Berita Nasional Terpercaya

Cara Kerja dan Teknik SEO

0

BERNAS.ID – Setelah diawal kita membahas tentang apa itu SEO dan cara mengetahui beberapa jenis trafik, maka selanjutnya masuk pada pembahasan tentang apa saja cara kerja dan teknik SEO agar dapat membantu mengoptimalkan halaman website anda di mesin pencari atau search engine.

Hal Pertama yang perlu anda fokuskan adalah untuk dapat masuk pada halaman pertama dan mendapatkan top ten position (halaman 10 besar) yaitu antara peringkat 1 hingga 3, tidak semudah dan sesederhana yang anda bayangkan. 

Sebenarnya semua mesin pencari pada dasarnya bekerja dengan cara yang sama, yaitu ketika anda ingin mencari sesuatu, lalu anda memasukkan/mengetikkan kata atau kalimat yang disebut permintaan pencarian, maka mesin pencari akan menampilkan daftar hasil pencarian yang paling relevan demi membantu pencari menemukan apa yang mereka cari. Tetapi secara teknis, bagaimana caranya mesin pencari dapat memilah-milah seluruh pencarian internet begitu cepat, dan memilih hasil yang Anda lihat di halaman pencarian?

Baca Juga : Cara Mempromosikan Website Baru 

Mesin pencari atau search engine sendiri mempunyai 3 tugas utama demi mencari permintaan atau request yang anda ketikkan.

3 Tugas Utama Mesin Pencari:

1. Crawling

Proses yang pertama adalah mesin pencari akan melakukan crawling, yang bertujuan untuk mengumpulkan seluruh informasi dari seluruh halaman website anda, mulai dari halaman depan sampai page – page link website. 

2. Indexing

Setelah selesai melakukan crawling, berikutnya web crawler akan menyimpan informasi tersebut ke dalam entry list: index, yang disebut Indexing.

3. Ranking

Tahap yang terakhir adalah search engine akan menampilkan hasil peringkat ranking berdasarkan pencarian yang paling sesuai dengan konten yang relevan dengan keyword yang dicari atau disasar.

Kemudian, algoritma Google juga selalu memastikan pengguna untuk mendapatkan informasi dan konten dari sumber yang relevan dan terpercaya. Google sendiri juga memiliki algoritma update yang setiap saat akan mengalami perubahan menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi yang ada.

Penyebutan algoritma tersebut menggunakan nama-nama tersendiri, diantaranya adalah Panda, yaitu algoritma yang berkaitan dengan aktivitas penyaringan (filter), penghargaan, pemberian penalti terhadap konten website. 

Lalu Penguin adalah algoritma yang berfungsi untuk mencegah terjadinya spamdexing dan yang terakhir adalah Hummingbird, adalah algoritma yang berfungsi agar meningkatkan kualitas dari kedua algoritma tersebut.

Cara kerja tersebut diatas berkaitan erat dengan cara mesin pencari 'membaca' website Anda. Dalam menelusuri data-data yang tersebar di internet dan membaca website Anda, mesin pencari bisa memahami dan mengerti serta mempelajari isi konten apa yang terdapat di dalam halaman website Anda melalui kode HTML (Hypertext Markup Language). 

Berbeda dengan user pada umumnya yang hanya membaca ‘bagian depan’ sebuah halaman Home website yang ditampilkan di layar mereka, mesin pencari juga membaca kode html yang berada di belakang layar.

Terkait dengan teknik SEO, kamu perlu untuk belajar lebih dalam terkait dengan bahasa pemrograman dan aktivitas teknis. Terdapat beberapa matriks yang harus kamu perhatikan dan optimalkan untuk dapat meningkatkan performa dari halaman website anda.

Contohnya adalah melakukan audit pada core web vital, robot.txt, sitemap, breadcrumbs, page speed, dan lain sebagainya. Anda bisa cek informasi tersebut pada tools yang disediakan oleh Google, yaitu Google Search Console (GSC)  & Google Analytics (GA) dan jangan lupa untuk selalu melakukan perbaikan & optimasi pada SEO on page & off page website anda.

Sekian pembahasan cara kerja dan teknik SEO. Semoga bermanfaat.

(Harry Patty)

Leave A Reply

Your email address will not be published.