Berita Nasional Terpercaya

Jokowi: PPKM Lanjut Bulan Ketiga

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Presiden RI Joko Widodo mengumumkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, 3, dan 2 di Jawa-Bali terhitung tanggal 31 Agustus hingga 6 September 2021. Dalam konferensi pers yang digelar secara daring pada hari Senin (30/8), Jokowi memaparkan terdapat total 25 kabupaten/kota yang masih menerapkan PPKM Level 4 di Pulau Jawa-Bali.

“Pemerintah memutuskan mulai tanggal 31 Agustus hingga 6 September 2021,” ujar Jokowi.

Dalam hal ini, Jokowi menyebut pekan sebelumnya ada 51 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM Level 4 di Jawa-Bali. Jokowi melanjutkan, perubahan level PPKM pada beberapa daerah ini terjadi karena positivity rate (rasio positif) dan Bed Occupancy Rate (BOR) RS Covid-19 telah menurun dalam sepekan terakhir. 

“Sehingga wilayah level 3 pada penerapan minggu ini adalah Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya, Malang Raya dan Solo Raya. Semarang raya berhasil turun ke level 2,” papar Jokowi.

Baca juga: Kembali Kedatangan Vaksin, Pemerintah: Jangan Pilih-pilih!

Diketahui, perpanjangan PPKM berbasis level yang dilakukan pemerintah kali ini merupakan kali ketujuh setelah terjadinya lonjakan pasien Covid-19 bulan Juli lalu. Sebelum menerapkan PPKM berlevel, pemerintah pertama kali menerapkan PPKM Darurat pada 3-20 Juli di Jawa-Bali dan 12-20 Juli di luar Jawa-Bali. 

Kemudian, PPKM diperpanjang dengan basis level pertama kali pada 20-25 Juli. Penerapan level ini menurut pemerintah agar penilaian tiap-tiap daerah berdasarkan variabel tertentu menjadi lebih mudah. 

Dalam sepekan terakhir, pemerintah mulai melonggarkan pelaksanaan PPKM meski penularan virus masih terjadi. Pelonggaran ini diantaranya, mengijinkan persiapan teknis Asesmen Nasional, sekolah tatap muka di daerah PPKM Level 3, hingga pembukaan mal atau pusat perbelanjaan di beberapa daerah.

Baca juga: Umrah Belum Dibuka, Menag Siap ke Arab

Pemerintah dalam menentukan level atau tingkatan penerapan PPKM di tiap daerah ini, merujuk pada kondisi penularan virus Corona di daerah masing-masing. Dalam penetapan level PPKM, semakin rendah levelnya, maka mobilitas masyarakat dan kegiatan perekonomian juga akan diperlonggar. 

Lebih lanjut, pemerintah menegaskan akan tetap mengaplikasikan PPKM berbasis level selama penyebaran virus Covid-19 masih terjadi di Tanah Air. Pemerintah mengklaim, PPKM merupakan upaya pemerintah untuk mengatasi pandemi virus Covid dan pengendalian ekonomi masyarakat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.