Berita Nasional Terpercaya

Informasi Beasiswa dan Universitas Terbaik di Kamboja

0

Bernas.id – Prince Holding Group (“Prince Group”), salah satu konglomerat terbesar di Kamboja, telah menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan Kementerian Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat untuk meluncurkan program beasiswa bagi mahasiswa Kamboja.

Berdasarkan laporan tertulis yang diterima Bernas.id, Prince Group akan memberikan beasiswa senilai lebih dari US$2 juta selama tujuh tahun. Prince Group juga akan bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk mencapai tujuan yang digariskan dalam Rencana Strategis Pendidikan (2019-2023).

 

Prince Group akan bekerja dengan Kementerian Pendidikan Pemuda dan Olahraga untuk memastikan siswa mendapatkan dukungan keuangan, pelatihan, pendampingan, dan peluang kerja demi meningkatkan pembelajaran di tiga bidang: pembangunan berkelanjutan di sektor real estat; memajukan inklusi keuangan dan ekonomi digital di industri perbankan dan keuangan, dan mempromosikan standar perhotelan kelas dunia, memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di masa depan dari ekonomi lokal.

 

Demi mencapai tujuan tersebut, program beasiswa ini juga akan memberikan fasilitas magang agar para siswa bisa belajar dari para profesional top di Kamboja di bawah pengawasan Prince Group. Prince Group sendiri telah mengawasi lebih dari 80 bisnis yang memiliki tenaga kerja yang beragam dengan 20% karyawan yang berasal dari negara-negara seperti Singapura, Malaysia, dan Tiongkok Raya.

 

Baca juga: Pengen Dapat Gelar MBA? Berikut 5 Sekolah Bisnis Terbaik Dunia

Beasiswa Kamboja

 

Selain beasiswa yang diinisiasi oleh Prince Group, Ada berbagai program bantuan biaya kuliah di Kamboja yang bisa dimanfaatkan para pelajar, baik lokal atau internasional. Salah satu beasiswa kuliah di Kamboja yang cukup terkenal adalah beasiswa KIT.

 

Program beasiswa ini diberikan oleh Kirirom Institute of Technology Cambodia (KIT Cambodia) khusus untuk jurusan Software Engineering. Beasiswa diberikan dalam dua jenis, yaitu beasiswa prestasi atau beasiswa dari perusahaan sponsor. Untuk beasiswa prestasi, total bantuan biaya yang didapatkan mencapai US$15.100, tergantung dari prestasi yang didapatkan selama kuliah.

 

Sementara itu, program sponsor bisa kalian dapatkan dari program kerja dengan perusahaan yang mensponsori KIT Cambodia. Total bantuan biaya yang bisa kalian dapatkan dari beasiswa ini bisa mencapai US$16.000. Bahkan, kalian bisa berkesempatan mendapatkan dua jenis beasiswa tersebut jika memang memiliki prestasi yang bagus.

 

Sebagai informasi KIT Cambodia jua memiliki standar pendidikan bertaraf internasional. Kampus ini juga bekerjasama dengan berbagai negara maju seperti Jepang, Hongkong, dan Singapura. Saat kuliah di KIT Cambodia, kalian juga bisa mendapatkan kesempatan untuk magang di negara-negara tersebut.

 

Data yang diterima Bernas.id juga menyebutkan bahwa Prince Group akan memberikan biaya kuliah penuh dan tunjangan untuk 400 siswa terpilih untuk mengejar gelar Bachelor of Science di universitas terkemuka Kamboja seperti Royal University of Phnom Penh, National University of Management, dan Institute of Technology of Cambodia. 

 

Baca juga: 5 Kampus di Yogyakarta dengan Akreditasi A dari BAN-PT

Universitas di Kamboja

 

Meski bukan negara maju, Kamboja punya universitas terbaik yang diakui dunia. Berikut daftar universitas terbaik di Kamboja:

Kirirom Institute of Technology Cambodia (KIT Cambodia)

 

Meski baru berdiri pada tahun 2014, KIT Cambodia juga dianggap sebagai universitas terbaik di Kamboja, khususnya untuk jurusan teknologi informasi. Institut Teknologi Kirirom adalah salah satu universitas terbaik Kamboja yang didirikan oleh seseorang berkebangsaan Jepang, Mr. Takeshi Izuka. Universitas swasta ini berdiri sebagai bagian dari A2A Town Co, Ltd. 

 

KIT Cambodia didikan sebagai bagian pengembangan ilmu komputer Tenggara ke ke kawasan Silicon Valley. Kampus ini bertujuan agar lulusannya mampu menjadi ujung tombak inovasi teknologi tingkat dunia. KIT adalah tempat terbaik bagi mahasiswa yang ingin belajar tentang teknologi informasi, khususnya rekayasa perangkat lunak. 

 

Royal University of Phnom Penh

 

Royal University of Phnom Penh berlokasi di pusat negara Kamboja. Universitas ini tercatat sebagai kampus terbaik nomor 1 di negaranya, sekaligus perguruan tinggi tertua di Kamboja. Royal University of Phnom Penh juga menyediakan beberapa fasilitas dan layanan akademik dan non-akademik untuk mahasiswa, seperti perpustakaan, fasilitas olahraga, studi di luar negeri dan program pertukaran, kursus online dan peluang pembelajaran jarak jauh, serta layanan administrasi.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.