Berita Nasional Terpercaya

Bus Trans Jogja Diujicobakan Sampai Kaliurang

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Dinas Perhubungan DIY melakukan ujicoba rute baru Bus Trans Jogja, dari kawasan Terminal Pakem Sleman menuju kawasan Kaliurang, Jumat (17/9/2021). Ujicoba bus dilakukan dengan melewati tiga titik pemberhentian bus, yakni Tlogo Putri, Lapangan Tenis, dan Taman Kaliurang.

Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti menerangkan, rute baru ini masih dalam ujicoba, untuk melengkapi rute bus menuju Terminal Pakem, yang ada sejak 2020 lalu. Ini dilakukan untuk mendukung pariwisata di kawasan Kaliurang.

“Dari sisi kebersihan dan keamanan terjamin. Sampai saat ini (rute bus) masih sampai Pakem. Ke depan akan kita usahakan sampai ke Kaliurang,” ujarnya.

Ia menerangkan, ada fasilitas hand sanitizer di bus bagi penumpang. Selain itu, terdapat dua kamera CCTV di dalam bus untuk mendukung keamanan.

“Kami berharap layanan ini bisa dimanfaatkan masyarakat,” katanya, sambil mengaku siap menambah fasilitas halte dan perbaikan akses jalan di rute ke Kaliurang.

Baca juga: Layanan Buy The Service, Teman Bus Trans Jogja Resmi Diluncurkan

Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana yang ikut menaiki bus dalam ujicoba ini mengaku kondisi bus sudah aman dan nyaman. Bahkan menurutnya bus bisa dipakai untuk mengangkut sepeda lipat.

“Teman-teman pesepeda yang memakai sepeda lipat kalau mau naik silakan naik. Kalau capek naik, sepedanya bisa ikut dibawa ke dalam bus,” katanya.

Ia juga mengusulkan agar ke depan Bus Trans Jogja bisa digratiskan bagi pelajar Jogja. Ini untuk mendukung pendidikan di Jogja yang memiliki predikat Kota Pendidikan.

“Aspeknya bukan hanya memudahkan pelajar, namun juga mendidik mereka untuk tidak selalu memakai transportasi pribadi,” katanya.(den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.