka kematian, serta tingkat keterisian rumah sakit rujukan atau bed occupancy rate (BOR).

“Untuk Jawa dan Bali, wilayah aglomerasi, Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya, beberapa wilayah kota sudah bisa berada pada level 3 pada tanggal 24 Agustus 2021,” kata Presiden Joko Widodo pada saat konferensi pers pada hari Senin malam (23/8).

Saat ini, grafik kasus Covid-19 terlihat semakin menurun dan mencapai di bawah 10.000 kasus dalam sehari. Selain itu, angka kematian karena Covid-19 juga tercatat di angak 842. Sebelumnya, selama 38 hari berturut-turut, angka kematian akibat Covid-19 selalu bertambah lebih dari 1.000 pasien dalam sehari. 

Dalam PPKM level 3, beberapa sektor turut terdampak antara lain sektor ekonomi. Pemerintah menetapkan pelonggaran untuk beberapa kegiatan sosial dan bisnis, antara lain kegiatan di mal.

Baca juga: Juliari Kena 12 Tahun, KPK: Efek Jera

“Pusat perbelanjaan mal diperbolehkan buka sampai 20:00 maksimal 50% kapasitas dengan protokol kesehatan yang ketat yang diatur lebih lanjut oleh pemda,” kata Presiden Jokowi.

Pemerintah memperpanjang PPKM, yang telah berlangsung selama lebih dari satu bulan, di pulau Jawa dan Bali selama satu pekan lagi, karena penularan virus corona masih terjadi. Penerapan kebijakan PPKM diterapkan dengan level berbeda-beda di Indonesia dengan menyesuaikan tingkat penularan virus corona. Daerah dengan risiko tinggi akan dikenakan PPKM level 4, yang mana kegiatan masyarakat akan semakin dibatasi.

Secara total, di Pulau Jawa dan Bali, pemerintah menurunkan status level 4 dari 67 kabupaten/kota menjadi 51 kabupaten/kota. Akan tetapi, jumlah kabupaten/kota yang berada di level 3 bertambah dari 59 menjadi 67. 

Untuk luar Jawa-Bali, daerah level 4 berkurang dari 11 provinsi menjadi tujuh provinsi, sementara level 3 bertambah dari 215 menjadi 234 kabupaten/kota. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.