Berita Nasional Terpercaya

Yakin Generasi Now lebih “WOW”?

0

BERNAS.ID – Zaman sekarang memang terlihat lebih dimanjakan dengan adanya perkembangan teknologi dan inovasi-inovasi yang membantu kehidupan manusia. Semua menjadi serba cepat, serba mudah, serba indah, dan serba gratis. Tapi apakah nyatanya seperti itu? Mari kita bahas satu per satu.

Serba Cepat

Nyatanya pasti ada hal yang selalu membutuhkan proses, sama seperti tubuh kita, ketika kita kelelahan maka kita perlu istirahat, dan istirahat adalah bagian dari proses memulihkan kondisi tubuh agar kembali fit. Contoh lainnya bilang kita mendengar, atau membaca “cepat sembuh”.

Anggapannya adalah doa yang diucapkan bagi orang yang sakit, nyatanya tidak ada penyakit yang secara sekejap langsung hilang dan orang dinyatakan sembuh, proses penyembuhan dapat dilihat dari meminum obat, atau dengan beristirahat juga termasuk proses pemulihan. 

Hal lain bisa dilihat dari orang yang ingin memiliki jabatan yang tinggi atau katakan saja gaji yang tinggi. Sangat minim sekali orang yang dapat langsung diangkat menjadi tangan kanan perusahaan tanpa adanya kegigihan, dan konsistensi dari seseorang, untuk dipercayakan bekerja sebagai tangan kanan perusahaan. Banyak hal butuh proses, dan pengalaman adalah salah satu proses untuk menyiapkan orang yang ingin sukses.

Serba Mudah

Memang betul teknologi berfungsi untuk mempermudah kehidupan manusia, seperti contohnya media internet mempermudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Karena terlalu mudahnya menemukan informasi, maka seseorang juga akan bingung bila menemukan satu topik yang sama akan tetapi memiliki statement yang bertolak belakang. 

Seperti yang kita tahu juga, generasi zaman now dimanjakan dengan berbagai kemudahan dalam hidup, yang membuat banyak generasi sekarang menjadi malas, dan tidak mau berjuang. Dari pengalaman yang saya amati sendiri, maka perusahaan, atau tempat lapangan kerja juga kesulitan untuk mencari orang-orang yang berkompeten dan ingin berkembang bagi dirinya dan perusahaan atau tempat kerjanya tersebut.

Serba Indah

Memang benar banyak hal yang indah di zaman sekarang ini, akan tetapi lagi-lagi kembali kepada diri sendiri. Mari kita lihat keindahan bukan dari apa yang dapat kita lihat, tetapi lihatlah dari Value dalam diri seseorang. Apakah kita sudah menjalankan hidup yang baik?, apakah kita menjadi contoh atau pengaruh yang baik untuk orang sekitar kita?

Indah tidak hanya membahas apa yang enak dilihat mata, tapi apa yang kita rasakan juga dapat menilai keindahan dari suatu hal.

Serba Gratis

Kenyataan ironisnya semua serba berbayar, mungkin memang masih ada beberapa hal yang gratis seperti kertas brosur, atau tester makanan atau minuman yang tujuannya menarik pembeli. Hal tersebut dilakukan untuk adanya promosi terhadap suatu produk atau jasa yang dijualkan dan merupakan bagian dari strategi penjualan.

Dari semua pembahasan di atas, sangat benar bila kita bilang semua itu tergantung kondisi baik itu lingkungan, pergaulan, dan lainnya. Akan tetapi alangkah baiknya kita mulai dari diri sendiri terlebih dahulu. 

Memiliki mindset yang benar akan membimbing kita juga ke jalan yang benar. Pilih-pilih dalam bergaul, saring pengaruh globalisasi yang baik untuk diri masing-masing, dan jauhkan segala pengaruh buruk bagi diri kita baik secara fisik maupun mental. 

(Yabes Antonio, Mahasiswa Internship School of Life Institute)

Leave A Reply

Your email address will not be published.