Berita Nasional Terpercaya

Perbandingan KPR dari Berbagai Bank Konvensional yang Wajib Diketahui

0

Sejumlah parameter perbandingan KPR  antar bank adalah melihat besarnya bunga yang ditawarkan dan juga dari lama waktu peminjaman sehingga diketahui keunggulan dan kekurangan fasilitas masing-masing.

Dengan mengetahui perbandingan KPR yang berbeda-beda tersebut, artinya bisa memilih bank mana yang sesuai dengan karakter keuangan Anda.

Untuk itu, berikut ini perbandingan KPR bank di Indonesia yang paling umum digunakan masyarakat untuk memiliki rumah idaman.

Baca juga: Inilah Syarat KPR Rumah yang Wajib Diketahui Sebelum Proses Pengajuan

Perbandingan KPR Bank BTN dengan Bank BCA

Bank BTN menjadi bank yang menyediakan produk pinjaman rumah sejak lama, di mana ini diadakan untuk membantu masyarakat agar bisa memiliki rumah. BTN juga membantu Kementerian PUPR dalam menyalurkan program untuk kepemilikan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Program ini menawarkan uang muka yang ringan, suku bunga yang rendah, jangka waktu yang lama sampai 20 tahun, dan adanya subsidi bantuan uang muka sebanyak Rp 4.000.000.

Baca juga: Catat! Tabel Angsuran KPR Bank Mandiri Top Up Tahun 2021

Selain itu, Anda juga bisa melakukan simulasi penghitungan KPR di situs resmi BTN agar bisa mengetahui besarnya cicilan yang harus dibayar sebelum mengajukan pinjaman.

Sedangkan Bank BCA produk pinjaman rumahnya terkenal akan perhitungan bunga yang inovatif dengan adanya skema suku bunga “Fix Bunga 2 Tahun” atau “Fix and Cap”.

Dengan adanya berbagai skema bunga pinjaman rumah seperti itu, suku bunga di BCA bisa menjadi salah satu yang paling murah, dan menjadi perbandingan KPR dengan bank lain.

Pada tahun 2021, BCA mengadakan promo spesial untuk produk KPR di ulang tahunnya yang keempat dengan menawarkan Bunga Spesial untuk KPR BCA.

Dalam promosi yang berlangsung selama periode ulang tahun ini, KPR BCA memberikan bunga efektif per tahun sebesar 3,88 persen fix 1 tahun untuk pembelian rumah baru maupun bekas dan bunga KPR ini proses pengajuannya dapat dilakukan secara online.

Baca juga: Cara Pengajuan KPR Subsidi Disetujui, Lengkap dengan Syarat dan Ketentuannya

Perbandingan KPR Bank BNI dengan Bank CIMB Niaga

BNI Griya merupakan sarana pemberian pinjaman bank yang bisa dipakai untuk beberapa tujuan seperti pembelian, pembangunan atau renovasi, refinancing, top up, dan masih banyak lagi.

Yang membuat KPR BNI Griya ini menarik adalah karena masa pinjaman (atau biasa disebut tenor) bisa mencapai 25 tahun, di mana ini menjadi salah satu jangka waktu kredit yang paling lama di pasaran.

Sedangkan CIMB Niaga memiliki produk Kredit X-tra Manfaat Niaga di mana produk ini menghubungkan pinjaman rumah dengan rekening tabungan nasabah dan pokok pinjaman yang bebas bunga sebesar 80% dari saldo tabungan yang terhubung dengan KPR X-tra Manfaat.

Baca juga: Kalkulator KPR: Solusi Menghitung Angsuran KPR dengan Mudah

Dan untuk mengetahui perbandingan KPR antar bank, Anda bisa menghitung di simulasi KPR yang ada di situs bank.

Perbandingan KPR dari empat bank di atas dapat dilihat dari besar bunga dan suku bunga yang ditawarkan serta jangka waktu peminjaman yang berbeda. Selain itu Anda bisa menghitung simulasi KPR di situs resmi bank.

Dengan mengetahui masing-masing keunggulan dan kekurangan KPR tiap bank, Anda akan lebih mudah memilih mana bank yang sesuai dengan karakter keuangan Anda saat mencari rumah.

Berbagai jenis layanan KPR yang dimiliki bank punya karakter yang berbeda-beda. Sayangnya, tidak banyak yang tahu kekurangan dan kelebihan masing-masing KPR.

Karenanya dengan mengetahui perbandingan KPR antar bank, Anda akan lebih mudah memilih mana bank yang sesuai dengan karakter keuangan Anda saat mencari rumah. Sebagai informasi tambahan, Anda juga bisa membaca ulasan 4 Bank dengan Suku Bunga KPR Murah, yang Cocok untuk Cicilan Rumah Pertama.

Leave A Reply

Your email address will not be published.