Berita Nasional Terpercaya

Wayang Jogja Night Carnival 2021 Angkat Tema Semar Boyong

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta kembali menggelar Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) tahun ini akan mengangkat tema Semar Boyong. Tema ini akan yang mengisahkan sebuah kisah pewayangan yang dikaitkan dengan situasi yang terjadi saat ini, yaitu pagebluk atau wabah penyakit.

“Semar Boyong akan menceritakan tentang Poncowati yang terkena pagebluk, lalu bisa terhindar karena Kembang Wijaya Kusumo dan Cangkok Wijaya Mulyo pulih kembali di tangan Semar,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko Rabu (22/9/2021).

Kisah tersebut menurut dia diambil sebagai bentuk upaya yang dilakukan oleh Pemerintah dan masyarakat dalam bahu membahu memperbaiki keadaan akibat pandemi yang telah berlangsung hampir 2 tahun.

Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) adalah salah satu rangkaian puncak dari acara peringatan hari jadi Kota Yogyakarta yang ke-265 yang jatuh pada 7 Oktober 2021.

Menurut Wahyu, WJNC tahun ini akan diselenggarakan secara hybrid dari Stadion Mandala Krida pada tanggal 7 Oktober 2021 dan dimulai pukul 18.00 WIB.

“Konsep pertunjukan dilaksanakan secara hybrid atau bauran luring dan daring. Akan melibatkan 14 Kemantren dengan format tapping – interaktif,” paparnya.

WJNC juga aka disiarkan live streaming melalui chanel YouTube Pemkot Jogja dan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. Selain itu juga akan di siarkan melalui media sosial seperti instagram, Tik Tok serta akan menggandeng sejumlah influencer sosial media.

Baca juga: Wayang Jogja Night Carnival 2020 Siap Disajikan Secara Virtual

Sementara itu, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyampaikan, pelaksanaan WJNC tahun ini memang masih dalam suasana pandemi. Namun hal itu tidak dijadikan hambatan.

“Kita memiliki tantangan, bagaimana event extravaganza ini dapat kita laksanakan dengan sukses, penuh warna, mempresentasikan keluhuran budaya adiluhung Kota Jogja, namun dengan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan,” kata dia.

Ia mengungkapkan, penyelenggaraan WJNC dapat dijadikan sebagai sarana promosi pariwisata bagi Kota Yogyakarta dan berjalan sukses seperti tahun-tahun sebelumnya.

“WJNC telah ditetapkan sebagai Calendar of Event (COE) Nasional dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sebagai ajang promosi pariwisata seni dan budaya tingkat nasional di Indonesia,” tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.