Berita Nasional Terpercaya

Tiga Kandidat Caketum Ditetapkan, IAI Harap Partisipasi Pemilih Meningkat

0

BERNAS.ID – Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) telah menetapkan tiga calon kandidat yang akan bertarung menjadi Ketua Umum IAI Periode 2021-2024. 

Adapun tiga calon ketua umum adalah Ahmad Saifudin Mutaqi, Gregorius Budi Yulianto, dan I Ketut Rana Wiarcha. Sebelumnya, mereka unggul dalam pemilihan bakal caketum IAI melalui e-vote tahap 1.

Ketua Panitia Pemilihan Ketum IAI periode 2021-2024 Don Ara Kian mengatakan ketiganya telah menandatangani Pakta Integritas dalam kegiatan Verifikasi dan Penetapan calon kandidat yang digelar di Denpasar, Bali, Senin (30/8/2021).

“Kemarin itu proses 3 balon (bakal calon) itu diverifikasi komitmennya oleh Majelis Kehormatan Nasional (MKN) dan Majelis Organisasi (MO) IAI,” ujarnya kepada Bernas.id, Selasa (31/8/2021).

Baca Juga: 3 Hal Seputar Pemilihan Bakal Calon Ketua Umum IAI Periode 2021-2024

Kegiatan verifikasi tersebut, menurut Don, merupakan bukti kesediaan ketiga balon tersebut untuk berkomitmen penuh ketika memimpin asosiasi. Selain itu, mereka juga terbukti tidak terlibat kasus hukum, dan tidak melakukan pelanggaran kode etik asosiasi.

“Setelah itu, mereka sudah resmi menjadi calon ketua umum. Sekarang mulai masuk ke tahapan sosialisasi diri supaya tidak disamakan dengan kampanye,” katanya.

Nantinya, proses sosialisasi akan dilakukan di tiga lokasi, sesuai dengan daerah masing-masing kandidat, antara lain Yogyakarta, Bandung, dan Bali. Proses sosialisasi akan menggandeng public figure dan diikuti oleh anggota IAI dengan protokol kesehatan yang ketat.

Untuk jadwal pemilihan atau e-vote tahap 2, Don belum dapat memastikan. Namun, Munas XVI IAI diwacanakan akan digelar pada 27-29 Oktober 2021 di Bali.

“Kemarin itu harusnya sudah bisa mendapatkan kepastian jadwal Munas,” ucapnya.

“Karena ada beberapa hal, kemudian kita pending untuk kita rapatkan bersama MKN dan MO dulu, tapi perkiraan akhir Oktober puncak Munasnya,” imbuhnya.

Baca Juga: Inilah 6 Prospek Kerja Arsitektur yang Harus Diketahui Calon Arsitek

IAI menggunakan metode e-vote dalam pemilihan ketua umum. Daftar Pemilih Tetap (DPT) bisa memilih melalui platform bernama IAI Interaktif. Metode e-vote ini memakai sistem one man one vote dengan akuntabilitas yang tinggi. 

Harapan Peningkatan DPT

Menurut Don, ada sekitar 21.000 arsitek yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun, dari jumlah tersebut hanya 30% yang menjadi anggota IAI.

Bahkan dari sekitar 7.000 anggota IAI, belum seluruhnya masuk sebagai DPT pada e-vote tahap 1. Meski terjadi peningkatan DPT dibandingkan Munas XV pada 2018 di Bandung, namun tingkat partisipasi masih rendah,

Berdasarkan data pemilihan dari 33 provinsi, 4 wilayah, dan 1 perwakilan di Singapura, terdapat 4.590 DPT. Dari jumlah itu, hanya 1.786 anggota  atau 38,9% yang menggunakan hak suaranya sehingga masih ada  2.804 DPT yang belum menggunakan hak suara.

Don berharap ada peningkatan jumlah DPT pada e-vote tahap 2, yang akan menghasilkan nama ketum IAI. Dia mengimbau agar pengurus IAI di tingkat provinsi dapat melakukan sosialisasi pemilihan ketum kepada para anggotanya.

“DPT ini sifatnya given, kami menerima dari verifikasi dari teman-teman pengurus di provinsi,” ucapnya.

Dia menyebutkan, terdapat provinsi yang tingkat partisipasi pemilihnya sangat rendah sekali, seperti Bangka Belitung yang hanya ada satu orang menggunakan haknya, Gorontalo tercatat nol, Sulawesi Tenggara ada tiga orang, dan Kalimantan Utara tercatat satu orang.

“Mudah-mudahan di tahapan e-vote dua, ada perbaikan di situ,” katanya.

Baca Juga: Melihat Peluang Revitalisasi Aset dan Redesain Properti untuk Pascapandem

Sebelumnya, Don menyebutkan ada kendala dalam proses pemilihan melalui e-vote tahap 1. Salah satu kendala yang dihadapi pemilih adalah syarat mengakses IAI Interaktif harus menggunakan nomor WA aktif yang terdaftar. 

Sementara, sejumlah DPT mengaksesnya dengan nomor yang berbeda. Seperti diketahui, pemilih bisa menggunakan hak pilihnya  melalui saluran WhatsApp IAI Interaktif melalui nomor yang disediakan oleh panitia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.