BERNAS.ID – Website adalah salah satu media ataupun platform yang sering kali digunakan oleh para pebisnis dalam digital marketing saat ini. Dengan menggunakan Website sebagai tempat atau wadah untuk mempromosikan berbagai produk dalam bentuk barang atau jasa.
SEO merupakan salah satu cara agar dapat mempromosikan dan mengenalkan produk atau profil website perusahaan dari bisnis anda.
Sebetulnya ada banyak cara yang bisa dilakukan selain SEO. Mulai dari SEM (Search Engine Marketing) yang hanya berfokus iklan di Google, kemudian optimasi media sosial, serta berbagai metode lain dalam bidang marketing channel.
Baca Juga : 6 Praktek Terbaik SEO yang Bersih untuk Situs yang Lebih Bersih dan Berkinerja Lebih Baik
Untuk artikel kali ini, kami akan berfokus pada pembahasan yang berkaitan dengan pengertian apa itu SEO.
Apa itu SEO?
Kita masuk pada bab pembahasan tentang pengertian SEO sesungguhnya. SEO atau Search Engine merupakan sebuah bentuk apresiasi yang diberikan kepada halaman website yang masuk pada halaman pertama di mesin pencari Google.
Jadi, definisi umum dari apa itu SEO ialah cara bagaimana seharusnya mengoptimalkan situs web agar masuk dalam peringkat teratas dari hasil pencarian, khususnya pada pencarian organik.
Yang mana, pencarian organik tersebut dilakukan oleh user pada saat memasukkan kata kunci pencarian (keyword) pada browser di search engine Google.
SEO sangat berfokus pada pencarian kata kunci secara organik yang mana sangat berbeda dengan SEM yang berfokus pada media iklan yang disediakan juga oleh Google.
Sehingga, pada saat anda membuat sebuah website, lebih baik anda melakukan optimasi dengan SEO daripada menggunakan SEM, karena anda harus mengeluarkan dana atau uang untuk melakukan promosi iklan di Google.
Tipe Trafik SEO
Setelah mengetahui pengertian tentang apa itu SEO, selanjutnya masuk pada pembahasan tentang beberapa jenis tipe trafik dari SEO. Untuk saat ini terdapat tiga jenis trafik yang bisa digolongkan sesuai dengan fungsi serta kinerjanya sendiri–sendiri :
1. Quality Traffic
Tipe yang pertama yaitu quality traffic atau lebih dikenal dengan trafik yang berkualitas. Untuk dapat menentukan suatu nilai kualitas trafik, bisa diukur dari seberapa besar nilai dari konversi yang dihasilkan dari data pengunjung yang masuk pada website anda.
Untuk nilai sebuah website bisnis, semakin banyak pengunjung situs yang berubah menjadi pembeli, maka semakin baik pula kualitas trafik dari website anda. Pada umumnya, pengunjung akan melihat serta mencari tahu apa saja produk yang anda tawarkan. Maka, hal ini termasuk dalam nilai trafik yang menggunakan bantuan kata kunci transaksional.
2. Quantity of Traffic
Kuantitas dari sebuah trafik adalah sesuatu yang diperhitungkan dalam meningkatkan performa sebuah website. Semakin banyak pengunjung yang datang di setiap halaman website anda, maka semakin besar nilai trafik yang bisa anda peroleh.
Jadi, saat anda membuat dan mengembangkan situs website bisnis anda, maka anda harus memperbanyak halaman dengan konten yang sangat berkualitas. Dimana, anda bisa membuat kumpulan artikel dalam bentuk blog yang mengandung keyword yang bersifat informasional.
3. Organic Traffic
Tipe yang terakhir adalah trafik organik, ini sangat disukai oleh pemilik website sebab tidak membutuhkan biaya atau gratis. Dengan trafik organik, anda dapat mendatangkan jumlah pengunjung yang lebih banyak serta meningkatkan konversi.
Sebagai contoh, ketika seseorang mengetikkan kata kunci dalam mesin pencari di sebuah browser, dan selanjutnya user tersebut akan meng-klik link yang ditampilkan pada hasil pencarian. Kunjungan link tersebutlah yang merupakan sebuah organic traffic.
Sekian Pembahasan Tentang Apa itu SEO. Semoga Bermanfaat….
(Harry Patty)