Berita Nasional Terpercaya

PPKM Diperpanjang, Pemerintah Larang Anak di Bawah 12 Tahun Nonton Bioskop

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Pemerintah kembali membuka bioskop selama perpanjangan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 dan Level 3 di Jawa-Bali hingga 4 Oktober 2021.

Namun, sepanjang penerapan kebijakan tersebut, pemerintah melarang pengunjung usia di bawah 12 tahun masuk ke bioskop. Selanjutnya, kegiatan berjualan makanan dan minuman atau makan dan minum di area bioskop juga tidak diperbolehkan.

“Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai,” demikian bunyi Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 43 Tahun 2021 yang diteken Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Senin (20/9/2021).

Dalam Inmendagri itu diatur bahwa hanya pengunjung dengan kategori kuning dan hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk ke bioskop.

Sebelumnya, hanya kategori hijau yang diperbolehkan masuk ke bioskop. Namun, kini kategori kuning sudah dibolehkan.Meski begitu, bioskop tetap mendapatkan pembatasan.

“Kapasitas pengunjung maksimal 50 persen,” dikutip dari Inmendagri 43/2021.

Terakhir, seluruh pengunjung harus mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Kesehatan.

Adapun mereka dengan kategori Hijau artinya, status aman. Warna hijau artinya pengunjung sudah melakukan vaksinasi dosis lengkap dan diperbolehkan mengakses fasilitas umum.

Sementara itu, warna kuning atau oranye dalam aplikasi PeduliLindungi artinya pengunjung yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama. Kelompok ini diizinkan masuk ke ruang publik setelah petugas melakukan verifikasi lebih lanjut.

Baca juga: Perhatikan Ini, Khusus Buat Anda Yang Hobi Nonton Bioskop!

Sebagai informasi, pemerintah kembali melanjutkan PPKM Level 2-4 untuk menekan penyebaran virus corona. Di Jawa-Bali, kebijakan itu diperpanjang selama dua minggu, yakni 21 September hingga 4 Oktober 2021.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa saat ini di wilayah Jawa dan Bali sudah tidak ada daerah level 4.

“Saat ini tidak ada lagi kabupaten/kota yang berada di level 4 di Jawa/Bali, semua di level 3 dan 2,” ujarnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.